Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Gubernur Jambi Al Haris Minta Kembalikan SMA Titian Teras Ketujuan Mulianya

Gubernur Jambi Al Haris saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) langsung ke SMA TT H. Abdurrahman Sayoeti, di Pijoan Kabupaten Muarojambi, Kamis (13/01/2022).

Jambipos, Jambi-
Banyak pandangan miring kini menghampiri kualitas Sekolah Menengah Atas Titian Teras (SMA TT) H. Abdurrahman Sayoeti karena kualitasnya terus menurun. Padahal sejak sekolah ini diambilalih Pemerintah Provinsi Jambi, ada secercah harapan untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) lewat SMA Titian Teras. Namun sejak dibukanya penerimaan siswa lewat jalur mandiri tahun 2017 lalu, kini kualitas dan mutu pendidikan di SMA Titian Teras mulai diragukan sejumlah pihak.

Awalnya penerimaan siswa di SMA Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti lewat tes murni dan jalur prestasi siswa yang sangat ketat seleksinya. Siswa yang masuk SMA Titian Teras murni karena prestasi dan pintar bidang akedemik dan lainnya. 

Namun sejak dibukanya jalur mandiri masuk SMA Titian Teras justru dirusak dengan praktik nepotisme. Pasalnya ditemukan sejumlah siswa adalah “titipan” para oknum dengan tingkat kecerdasan yang pas-pasan. Bahkan ada oknum orang tua siswa yang juga pejabat merasa berkuasa di sekolah itu, sehingga mengintervensi proses belajar mengajar di SMA Titian Teras itu. 

Demikian rangkuman pendapat dari sejumlah orang tua siswa yang mengurungkan niatnya untuk melanjutkan sekolah anaknya ke SMA Titian Teras, Jumat (14/1/2022). 

“Setelah saya tahu dari banyak orang tua siswa, saya ngak jadi mendaftarkan anak saya ke SMA Titian Teras. Banyak informasi saya dapat, praktik nepotisme di sekolah itu. Seperti siswa jalur mandiri yang bayar uang sekolah dan asrama. Padahal awalnya siswa yang diterima murni jalur prestasi dan tes seleksi yang ketat. Kini sudah dirusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” ujar M Manihuruk, salah seorang warga Kota Jambi.

Sidak

Ternyata Gubernur Jambi, Dr H Al Haris SSos MH juga menerima informasi yang kurang baik tentang kondisi SMA Titian Teras belakangan ini. Bahkan Gubernur Jambi Al Haris menegaskan, Pemerintah Provinsi Jambi kedepannya akan segera melakukan reformasi dan revitalisasi SMA TT sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan mutu  dan kualitas sekolah. 

Penegasan itu disampaikan Gubernur Jambi Al Haris saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) langsung ke SMA TT H. Abdurrahman Sayoeti, di Pijoan Kabupaten Muarojambi, Kamis (13/01/2022).
Di sekolah itu, Gubernur Jambi Al Haris mengumpulkan semua para guru beserta karyawan dan karyawati SMA TT untuk melakukan dialog dan diskusi terkait permasalahan permasalahan yang ada saat ini.

“Kita segera melakukan reformasi dan revitalisasi SMA TT ini, agar mutu dan kualitasnya lebih meningkat lagi. Karena pada awal berdirinya sekolah ini dipersiapkan oleh Gubernur Jambi Bapak Abdurrahman Sayoeti untuk menjadi ikon pendidikan dan sekolah kebanggaan di Provinsi Jambi,” ujar Al Haris.

“Namun, sekarang pada kenyataannya masih jauh dari yang kita harapkan bersama dengan munculnya berbagai permasalahan yang ada. Kita akan segera melakukan revitalisasi terkait pengembangan dan penyelarasan kurikulum yang ada sehingga ke depan bisa menjadi lebih baik lagi,” kata  Al Haris.

Al Haris menuturkan, dalam hal pengembangan, nantinya akan ada penambahan gedung baru, perbaikan semua fasilitas, baik itu fasilitas olahraga maupun tempat untuk beribadah. Pemerintah Provinsi Jambi akan membuat Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengatur kebijakan SMA TT dengan mengacu kepada SMA Taruna Nusantara yang ada di Magelang.

“Secara bertahap, kita akan memperbaiki semuanya karena tujuan dan harapan dari pendiri SMA TT ini adalah agar anak-anak yang ada di Provinsi Jambi bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi dengan mudah dan banyak diterima oleh perguruan tinggi ternama di Indonesia, baik itu UI, ITB, UNPAD, UGM, Akpol, Akmil, IPDN dan perguruan tinggi lainnya,” jelas  Al Haris.

“Kita akan merubah pola, sistem dan struktur yang ada saat ini dengan mengacu kepada SMA Taruna Nusantara yang ada di Magelang. Semuanya akan kita kaji ulang dan dipersiapkan Pergub untuk SMA TT ini. Nantinya karena harapannya SMA TT ini menjadi kebanggaan bagi Provinsi Jambi,” ujar Al Haris.

Gubernur Jambi Al Haris mengharapkan dengan adanya reformasi dan revitalisasi pada SMA TT, nantinya mampu memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan mutu dan kualitas SMA TT.
“SMA TT ini bukan hanya sebagai tempat menimba ilmu saja. Namun juga dapat menjadikan anak-anak didik memiliki budi pekerti dan akhlak yang mulia,” kata Al Haris.
Tim International Young Inventore and Exhibition-IYSIE 2019 Sekolah SMAN Titian Teras H Abdurahman Sayoeti Muarojambi yang terdiri dari tiga siswa Kelas XI Jurusan MIPA sebagai peserta lomba tingkat internasional ini adalah Achmad Ivka Raehan Kelas XI MIPA 4, Alwahidil Zuhri Kelas XI MIPA 3 dan Amila Nuskiya Kelas XI MIPA 5, Guru Biologi Pendamping Irma Wachyuni Zainal S.Si, Guru Biologi dan Ketua Komite Sekolah SMAN Titian Teras H Abdurahman Sayoeti Muarojambi, H Ivan Wirata St MM MT disambut gembira oleh Rombongan  Kabid Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jambi beserta Kepala Sekolah dan Siswa - siswi SMAN Titian Teras Abdurrahman Sayoeti di Bandara di Bandara Sultan Thaha Jambi, Minggu (14/7/2019). Tim International Young Inventore and Exhibition-IYSIE 2019 mengikuti lomba penelitian ajang tingkat Internasional 2019 yang berlangsung di Kualalumpur, Malaysia dari tanggal 8 Juli hingga 12 Juli 2019. Hasil karya mereka membuat kertas dari limbah bawang putih dan berhasil meraih medali emas (gold award exhibition dan gold award conference). Foto Dok Jambipos



Kualitas SDM

Terpisah, mantan Ketua Komite Sekolah SMAN Titian Teras, H Ivan Wirata ST MM MT mengatakan, peningkatan kualitas pelayanan pendidikan di SMA Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti Pijoan Kabupaten Muarojambi harus jadi prioritas. 

Menurut Ivan Wirata yang kini sebagai Anggota DPRD Provinsi Jambi Periode 2019-2024 Dapil Muarojambi-Batanghari ini, dibukanya jalur mandiri dengan jumlah 50 siswa tahun 2017 lalu bisa dijadikan sebagai evaluasi. Sebelumnya penerimaan siswa jalur reguler dengan seleksi yang ketat, membuka peluang bagi anak-anak berprestasi untuk melanjutkan sekolah di SMAN Titian Teras Pijoan, Muarojambi.

“Untuk membangun Provinsi Jambi tidak serta merta hanya membangun infrastruktur saja. Namun perlu juga diperhatikan pendidikan Sumber Daya Manusia bagi generasi penerus bangsa. SMAN Titian Teras Pijoan, Muarojambi terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan,” ujar Ivan Wirata.

Sebagai mantan Ketua Komite SMAN Titian Teras, Ivan Wirata, dirinya terus mendorong upaya peningkatan kualitas dan kapasitas SMA Titian Teras agar semakin baik. Sehingga SMAN Titian Teras menjadi kebanggaan masyarakat Provinsi Jambi.

“Asrama Siswa SMAN Titian Teras perlu dibangun lebih refresentatif  sehingga sejalan dengan kualitas SDM tenaga pengajar di sekolah itu saat ini. Asrama siswa SMAN Titian Teras Pijoan, Muarojambi perlu mendapatkan perhatian dari Pemerintah Provinsi Jambi. Sarana asrama juga harus diperbaiki sehingga para siswa nyaman dan aman dalam menimba ilmu selama disekolah Titian Teras ini,” ujarnya. 

Menurut Ivan Wirata, kondisi asrama SMAN Titian Teras kini masih kurang refresentatif bagi siswa yang tinggal di asrama. Jumlah siswa yang tinggal di asrama, tak sebanding dengan jumlah murid yang menimba ilmu disekolah itu. 

“Sarana dan prasarana dan SDM tenaga pengajar di SMAN Titian Teras kini sudah cukup. Namun asramanya kurang memadai dalam kondisi sekarang. Sehingga jumlah penerimaan siswa di sekolah ini berkurang karena fasilitas kamar asrama yang terbatas. Selaku Anggota DPRD Provinsi jambi Dapil Muarojambi, berharap agar Pemprov Jambi melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jambi membuat skala prioritas dalam membangun asrama tersebut,” ujar Ivan Wirata dari Fraksi Golkar ini. (JP-Asenk Lee Saragih)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar