Home » , » Kapal Tugboat Bojoma 2906 Penampung BBM Terbakar di Muarojambi, Satu ABK Asal Medan Tewas

Kapal Tugboat Bojoma 2906 Penampung BBM Terbakar di Muarojambi, Satu ABK Asal Medan Tewas

Written By jambipos-online on Rabu, 20 April 2022 | 07:54

Kapal Tugboat bernama lambung Bojoma 2906 yang tengah melakukan pengangkutan minyak terbakar di Sungai Batanghari tepatnya di Desa Kunangan, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Selasa (19/4/2022) sekira Pukul 14.00 WIB. (Jambipos/IST)

Jambipos, Jambi-
Kapal Tugboat bernama lambung Bojoma 2906 yang tengah melakukan pengangkutan minyak terbakar di Sungai Batanghari tepatnya di Desa Kunangan, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Selasa (19/4/2022) sekira Pukul 14.00 WIB. Satu orang anak buah kapal tewas akibat terbakar semburan api. Sementara satu orang lagi mengalami luka bakar dan kini dirawat di rumah sakit.

Menurut saksi mata, kapal terbakar saat melakukan bongkar muat BBM jenis solar, dari sebuah mobil tangki. Kejadian di Kunangan tersebut kapal terbakar saat bungker. Korban 1 meninggal dan peristiwa itu sekira Pukul 14.00 WIB.

Kejadian kapal terbakar ini, sehari setelah mobil tangki distributor BBM solar bersubsidi atas nama PT.BMS diamankan Polda Jambi di Pelabuhan Talang Duku, Muarojambi, Senin kemarin.

Informasi dilapangan menyebutkan, diduga tugboat ini memuat BBM hasil tambang ilegal. Kebakaran terjadi saat mobil tangki milik PT PAN bernopol BH 8656 MG memindahkan solar ke tugboat menggunakan selang.

Ketika minyak mulai dimuat ke kapal, tiba-tiba muncul percikan api dari selang pengisian. Api langsung menyambar bagian tangki bahan bakar kapal. Peristiwa ini memakan korban jiwa, Rahmad Saputra (33), Warga Kelurahan Belawan, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan ini meninggal dunia.

Selain itu juga ada korban luka bakar. Sahid (39), warga Kelurahan Melayu Kota Piring, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, luka di kedua kakinya. Korban dilarikan ke Rumah Sakit Theresia Jambi untuk mendapatkan perawatan medis.

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto saat dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya kejadian kebakaran kapal minyak ini.

“ Tadi saya sudah komunikasi dengan Kapolres Muarojambi, AKBP Yuyan Priatmaja dan membenarkan adanya peristiwa kebakaran Tugboat bernama lambung Bojoma 2906. Tim penyidik dari Polres Muarojambi saat ini bekerjasama dengan tim penyidik Ditpolairud Polda Jambi masih melakukan investigasi. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan tim,” katanya.

Sebelumnya, Ditreskrimsus Polda Jambi berhasil mengungkap perdagangan illegal Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar bersubsidi di kawasan Pelabuhan Talang Duku, Kecamatan Taman Rajo, Kabupaten Muarojambi, Minggu (17/4/2022) malam.

Pada saat dilakukan penangkapan 3 mobil tangki sudah dalam keadaan kosong. Hanya tersisa satu mobil yang belum melakukan transfer ke kapal Tugboat. Sudah masuk ke kapal sekitar 25 ton, dan masih tersisa 10 ton di mobil tangki.

Dalam penggerebekan tersebut, petugas menemukan 4 mobil tangki BBM Non Subsidi jenis Solar dari PT. Bunga Mandiri Sejahtera (BSM) sedang melakukan transfer minyak ke kapal Tugboat. Delapan pelaku juga diamankan polisi. (JP-Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA