Home » , , » H Ridwan Agus Terpilih Jadi Ketua PWI Provinsi Jambi Periode 2022-2027

H Ridwan Agus Terpilih Jadi Ketua PWI Provinsi Jambi Periode 2022-2027

Written By jambipos-online on Sabtu, 06 Agustus 2022 | 21:35


Ketua PWI Pusat, Atal S Depari (kiri depan) menyerahkan bendera pataka (simbol pemersatu) PWI kepada Ketua PWI Provinsi Jambi periode 2022 – 2027 terpilih, H Ridwan Agus Depati (dua dari kanan) pada Konferprov PWI Jambi di Golden Harvest Hotel Jambi, Kota Jambi, Sabtu (6/8/2022). (Foto : Jambipos)

Jambipos, JambiH Ridwan Agus Depati terpilih kembali sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  Provinsi Jambi pada Konferensi Provinsi (Konferprov) PWI Jambi di Golden Harvest Hotel Jambi, Kota Jambi, Sabtu (6/8/2022). Dia terpilih secara aklamasi karena salah satu calon ketua lainnya yakni Hery Firmansyah mundur saat proses pemilihan. Konferensi ini diikuti daftar pemilih 164 orang anggota PWI Jambi dan 4 orang dinyatakan tidak memiliki hak suara karena berstatus Aparat Sipil Negara (ASN).

Konferprov Jambi tersebut dihadiri Ketua PWI Pusat Atal S Depari, Ketua Dewan Kehormatan PWI Provinsi Jambi, Mursyd Sonsang, Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Dr Donny Iskandar, SSos, MT, Sekda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjungjabung Barat, Ir H Agus Sanusi dan para pengurus PWI Provinsi Jambi.

H Ridwan Agus menjabat Ketua PWI Provinsi Jambi pergantian antar waktu (PAW) menggantikan Ketua PWI Provinsi Jambi periode 2017 – 2022, Saman SPt yang mengundurkan diri sebagai Ketua PWI Provinsi Jambi Mei 2019.

Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari kemudian menetapkan Pergantian Antar Waktu (PAW) H Riduan Agus DPT sebagai Ketua PWI Provinsi Jambi menggantikan Saman Spt pasca pengunduran diri sebagai Ketua PWI Provinsi Jambi Periode 2017-2022.

Penetapan H Riduan Agus yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan PWI Provinsi Jambi ini dilaksanakan dalam Rapat Pleno Plus Pengurus PWI Provinsi Jambi Bersama Ketua Umum PWI Pusat di Aula PWI Provinsi Jambi, Kamis (27/6/2019).




Penetapan H Riduan Agus yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan PWI Provinsi Jambi ini dilaksanakan dalam Rapat Pleno Plus Pengurus PWI Provinsi Jambi Bersama Ketua Umum PWI Pusat di Aula PWI Provinsi Jambi, Kamis (27/6/2019).

Guna menjalankan organisasi PWI Provinsi Jambi, sehingga dipilih oleh Rapat Pleno Pengurus PWI Provinsi Jambi dan diajukan ke PWI Pusat dan dipelajari dan seterusnya ditetapkan PAW Ketua PWI Provinsi Jambi sisa masa jabatan 2017-2022.

Pada Konferprov PWI Provinsi Jambi 2022, calon ketua yang muncul dua orang, yakni calon patahana, H Ridwan Agus Depati dan Sekretaris PWI Provinsi Jambi, Hery Firmansyah. Pada saat Konferprov PWI Jambi tersebut, Hery Firmansyah dan para pendukungnya melakukan walk out (meninggalkan ruang sidang). Akhirnya H Ridwan Agus Depati terpilih menjadi Ketua PWI Provinsi Jambi 2022 – 2027 secara aklamasi.

Ketua PWI Pusat, Atal S Depari pada penutupan Konferprov PWI Jambi tersebut mengatakan, proses Konferprov PWI Jambi yang diakhiri dengan pemilihan Ketua PWI Provinsi Jambi tersebut termasuk lancar dan cepat tanpa kendala. Mengenai adanya aksi walk out calon ketua, Hery Firmansyah, hal itu dinilai Atal S Depari sebagai bagian dari demokrasi.

“Konferprov dan Pemilihan Ketua PWI Jambi ini termasuk cepat. Semua proses sudah dilaksanakan dengan baik. Pemilihan ketua sendiri hanya berlangsung sekitar jam. Dalam waktu singkat tersebut sudah dapat dicapai keputusan secara musyawarah dan mufakat,”katanya.

Dijelaskan, pernah terjadi Konferprov PWI Provinsi Aceh berlangsung selama dua hari. Kondisi tersebut membuat membuat seluruh pengurus dan peserta konferprov sampai kelelahan. Saat itu kata sepakat pun sulit dilakukan. Konferprov waktu itu dibuka Sabtu baru berakhir Senin dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.

“Nah, Konferprov PWI Jambi ini cukup lancar dan cepat, terlepas dari adanya peserta yang wolk out. Setelah terpilihnya Ketua PWI Provinsi Jambi, H Ridwan Agus dan Ketua Dewan Kehormatan PWI Provinsi Jambi, Edy Marpaung, kami harapkan PWI Jambi semakin baik dan maju, tetap serius meningkatkan kualitas wartawan,”katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Provinsi Jambi terpilih, H Ridwan Agus Depati pada kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh anggota danpengurus PWI Jambi, pimpinan PWI Pusat, Gubernur Jambi dan jajaran, Polda Jambi dan jajaran serta pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Jambi yang mendukung terselenggaranya Konferprov PWI Jambi.

“Saya juga berterima kasih atas kepercayaan seluruh anggota PWI Jambi yang memberi kepercayaan memimpin kembali PWI Jambi. Saya mengajak semua anggota PWI Provinsi Jambi bersama -sama memajukan organisasi PWI ini. PWI Provinsi Jambi tidak bisa berjalan kalau tidak ada dukungan dan kerja sama dari semua anggota dan pengurus nantinya,”ujarnya.

H Ridwan Agus juga mengharapkan para pengurus PWI Provinsi Jambi di masa mendatang bisa meningkatkan kinerja, solid dan kompak untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan jurnalis di Jambi.

Sementara itu, Ketua Panitia Konferprov Provinsi Jambi, Mukhtadi Putranusa pada kesmepatan tersebut mengatakan, pihaknya berterima kasih atas terlaksananya Konferprov PWI Jambi dengan aman, tertib dan demokratis. Kendati ada perbedaan pendapat dan sikap di antara peserta konferprov, namun Konferprov PWI Jambi bisa terlaksana tanpa insiden.

“Panitia pelaksana Konferprov PWI Jambi memang berjalan lambat seperti kura-kura. Berjalan pelan tapi pasti dan tidak pernah mundur. Banyak riak pada panitia, khususnya saat wacana sumbangan sukarela Rp 50 Juta bagi calon ketua. Namun hal itu baru wancana dan tidak dilaksanakan. Sumber dana pada Konferprov PWI Jambi kali ini murni dari donasi dan usaha Bang Muhtadi Syariah,” ujar Muhtadi. 
Calon Ketua PWI Provinsi Jambi, Hery Firmansyah (tiga dari kiri) didampingi para pendukung memberikan keterangan ketika melakukan walk out pada Konferprov PWI Jambi di Golden Harvest Hotel Jambi, Kota Jambi, Sabtu (6/8/2022). (Foto: Jambipos)

Meninggalkan Ruang Sidang

Sementara itu, calon Ketua PWI Provinsi Jambi, Hery Firmansyah yang selama ini menjabat Sekretaris PWI Provinsi Jambi bersama sebagian peserta melakukan aksi walk out (meninggalkan ruang sidang) pada Konferprov PWI Jambi, Sabtu (6/8/2022) tersebut. Mereka protes karena menilai pimpinan PWI Pusat yang memimpin sidang pada Konferprov PWI Jambi berpihak kepada calon ketua H Ridwan Agus.

“Kami protes karena calon Ketua PWI Jambi, H Ridwan Agus terdaftar sebagai anggota partai politik. Hal itu melanggar Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PWI. Kemudian kami menilai PWI Pusat tidak netral, padahal pimpinan sidang sudah diambil alih Wakil Ketua Organisasi PWI Pusat, Zulkifli Otto,”kata Ketua Tim Pemenangan Hery Firmansyah, Joni Rizal.

Wakil Ketua Organisasi PWI Pusat, Zulkifli Otto pada kesempatan tersebut memberikan klarifikasi atas pendapat yang menyebutkan H Ridwan Agus terdaftar sebagai anggota partai politik. Menurut Zulikifli Otto, PWI Pusat sudah melakukan verifikasi memverifikasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) KPU Pusat dan telah mengecek Nomor Induk Kependudukan (NIK) H Ridwan Agus.

“Kami telah memverifikasi dan mengecek melalui NIK ke KPU Pusat, H Ridwan Agus tidak berada dalam kepengurusan partai politik atau tidak lagi ada dalam kepengurusan partai politik,”katanya.

Sementara itu, Gubernur Jambi, H Al Haris dalam sambutannya yang dibacakan, Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Dr Donny Iskandar, SSos, MT pada kesempatan tersebut menyampaikan terlaksananya Konferprov PWI Jambi dengan baik.

“Konferensi wartawan ini meru[akan wujud eksistensi PWI memberikan kontribusi bagi pembangunan daerah. Saya mengajak wartawan untuk terus konsisten menerapkan kode etik jurnalistik. Saya juga apresiasi kontrol sosial yang dilaksanakan media dengan baik di Jambi selama ini,”katanya.  


Ketum PWI Klarifikasi

Sementara Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari memberikan klarifikasi lengkap soal dugaan H Ridwan Agus DPT sebagai pengurus partai politik aktif NasDem dan Gerindra Jambi.

Pernyataan tersebut disampaikan Atal S Depari ketika menutup acara Konferensi PWI Jambi yang berlangsung di Hotel Golden Harvest, Sabtu (6/7/2022).

Dijelaskan Atal S Depari, dari hasil penelusuran PWI Pusat ke KPU dan Pengurus Partai NasDem dan Gerindra ternyata H. Ridwan Agus DPT namanya tidak tercantum sebagai anggota maupun pengurus parpol.

“Jangan dipelintir dalam pemberitaan soal H Ridwan Agus yang disebut pengurus partai. Kami sudah lakukan verifikasi dan klarifikasi ke KPU dan parpol bersangkutan. Tidak ada lagi nama H Ridwan Agus DPT sebagai pengurus partai saat hendak maju sebagai calon ketua PWI Provinsi Jambi Periode 2022-2027 ini,” tegas Atal Depari.

Pernyataan Ketua Umum PWI Pusat itu perlu disampaikan untuk menjawab issue yang sengaja dihembuskan untuk menutup peluang H. Ridwan Agus PDT untuk dicalonkan sebagai Ketua PWI Jambi periode 2022 – 2027.

Dalam konferensi PWI Jambi, Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Zulkifli Gani Octto memimpin jalannya sidang dengan didampingi panitia konferensi, Drs Arwani, Nalom Siadari ME dan Septimen.
“Dari data PWI Pusat, daftar pemilih konferensi PWI Provinsi Jambi semula terdapat 164 orang dan akhirnya menjadi 160 karena 4 orang berstatus ASN sehingga tidak memiliki hak suara memilih dan dipilih,” jelas Zulkifli Gani Octto.

Dalam sidang tersebut, Zulkifli Otto juga menunjukan sejumlah bukti terkait tuduhan bahwa H Ridwan adalah anggota parpol. Dalam pembuktian tersebut ternyata ada surat pengunduran diri H Ridwan Agus DPT jadi anggota dewan penasehat dan anggota dewan pertimbangan Parpol pertanggal 1 Januari 2022.

Sebelumnya, PWI Pusat juga telah memanggil yang bersangkutan ke Jakarta untuk melakukan klarifikasi. Dan untuk memastikan Ridwan Agus tidak terdaftar sebagai anggota maupun pengurus partai, maka PWI Pusat pun melakukan penelusuran ke DPP Partai NasDem dan DPP Partai Gerindra hingga ke KPU.

Ketua terpilih PWI Jambi H Ridwan Agus dalam pidato usai terpilih, berjanji akan menyelesaikan hibah lahan kantor PWI Provinsi Jambi dengan Pemerintah Provinsi Jambi.

“Saya akan meneruskan perjuangan Bapak Almarhum Daniel Sijan dan H Mursid Sonsang soal hibah lahan kantor PWI Provinsi Jambi ini. Saya juga sudah pernah bicarakan ini dengan Gubernur Jambi H Al Haris,” katanya.

Turut hadir dalam Konferensi PWI Jambi Sekertaris Dewan Kehormatan PWI Pusat Sasongko Tedjo,Wabendum PWI Pusat Dar Edi Yoga dan Humas PWI Pusat Mercys Charles Loho. (JP-Asenk Lee Saragih)

Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA