Home » » Longsor, Arus Transportasi Jambi-Kerinci Lumpuh

Longsor, Arus Transportasi Jambi-Kerinci Lumpuh

Written By jambipos-online on Monday, January 18, 2016 | 12:36 PM


Ilustrasi Jalan Ambles
Ilustrasi Jalan Ambles (Antara)
Jambipos-Online, Jambi - Arus transportasi darat Kota Jambi – Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci hingga Sabtu (16/1) masih lumpuh menyusul longsor dan jalan ambles yang terjadi pada ruas jalan Bangko-Kerinci di Desa Bedeng 12, Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, sekitar 250 Km dari Kota Jambi.

Longsor dan jalan ambles pada ruas jalan penghubung Kota Jambi ke Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci tersebut mencapai dua kilometer.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kerinci, Febrilla Kusnomdo di Kerinci, Jambi, Sabtu (16/1) menjelaskan, longsor dan jalan ambles membuat arus transportasi nyaris lumpuh total. Sebagian material batu dan tanah yang menimbun badan jalan sudah dibersihkan, sehingga kendaraan bisa melintas. Namun untuk melewati ruas jalan yang longsor dan ambles tersebut dilakukan sistem buka tutup.

“Kendaraan yang melewati sebagian ruas jalan yang tertimbun material batu dan tanah serta ruas jalan yang ambles harus lewat satu per satu. Kendaraan yang melewati ruas jalan ambles harus ekstra hati-hati karena di sebelah jalan adalah jurang,” tuturnya.

Menurut Febrilla, longsor dan jalan ambles pada ruas jalan Bangko-Kerinci tersebut mulai terjadi pekan lalu. Kondisi longsor dan jalan ambles semakin parah menyusul hujan yang masih terus turun di daerah itu. Pihaknya sudah melaporkan kondisi jalan ini kepada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi dan Balai Jalan Kementerian Pekerjaan Umum. Namun hingga kini belum ada perbaikan.

“Kami sudah mengirimkan laporan mengenai jalan longsor dan ambles di Kerinci ini kepada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi dan Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta. Laporan tersebut kami sampaikan karena ruas jalan yang dilanda longsor dan ambles tersebut berstatus jalan nasional. Tetapi hingga kini belum ada tanggapan. Jadi kami hanya melakukan perbaikan seadanya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Bernard Panjaitan mengatakan, pihaknya sudah mengerahkan petugas dan alat berat ke lokasi jalan longsor pada ruas jalan Bangko-Kerinci. Sebagian material batu dan tanah yang menimbun jalan sudah mulai dibersihkan, sehingga kendaraan sudah bisa lewat.

“Namun ruas jalan yang embles belum dapat diperbaiki. Perbaikan ruas jalan yang ambles sekitar lima meter dan lebar satu meter membutuhkan waktu yang agak lama. Untuk sementara, petugas dan alat berat disiagakan pada ruas jalan tersebut untuk mengawasi kendaraan yang lewat agar jangan sampai mengelami kecelakaan,” katanya. (SP)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos