Home » , , » Tinggalkan PAN, Mashuri Jadi Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi

Tinggalkan PAN, Mashuri Jadi Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi

Written By jambipos-online on Jumat, 28 Januari 2022 | 12:24

Ketua Umum PAN Zulkifi Hasan (kedua dari kiri) didampingi Ketua DPW PAN Jambi, A Bakri (paling kiri) saat menyerahkan mandat dukungan kepada H Mashuri (kedua dari kanan) maju di Pilkada Bungo Desember 2020 lalu. (Foto Istimewa) 

Jambipos, Jambi-
Berakhir sudah masa kebesaran H Burhanudin Mahir sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi pasca ditinggal Cornelis Buston dan Efendi Hatta. Awalnya digadang-gadang H Burhanudin Mahir masih kuat dukungan untuk mempertahankan jabatannya sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi. Namun H Burhanudin Mahir ditelikung oleh H Mashuri yang notabene saat Pilkada Bungo Desember 2015 dan Pilkada Bungo Desember 2020 lalu merupakan kader potensial Partai Amanat Nasional (PAN).

Saat Pilkada Bungo 2020, PAN kembali mengusung kadernya, Mashuri untuk maju di Pilkada Bungo 2020. PAN pun menargetkan menang di Pilkada Jambi 2020 dan terbukti. Ketua DPW PAN Jambi, A Bakri saat itu menegaskan bahwa kader yang diusung PAN maju di Pilkada Bungo ini adalah kader prioritas. Selain merupakan sang petahana, Mashuri juga merupakan kader yang dianggap tepat untuk kembali diusung.

Periode pertama 2016-2021, Mashuri menjabat Bupati Bungo setelah dilantik Gubernur Jambi H Zumi Zola atas nama Menteri Dalam Negeri melantik H Mashuri SP ME-Safrudin Dwi Aprianto SPd Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bungo Periode 2016-2021 di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa 14 Juni 2016.

Sebelum menjabat Bupati Bungo, H Mashuri SP ME menjabat sebagai Wakil Bupati Bungo mendampingi Sudirman Zaini, SH., MH. Sementara Safrudin Dwi Aprianto SPd merupakan Anggota DPRD Provinsi Jambi dari PKS dan juga menjabat sebagai Ketua DPW PKS Provinsi Jambi.

Pada Pilkada Bungo Desember 2015 lalu hanya mengusung dua pasangan calon yakni Paslon Nomor Urut 1 H. Sudirman Zaini, SH., MH dan H. Andriansyah, SE M.Si diusung oleh Partai Politik Partai Demokrat, PKB, PDIP, Partai Gerindra, Hanura dan Golkar.

Sementara Paslon Nomor Urut 2 yakni H Mashuri, SP, ME dan Safrudin Dwi Apriyanto, S.Pd diusung Parpol PAN, PBB, PKS, PKPI dan NasDem.

Perolehan suara Paslon H. Mashuri, SP., ME dan Safrudin Dwi Apriyanto, S.Pd saat itu sebanyak  96.173 suara (58,94%). Sedangkan Paslon  H. Sudirman Zaini, SH., MH dan H. Andriansyah, SE M.Si memperoleh suara sebanyak 67.011 suara (41,06%). Suara sah sebanyak 163.231 suara, suara tidak sah 6.404 suara, total jumlah suara pemilih 168.986 suara.

Sedangkan Pilkada Bungo Desember 2020 lalu, hanya diikuti dua paslon yakni pasangan H. Sudirman Zaini, SH MH berpasangan dengan Dr. Erick Muhammad Henrizal, SE MM. Paslon ini diusung oleh koalisi parpol PKB (3 kursi), Hanura (3 kursi) dan Perindo ( 1kursi) dengan total 7 kursi di DPRD Kabupaten Bungo.

Kemudian Paslon H Mashuri, SP ME -H Safrudin Dwi Aprianto, S.Pd (Patahana) diusung koalisi 10 parpol yakni PAN (4 kursi), PKS (4 kursi), PPP (2 kursi), Berkarya (2 kursi), Bulan Bintang (1 kursi), Golkar (1 kursi), PDIP (3 kursi), NasDem (4 kursi), Demokrat ( 3 kursi) dan Gerindra (4 kursi) dengan total 29 kursi di DPRD Kabupaten Bungo. Paslon Patahana H Mashuri, SP ME -H Safrudin Dwi Aprianto, S.Pd kembali memenangkan Pilkada Bungo 2020.

Periode pertama 2016-2021, Mashuri menjabat Bupati Bungo setelah dilantik Gubernur Jambi H Zumi Zola atas nama Menteri Dalam Negeri melantik H Mashuri SP ME-Safrudin Dwi Aprianto SPd Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bungo Periode 2016-2021 di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa 14 Juni 2016. (Foto Dok Jambipos/Asenk Lee Saragih)


Besarkan Demokrat

Setelah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat resmi mengumumkan H Mashuri terpilih sebagai Ketua DPD Demokrat Provinsi Jambi, H Mashuri berjanji akan memenangkan Demokrat pada pemilu 2024.

Usai bertemu Ketua Umum DPP Partai Demokrat Mayor Inf (Purn.) H Agus Harimurti Yudhoyono, Sekjend DPP Partai Demokrat H. Teuku Riefky Harsya, Ketua BPOKK Dr Herman Khaeron, H Mashuri tiba di Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Kamis malam (27/1/2022).

“Saya terkejut sampai di Jambi di sambut para ketua dan kader-kader Demokrat. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Ketum DPP Partai Demokrat AHY yang sudah mempercayai saya untuk menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi Periode 2021-2026,” ungkap Mashuri kepada wartawan.

Mashuri bertekad membesarkan Partai Demokrat di Provinsi Jambi. “Kita akan terus SIAP, patuh dan tegak lurus terhadap aturan dan keputusan partai dan perintah ketua umum. Saya juga sangat berterimakasih kepada kawan-kawan dan sahabat serta masyarakat yang terus mendukung dan mendoakan kami,” ujar Mashuri.

Kata Mashuri, jabatan Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi merupakan tugas dan amanah yang berat, yang mana kedepannya bersama kader-kader Demokrat akan berusaha memajukan Partai Demokrat untuk bisa jadi pemenang dalam Pemilu 2024.

“Tugas-tugas besar  telah menanti. Apalagi saat ini tahapan pemilu, pilkada, pilpres telah di mulai. Maka tugas kita bagaimana Demokrat Provinsi Jambi bisa jadi pemenang. Saya mengajak seluruh Ketua DPC Demokrat se Provinsi Jambi dan kader siap berjibaku dan bekerja keras mendukung dan memenangkan AHY sebagai Presiden RI November 2024 mendatang. Selain tugas besar memenangkan Pileg dan Pilkada, kami punya tekad bersama, memenangkan dan menyukseskan Pak Ketum menuju Presiden RI,” katanya.

Mashuri mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menyusun pengurus dan tentunya tidak terlalu lama serta bisa bekerja untuk kemajuan Partai Demokrat di Provinsi Jambi. “Kita punya target kedepan dan target itu yang nantinya akan kita perjuangankan bersama-sama, mohon doa dan dukungannya,” pungkas H Mashuri.

H Mashuri, SP  ME pria kelahiran  9 Oktober 1972, adalah Bupati Bungo dua periode yakni 2016–2021 dan 2021–2024. Sebelumnya Ia menjabat sebagai Wakil Bupati Bungo periode 2011–2016 mendampingi Bupati, Sudirman Zaini.

Riwayat Pendidikan, SDN Rantau Ikil (1985), SMPN Rantau Ikil (1988), SMAN 1 Muarabungo (1991), S1 Pertanian Universitas Jambi (1996) dan S2 Ekonomi Universitas Jambi (2007). (JP-Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA