Home » , , , » Minim Fasilitas Toilet, Membuat Pengunjung Candi Muarojambi Kurang Nyaman

Minim Fasilitas Toilet, Membuat Pengunjung Candi Muarojambi Kurang Nyaman

Written By jambipos-online on Senin, 19 September 2022 | 06:43


Jambipos, Muarojambi
-Kelengkapan fasilitas Toilet/WC disuatu obyek wisata menjadi hal mutlak yang tak bisa diabaikan begitu saja. Toilet menjadi salah satu penentu kenyamanan pengunjung saat menikmati obyek wisata, apalagi membawa jumlah pengunjung yang banyak. Namun komplek Candi Muarojambi tampaknya masih mengabaikan kelengkapan fasilitas umum yang satu ini.

Keberadaan toilet/WC di Komplek Candi Muarojambi masih bertumpu di salah satu titik dengan 6 pintu. Titik toilet ini berada di sebelah kiri ujung pintu masuk komplek Candi Muarojambi. Sementara keberadaan toilet di sejumlah titik yang menjadi kegiatan pengunjung belum ada. 

Melihat minimnya toilet ini, banyak pengunjung, khususnya para anak-anak dan remaja, terpaksa buang air kecil di pinggir pohon yang ada disekitar pengunjung berkumpul. Seperti yang dialami anak sekolah minggu yang melakukan ibadah lapangan di komplek Candi Muarojambi, Minggu (18/9/2022).

Demikian penelusuran Jambipos saat mengunjungi Candi Muarojambi, Minggu (18/9/2022). Keluhan banyak pengunjung minimnya fasilitas toilet/wc disejumlah titik kumpul pengunjung. 

“Toiletnya jauh di depan sana, antriannyapun panjang. Ini harus dipikirkan oleh pengelola komplek Candi Muarojambi ini. Disaat pengunjung tidak nyaman dengan keberadan toilet ini, akan berdampak pada kunjungan. Segeralah lengkapi fasilitas toilet yang mantab dan elegan. Buatlah toilet seperti di bandara atau pusat perbelanjaan yang begitu nyaman dan bersih,” ujar Darlan Puurba, seorang pengantri di toilet Candi Muarojambi. 

Sementara menurut pegawai kantor pengelola Candi Muarojambi mengatakan, toilet telah dibangun 6 pintu di depan pintu masuk sebelah kiri komplek Candi Muarojambi. Toiletnya terpusat di titik itu. (JP-Asenk Lee Saragih)   





Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA