Home » » 5 Kebiasaan yang Memicu Tubuh Gemuk

5 Kebiasaan yang Memicu Tubuh Gemuk

Written By jambipos-online on Monday, January 18, 2016 | 4:00 PM

Ilustrasi lelaki yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas).
Ilustrasi lelaki yang mengalami kelebihan berat badan (obesitas). (Visualphotos)
Jambipos Online-Seperti sudah kita ketahui, olahraga rutin minimal tiga hari sepekan dengan waktu yang cukup 20-30 menit merupakan salah satu cara untuk menjaga berat badan ideal. Namun, itu saja tak cukup. Kebiasaan dan cara makan, serta pergaulan juga mempengaruhi perkembangan berat badan seseorang.

Berikut lima hal yang akan mengakibatkan badan seseorang gemuk (obesitas) seperti duktip dari http://timesofindia.indiatimes.com:
1. Mengambil gigitan besar
 
Orang yang mengambil gigitan besar saat makan pada umumnya juga akan mengonsumsi lebih banyak kalori dibandingkan dengan mereka yang mengambil gigitan kecil, sehingga cenderung memicu kegemukan. Karena itu, ketika makan, Anda sebaiknya menggigit secukupnya dan mengunyah dengan baik, sehingga akan memberikan perasaan cukup makan dan tidak berlebihan.

2. Tidak cukup minum air
 
Orang yang kurang mengonsumsi air sepanjang hari, berat badannya rentan bertambah dibandinglan yang banyak minum air, terutama air putih/mineral. Selain sebagai sarana untuk pembuangan sisa makanan dan sari makanan berlebihan, air juga berfungsi untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

3. Makan di piring yang besar
 
Mereka yang makan dengan piring yang lebih besar diyakini berat badannya akan meningkat lebih cepat daripada yang makan dari piring yang lebih kecil. Sebab, semakin besar piring yang digunakan, seseorang cenderung menaruh makanan yang lebih banyak di dalamnya. Jadi, cara terbaik untuk mengendalikan rasa lapar Anda adalah dengan makan di piring yang kecil.

4. Tidak cukup istirahat 
 
Nah, kenaikan berat badan juga tidak terbatas pada kebiasaan makan saja. Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa Anda akan “menumpuk” berat badan beberapa kilo jika tidak mendapatkan tidur yang cukup. Apakah Anda tahu bahwa tubuh akan membakar lemak saat sedang tidur? Jadi, sekarang Anda tahu apa yang harus dilakukan.

5. Karena teman tidak sehat
 
Sebuah studi menyebutkan, mereka yang bergaul dengan orang-orang yang punya kebiasaan makan dan minum tidak sehat juga mungkin akan berakibat menaikkan berat badannya. Hal ini bias terjadi karena seseorang cenderung makan makanan yang sama yang dipesan temannya karena tidak memiliki banyak pilihan. (Beritasatu.com)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos