Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Menanti Gebrakan Ir Tigor Gh Sinaga Membesarkan PSI di Provinsi Jambi

Perbincangan Jambipos dengan Ir Tigor Gh Sinaga saat ditemui di lokasi proyek perumahan miliknya di Mayang Kota Jambi, Kamis (23/12/2021) siang. (Foto: Asenk Lee Saragih)

Jambipos, Jambi-
Menjalankan organisai partai politik dengan sentuhan tangan dingin, kini menjadi tantangan tersendiri bagi sosok Ir Tigor Gh Sinaga. Betapa tidak, sejak akhir Agustus 2020, DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menunjuk Ir Tigor Sinaga menjabat Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Provinsi Jambi dan diberikan wewenang penuh dalam mengelola PSI di Provinsi Jambi. 

Setelah vakum hampir setahun akibat pandemic Covid-19, tiga bulan terakhir Ir Tigor Gh Sinaga bersama Pengurus DPW PSI Provinsi Jambi berkeliling kabupaten se Provinsi Jambi untuk membentuk kepengurusan Dewan Pengurus Daerah (DPD) PSI Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi.

Berkat sentuhan tangan dingin Ir Tigor Sinaga, kini kepengurusan PSI di kabupaten/kota di Provinsi Jambi sudah mulai rampung. Bahkan Ir Tigor Sinaga optimis kalau PSI di Provinsi Jambi akan besar mengingat kewenangan yang besar diberikan kepadanya untuk mengurus PSI Provinsi Jambi. 

Demikian perbincangan Jambipos dengan Ir Tigor Gh Sinaga saat ditemui di lokasi proyek perumahan miliknya di Mayang Kota Jambi, Kamis (23/12/2021) siang. 

“Tiga bulan terakhir kami berkeliling kabupaten di Provinsi Jambi untuk membentuk kepengurusan PSI kabupaten. Ternyata banyak respon yang cukup baik dengan bergabung dengan PSI. Semua kepengurusan PSI se Provinsi Jambi dimulai dari nol. Kepengurusan yang lama, SKnya semuanya dicabut oleh DPP PSI. Kita mulai pembentukan dari nol. Wewenangya penuh sama Pengurus DPW PSI Provinsi Jambi,” terang Ir Tigor Sinaga yang merupakan lulusan Sarjana Arsitektur ITB ini.

Tugas berat Tigor Sinaga membentuk struktur DPW, DPD, DPC PSI di kabupaten/kota se Provinsi Jambi kini mulai terwujud. Bahkan Tigor Sinaga optimis PSI di Provinsi Jambi siang menghadapi Pemilu 2024 mendatang dan akan merata duduk di legislatif.

Menurut Tigor Gh Sinaga, yang pernah sebagai Caleg DPR RI Dapil Provinsi Jambi pada Pileg 2009 dari  PAN, Pileg 2014 dari Nasdem, Pileg 2019 dari PSI dan masuk dalam 10 besar perolehan suara terbanyak ini menuturkan, kini PSI semakin dikenal masyarakat sebagai partai yang mengusung pluralisme dan solidaritas dan anti intoleran.

PSI kini sudah mendapat perhatian dari masyarakat luas di Indonesia, termasuk di Provinsi Jambi. Hal itu terbukti dari respon masyarakat di daerah saat pembentukan struktur partai mulai dari DPD, DPC PSI.

Cerita Tigor Sinaga, ditunjuknya dirinya untuk menahkodai PSI Provinsi Jambi bermula bulan Juni 2020 lalu, dirinya dihubungi bro Endang Tirtana dan Bro Jend Antoni untuk membantu menata kembali PSI Provinsi Jambi. 

“Saat itu saya agak kaget, kok saya yang lebih sering di luar Jambi diminta untuk ngurusin Jambi. Tapi setelah mendapat penjelasan dari Bro Jend, akhir Agustus  lalu saya sanggupi kepercayaan tersebut dan mulai melakukan konsolidasi partai berkeliling kabupaten se Provinsi Jambi,” ujar Tigor Sinaga, yang merupakan putra kelahiran Kota Jambi.

Kata Tigor Sinaga, kini PSI Provinsi Jambi telah membuka pendaftaran calon legislative dan juga sebagai kader partai. 

Kepengurusan DPD PSI di kabupaten kota se Provinsi Jambi akan rampung dalam waktu dekat, seperti di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten tanjung Jabung Timur, Kota Jambi, Muarojambi, Batanghari, Sarolangun, Merangun, Bungo, Tebo, Kerinci dan Kota Sungaipenuh. 

Tigor Sinaga akan memaksimalkan potensi dirinya untuk berbuat untuk kemajuan Provinsi Jambi. Salah satu cara yang ingin ditempuhnya lewat terjun ke partai politik. 

“Saya lahir di Jambi, bapa Batak ibu Sunda. Sampai SMA saya di Jambi, Alumni SMA Xaverius Jambi, kuliah di ITB. Saya bersyukur dikaruniai dua anak yang cerdas. Keduanya sudah selesai kuliah dengan predikat kelulusan  Cum Laude. Yang besar tamat NTU Singapore saat ini bekerja di Kantor Pusat  Shopee di Singapura. Yang kedua tamat ITB, saat ini  berbisnis di Bandung,” terang Tigor Sinaga. 

Kata Tigor Sinaga, kecintaan dirinya dengan Jambi jangan diragukan lagi. Dia sudah tiga kali maju sebagai Caleg DPR RI dari Provinsi Jambi, meski belum terpilih, namun masuk dalam 10 besar perolehan suara terbanyak. 

Khusus di PSI, kata Tigor Sinaga, dirinya mengapresiasi sistem dan cara berpartai yang berbeda dengan partai lain. “Ke unikan partai ini membuat saya penasaran dan ingin tau langsung tentang partai ini dari pendirinya. Juni 2019 saya bersama 7 teman berkesempatan  diterima Bro Jefrry Geovanie - atau lebih dikenal dengan panggilan bro JG di kediaman beliau di Singapura. Selama 12 jam kita diskusi,  banyak hal-hal menarik, membuat saya semakin cinta dengan PSI,” tambah Tigor Sinaga.

Tigor Sinaga menambahkan, satu diantaranya kecintaan dirinya kepada PSI yakni partai PSI partai isue, bukan partai sembako. Artinya, yang mendekatkan PSI kepada konstituen  dan yang menjadi faktor penarik calon pemilih adalah ketika PSI mengangkat dan memperjuangkan issue-issue  strategis terkait  harapan rakyat kedepan, untuk perbaikan bangsa dan Negara, Bukan dengan pendekatan sembako atau kerja modal dan bagi-bagi uang.

“Ini ide brilyan dari seorang pendiri partai ini bro JG  yang berani berfikir out off the box. Membangun partai diluar kebiasaan yang ada di Indonesia yang selalu mengandalkan sembako atau money politik setiap pemilu,” ujar Tigor Sinaga.

Disebutkan, kendalanya, PSI harus memberi pembelajaran dan pemahaman  para konstituen yang sudah terlanjur money politik oriented. 

Itu sebabnya PSI menyasar orang muda sebagai konstituen utama yang relatif terdidik dan mempunyai harapan masa depan. Terbukti Pemilu 2019, suara PSI di DKI Jakarta dan kota-kota besar, bahkan di Luar Negeri  membludak. 

“Saat ini, dan kedepan, kerja kita meyakinkan konstituen dengan menjual isue seperti  ini akan sedikit lebih ringan. Karena teman-teman anggota legislatif  di DPRD DKI, DPRD NTT dan DPRD Manado sudah memberi contoh yang baik bagaimana  jika seorang Politisi PSI menjadi anggota  legislatif. Itu semua ide brilyan bro JG, Ketua Dewan Pembina PSI. Kita tunggu  nanti ide-ide baru dari beliau untuk pemenangan 2024,” kata Tigor Sinaga.

Jelang Pemilu 2024

Menjelang 2024, ada beberapa perubahan dari kebijakan PSI  yang cukup signifikan yakni 1. Keanggotaan/ pengurus tidak lagi dibatasi usia maksimal, 2. Pengurus boleh ex partai politik lain, 3. Kemandirian kepengurusan di setiap tingkatan DPW, DPD, DPC. Artinya kepengurusan, baik secara sendiri atau bersama-sama secara kolektif  harus mampu menjalani program partai tanpa subsidi DPP.

“Kebijakan baru ini membuka peluang untuk PSI bisa lebih maju lagi. Karena kemandirian DPW dan DPD diikuti pula dengan pemberian  kewenangan untuk menata proses  calon-calon legislatif dan calon kepala daerah. Sehingga membuka peluang bagi kandidat-kandidat yang ingin maju menata strategi pemenangan di  dapil sejak dini,” tambah Tigor Sinaga.

Menurut Tigor Sinaga, kegagalan masa lalu, PSI terlalu berorientasi ke DPR RI. Sekarang konsepnya dibalik, PSI petakan suara mulai dari dapil  DPRD kota/ Kabupaten, dapil propinsi dengan target 1 fraksi per Kota/ kab dan provinsi. Sedangkan untuk kursi  DPR RI adalah bonus.

Menata Kepengurusan

Lebih jauh Tigor Gh Sinaga menjelaskan, tugas besar yang diberikan kepada dirinya adalah menata kepengurusan di DPW, DPD, DPC bahkan sampai DPRt. 

“Out put dari penataan ini diharapkan 2024 kita bisa memperoleh 1 fraksi per kabupaten / kota dan provinsi. Saya juga telah mengundang bro n sis kader PSI untuk bersama-sama menyusun kepengurusan. Saya berharap masukan-masukan dari semua. Silahkan siapa yang berminat , untuk bidang apa atau anda mengusulkan siapa. Ada banyak peluang bagi yang ingin aktif di kepengurusan,” terang Tigor Sinaga.

Ditambahkan, PSI punya 13 direktorat di DPW dan setiap DPD, serta  terbuka juga  untuk bidang-bidang atau direktorat lain yang dapat kita adakan sesuai kebutuhan. 

“Saya juga menunggu saran teman-teman untuk mengusulkan nama tokoh-tokoh yang pantas duduk di dewan pembina, dewan penasehat, dewan pakar di DPW dan DPD,  agar jaringan partai ini semakin besar dan kokoh,” katanya.

“Bagi yang sudah mantap ingin maju caleg DPRD kota/ kab  2024 bisa memilih dapilnya sejak sekarang dan pegang kepengurusan DPC dapil tersebut. Sehingga sudah bisa mulai membuat dan menjalankan  program sosialisasi sejak sekarang. Saya mengajak semua anggota, simpatisan, pengurus  mantan pengurus untuk ambil bagian berkontribusi,” ujar Tigor Sinaga berharap.

“Penyegaran dan penataan itu adalah keniscayaan untuk mencapai kemajuan. DPW PSI Provinsi Jambi mengundang orang-orang baru masuk PSI tanpa meninggalkan yang sudah ada. Itu konsep penataan saya. Sekali lagi saya mengajak bro n sis pengurus lama yang ingin tetap  jadi pegurus, anggota atau simpatisan yang ingin aktif jadi pengurus. Mari kita sama sama besarkan PSI. Salam solidaritas,” pungkas Tigor Sinaga.

Sentuhan tangan dingin Tigor Gh Sinaga untuk membesarkan PSI di Provinsi Jambi, akan dinantikan masyarakat Provinsi Jambi. PSI kedepan sebagai partai politik yang mengusung harapan rakyat menuju kesejahteraan dan berkeadilan. (JP-Asenk Lee Saragih)

Profile Singkat 

-Nama              : Ir Tigor GH Sinaga
-Lahir               : Di Jambi (Berdarah Batak-Sunda/Jawa)
-Orang Tua       : Bp.U.Sinaga & Siti Lomrah
-Lulusan            :Sarjana Arsitektur ITB
-Istri         : Ir LF Eli, MM, putri dari Bp. M. Sitompul/br.Aritonang
-Menjadi anggota Paskibraka 1979
-Atlet Judo Jambi pertama Peraih Prestasi Nasional (Kejurnas Judo 1977 & 1979).
-Lulusan SMA Xaverius Jambi

Pekerjaan Berwiraswsata

-Pernah mengikuti pendalaman materi (al: Housing Development by Housing Development Board & Central Providence Funds - Singapore, Housing For Low Income – Athena).
-Beberapa kali Studi banding tentang perumahan rakyat ke China, Malaysia, Singapore & Athena
-Fokus berjuang untuk perumahan rakyat dan transmigrasi, baik melalui Organisasi maupun bidang usaha.

Organisasi

-Sekjen PPTSB Jabar
-Sekjen REI Jaba
-Ketua Komtap Property dan Perumahan Rakyat Kadin Jabar
-Badan Pertimbangan Organisasi REI Jabar
-Wakil Sekjen DPP REI
-Jakarta dan  Ketua Pokja Transmigrasi dan KTM REI
-Sekjen NHDC (National Housing Development Community)
-Sementara Profesi dan Project meliputi Griya Utama Rancaekek – Bandung
-Direktur Utama Mlirang Kota Satelit, Gresik-Jatim
-Direktur Utama  Batam Center Park-Batam
-Direktur Danaro Inn, Condotel, Bandung The Setra Royal Residence – Tasikmalaya
-Direktur Utama     BiszPark Residence  dan Commerce – Jambi
-Direktur Utama Danaro Tower Apartemen & Condotel-Jambi
-Direktur Utama Jogja Superblock-Jogjakarta.
-Mantan Caleg DPR RI (PAN) Pemilu 9 April 2014 Dapil Provinsi Jambi
-Mantan Caleg DPR RI (NasDem) Pemilu 9 April 2014 Dapil Provinsi Jambi

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar