Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Jambi Diguyur Hujan, Begini Tips Berkendara yang Aman


Jambipos, Jambi
– Memasuki musim penghujan ini, pengendara sepeda motor pasti merasakan kondisi jalanan yang basah dan penuh genangan, hal ini bisa beresiko meningkatkan persentase kecelakaan.

Instruktur Safety Riding PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Agung Sanjaya mengatakan kali ini kami akan berbagi tips apa saja yang harus diterapkan untuk mengurangi potensi bahaya saat berkendara dalam kondisi hujan atau jalanan yang basah.

“Karena tak bisa dipungkiri, mobilitas yang padat juga menuntut kita untuk menghadapi segala kondisi cuaca bahkan saat hujan deras sekalipun” ungkap Agung.


Berikut tips safety riding untuk pengendara sepeda motor menghadapi musim hujan: Olahraga, Konsumsi vitamin dan buah-buahan.  

Penting bagi pengendara untuk menjaga kesehatannya di musim ini. Untuk menambah imun diharapkan untuk rutin olahraga, mengkonsumsi makanan sehat, vitamin dan buah-buahan agar badan tetap dalam kondisi prima.

Jas Hujan 

Selain helm dan perlengkapan berkendara yang lengkap, jas hujan merupakan perangkat wajib yang digunakan pengendara dalam kondisi hujan turun, selain mencegah pakaian menjadi basah, jas hujan juga melindungi kita dari beberapa penyakit seperti masuk angin dan demam.

Jas hujan yang sesuai standar keselamatan adalah model setelan. Hindari jas hujan model ponco karena selain menimbulkan bunyi berisik saat jalan, juga beresiko tersangkut di roda atau rantai sepeda motor yang akibatnya sangat fatal bagi pengendara.

Kondisi Ban dan Rem Sepeda Motor 

Salah satu komponen utama yang menunjang keselamatan berkendara adalah ban dan rem. Perhatikan tekanan dan kondisi ban yang harus sesuai standar pabrikan. Rem pun juga harus diperhatikan ketebalan kampasnya, supaya pengoperasian rem menjadi maksimal.

Gaya Berkendara 

Dalam kondisi hujan, pengendara harus mengoperasikan sepeda motor secara halus, baik untuk  menambah kecepatan maupun melakukan pengereman. Serta jaga kecepatan dan jarak aman agar terhindar dari pengereman mendadak yang bisa mengakibatkan pengendara tergelincir.

Lingkungan 

Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh pada saat musim hujan, selain fokus dan waspada terhadap sesama pengguna jalan. Usahakan untuk menghindari genangan yang ada di jalan dan juga berkendara terlalu dekat dengan bahu jalan, karena genangan air bisa menutup batas antara jalan dan selokan yang bisa membuat kita terjatuh.

Namun apabila terjadi hujan sangat deras dan angin kencang lebih baik menepi di tempat yang aman atau menunda perjalanan karena cuaca ekstrem sangat beresiko bagi pengendara.

“Itulah tips safety riding untuk pengendara motor saat menghadapi musim hujan, semoga bermanfaat dan sesuai kampanye keselamatan berkendara sepeda motor Honda, selalu #Cari_aman saat naik motor ya!” tutup Agung. Salam Satu HATI. Thanks And Best Regards. (JP-Ajeng Tria Eka Putri| Public Relation)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar