Home » , , » Siswa SMAN Titian Teras Jambi Olah Kulit Bawang Merah Jadi Bubuk Teh Anti Alergi

Siswa SMAN Titian Teras Jambi Olah Kulit Bawang Merah Jadi Bubuk Teh Anti Alergi

Written By jambipos-online on Selasa, 14 Agustus 2018 | 09:06

Adu Penelitian di OPSI 2018 
Foto Kolase Youtube.
Jambipos Online, Jambi-Hampir di setiap masakan, kita pasti menggunakan bawang merah sebagai salah satu bumbunya. Selain memiliki rasa yang unik, bawang merah juga mempunyai banyak manfaat kesehatan. Namun, dalam penggunaannya, pasti sering membuang kulit dari bawang merah ini.

Nah, ditangan Achmad Ivka Raehan dan Alwahidil, dua Siswa SMAN Titian Teras Jambi mampu mengolah kulit bawang merah jadi bubuk the Anti Alergi. Dari hasil penelitian mereka, kuit bawang merah diolah menjadi A2OSBT (Anti Alergy Onion Skin Black Tea).

Hasil penelitian inilah yang membawa Achmad Ivka Raehan dan Alwahidil ikut menjadi peserta Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia. Slogan OPSI 2018-SMAN Titian Teras HAS-A2OSBT (Anti Alergy Onion Skin Black Tea) akan mereka bawa untuk mengharumkan nama Jambi di tingkat Nasional.

Sebagai bentuk dukungan, pembaca boleh melihat Video di Youtube “OPSI 2018-SMAN Titian Teras HAS-A2OSBT (Anti Alergy Onion Skin Black Tea)” serta berikan like, comment dan subscribe. 



Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia atau biasa disingkat OPSI adalah ajang kompetisi penelitian ilmiah tahunan bagi siswa SMA/MA, baik berupa karya tulis maupun temuan (invention).

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dengan mengusung pesan #MENELETIITUSERU, OPSI ingin terus berupaya mengubah pandangan umum siswa terhadap penelitian yang dianggap sebagai suatu pekerjaan serius, sulit, dan cenderung membosankan. 

OPSI ingin memberikan siswa pengalaman meneliti dengan cara yang menyenangkan sehingga minat meneliti terus meningkat dan dapat ditularkan oleh peserta OPSI pada teman dan lingkungannya.

Sebagai salah satu agenda penting Direktorat Pembinaan SMA, OPSI 2016 juga merupakan ajang seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai ajang lomba penelitian tingkat dunia sebagaimana telah dilakukan sebelum-sebelumnya.

Manfaat Kulit Bawang Merah

Sementara beberapa penelitian menunjukkan bahwa kulit bawang merah tinggi antioksidan, bahkan lebih dari bawang itu sendiri. Ini secara signifikan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.


Lapisan luarnya adalah sumber yang kaya antioksidan, serat makanan, dan flavanoid yang meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, kulit bawang merah tinggi dalam pigmen yang dikenal sebagai quercetin yang mencegah penyumbatan arteri dan mengurangi hipertensi, memiliki sifat penenang yang kuat, dan mengobati insomnia.

Ia memiliki kualitas antibakteri, antioksidan, dan antijamur yang kuat. Bahan utama dalam kulit bawang merah, quercetin adalah flavanoid dan antioksidan yang menghancurkan penyebab utama kanker dan radikal bebas.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kulit bawang merah kaya serat tidak larut yang mendukung gerakan peristaltik yang tepat dari usus besar. Selanjutnya, serat yang tidak larut menghilangkan racun yang terkumpul dari usus, mengatur pH, dan mencegah pembentukan sel kanker.

Penggabungan kulit bawang merah ke dalam makanan akan menurunkan risiko;- Diabetes tipe 2, - Penyakit kardiovaskular, - Masalah gastrointestinal, - Kegemukan, - Kanker usus besar.

Kulit bawang merah dapat ditambahkan ke berbagai rebusan dan sup. Juga bisa membuat resep teh kulit bawang merah untuk menikmati semua manfaatnya. Awalnya, simpan kulit bawnag merah dalam botol kaca. Kemudian, tuangkan air mendidih ke atas kulit bawnag merah, tutup dan biarkan selama 15 menit.

Saring teh dan minum secangkir saat menjelang tidur. Sebagai catatan, penggunaan kulit bawnag merah tidak dianjurkan untuk perempuan hamil dan ibu menyusui.(JP-Berbagai Sumber/Asenk Lee)



Share this article :

Posting Komentar