Home » , , , » Jusuf Kalla Resmikan Klinik Pratama 24 Jam PMI Provinsi Jambi

Jusuf Kalla Resmikan Klinik Pratama 24 Jam PMI Provinsi Jambi

Written By jambipos-online on Rabu, 16 Maret 2022 | 11:47

Ketua Umum PMI Pusat, H Jusuf Kalla (kedua dari kanan) saat meresmikan Klinik Pratama 24 Jam PMI Provinsi Jambi di Gedung Markas PMI Provinsi Jambi, Rabu (16/3/2022).(IST) 

Jambipos, Jambi
-Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, H Jusuf Kalla meresmikan Klinik Pratama 24 Jam PMI Provinsi Jambi yang direncanakan sebagai cikal bakal Rumah Sakit PMI Provinsi Jambi, Rabu (16/3/2022). Jusuf Kalla berharap Klinik Pratama PMI Jambi ini menjadi Rumah Sakit PMI Jambi kedepannya.

Peresmian yang dilaksanakan di Gedung Markas PMI Provinsi Jambi ini dihadiri Ketua PMI Provinsi Jambi Hasan Basri Agus (HBA), Gubernur Jambi Al Haris, Kapolda Jambi, Danrem 042/Gapu, Wakil Wali Kota Jambi Maulana, Ketua PMI Kota Jambi M Nasir, Ketua PMI Kabupaten/kota serta Relawan PMI di Provinsi Jambi.

Jusuf Kalla menyampaikan dengan adanya Klinik Pratama 24 Jam PMI Provinsi Jambi ini menjadi penambahan jumlah unit pelayanan PMI untuk masyarakat.

“Ini memberikan kita semua tambahan pelayanan yang dilakukan Palang Merah disamping donor darah dan penanggulangan bencana. Beberapa tahun terakhir ini, isu kesehatan menjadi topik utama dunia akibat Pandemi Covid-19. Hal ini sangat penting untuk kita selesaikan secara bersama-sama, baik itu masyarakat, pemerintah maupun organisasi sosial seperti kita PMI. Dengan bekerja sama kita semua, seluruhbya bisa kita selesaikan,” jelasnya.

Disebutkan, dengan peresmian Klinik Pratama ini, akan menjadi bagian pelayanan kesehatan. Maka itu, setiap usaha kesehatan perlu diberikan dorongan. 

“Saya sampaikan pula saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pejabat-pejabat yang ada di Provinsi Jambi. Ini adalah kepentingan masyarakat. Palang Merah Indonesia juga bekerja untuk kemanusiaan maka upaya-upaya ini mendapat harapan masyarakat apa yang buka 24 jam menjadi rumah sakit 24 jam. Paling penting ialah dukungan dan kualitas pelayanan kesehatan yang harus diawasi,” kata Jusuf Kalla.

Sementara Ketua PMI Provinsi Jambi Hasan Basri Agus menyampaikan, PMI Provinsi Jambi terus melaksanakan kegiatan kemanusiaan seperti pelayanan kesehatan serta penanggulangan bencana.

Menurut HBA yang juga Anggota DPR RI ini, khusus di masa Pendemi Covid-19, PMI Provinsi Jambi telah melaksanakan pelayanan kesehatan dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 seperti penyemprotan disenfektan di 3400 titik, pembagian masker, pemberian poster promosi kesehatan 500 lembar, peminjaman tabung oksigen 340 kali, pelayanan ambulan dan vaksinasi sebanyak 5.000 dosis bantuan dari PMI Pusat serta bantuan pelayanan Donor plasma Konvalesen.

“Alhamdulillah, selama Covid-19 di Provinsi Jambi, banyak masyarakat yang melapor ke PMI untuk mendapatkan bantuan. Kami juga terus mendukung Pemerintah Daerah dalam penanggulangan Pendemi ini,” kata HBA.

Dalam tugas kemanusiaan, HBA juga menyampaikan telah membantu dalam kondisi bencana seperti Gempa, Banjir, Kebakaran yang ada di Indonesia maupun di Kabupaten/kota di Provinsi Jambi bersama para Mitra PMI.

Pada peresmian Klinik Pratama 24 PMI ini, HBA mengungkapkan telah mempersiapkan semua administrasinya dan kelengkapannya selama Satu tahun. 

“Secara administrasi, kita sudah ada izin tempat usaha, izin pendirian klinik dan izin operasional klinik. Dalam klinik ini, akan melakukan pelayanan poli Gigi, poli umum, IGD dan laboratorium. Untuk tenaga kesehatannya ada 4 Dokter umum, Satu dokter gigi, 5 perawat umum, Satu perawatan gigi. Sedangkan untuk tenaga non medis, ada 2 orang untuk tenaga administrasi, 2 tenaga kebersihan dan 2 tenaga keamanan,” ujar HBA.

“Kami berharap, dengan diresmikan klinik pratama 24 jam ini dapat segera melayani masyarakat baik yang menggunakan BPJS Kesehatan maupun mandiri. Untuk itu kami berharap kepada Kepala BPJS Kesehatan cabang Jambi dapat membantu memfasilitasi percepatan administrasi BPJS di klinik Pratama PMI ini,” tambah HBA.

HBA juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Gubernur Jambi yang telah membantu fasilitas hingga dana hibah bagi PMI Provinsi Jambi dalam menjalankan programnya selam tahun 2022.

“Dana hibah untuk PMI Provinsi Jambi, kami memperoleh sebesar Rp1,2 Miliar untuk kelancaran program kerja PMI tahun 2022. Namun, kami masih berharap bahwa klinik Pratama 24 jam ini menjadi cikal bakal rumah sakit PMI Provinsi Jambi yang tentunya kami berharap bantuan kepada masyarakat dan pemerintah,” jelasnya.

HBA juga meminta kepada Gubernur Jambi untuk memberikan Gedung Eks Dukcapil Kota Jambi menjadi Kantor Markas PMI Provinsi Jambi. Surat sudah disampaikan termasuk kepada Gubernur Jambi.

Ketua PMI Kota Jambi, M Nasir juga mendukung atas peresmian klinik ini dan PMI Kota Jambi siap mem-Backup.

“PMI Kota Jambi siap mem-backup apa apa yang dibutuhkan oleh PMI Provinsi Jambi, karena selama ini berdasarkan bimbingan dari PMI Provinsi Jambi kita terus mengembangkan pelayanan kita terhadap donor darah, pelayanan kesehatan dan menambah jumlah relawan-relawan PMI yang ada di kota Jambi,” katanya.(JP-Asenk Lee Saragih)

Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA