. Petani Berharap Program “DUMISAKE” Gubernur Jambi Al Haris Segera Direalisasikan | Jambipos
Home » , , , » Petani Berharap Program “DUMISAKE” Gubernur Jambi Al Haris Segera Direalisasikan

Petani Berharap Program “DUMISAKE” Gubernur Jambi Al Haris Segera Direalisasikan

Written By jambipos-online on Minggu, 11 Juli 2021 | 10:16

Reses Anggota DPRD Provinsi Jambi Tahun 2021 H Ivan Wirata di Balai Desa Baru, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi, Sabtu (10/7/2021).(foto: Asenk Lee Saragih)

Jambipos, Muarojambi-
Petani dan warga Desa Baru, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi berharap program prioritas Gubernur Jambi Al Haris yakni “DUMISAKE” Dua Miliar Satu Kecamatan bisa direalisasikan dalam program tahun 2021 kerja Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi Periode 2021-2024.
  
Petani ternak sapi, petani bawang dan petani holtikultura di Desa Baru, Kecamatan Mestong berharap program “DUMISAKE” bisa mengatasi dampak ekonomi akibat pandemic covid-19 yang dihadapi petani dan kelompok tani.

Hal itu terungkap pada dialog petani Desa Baru saat Reses Anggota DPRD Provinsi Jambi Tahun 2021 H Ivan Wirata ST MM MT di Balai Desa Baru, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi, Sabtu (10/7/2021). Reses DPRD Provinsi Jambi kali ini mengangkat tema “Melalui reses mari kita jalin silaturahmi dalam rangka menampung dan menjemput aspirasi masyarakat”. 



Ketua Kelompok Tani Sumber Rezeki Desa Baru, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi, Senu mengatakan pihaknya meminta bantuan kepada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Jambi untuk menfasilitasi pelatihan cara beternak sapi bagi kelompok tani di Desa Baru, Mestong. 

Senu Menurut Senu, anggota kelompok peternak sapi Desa Baru berharap ada bantuan pelatihan kepada peternak sapi khususnya bidang kesehatan sapi. Pasalnya ancaman peternak sapi adalah terserang infeksi penyakit jembrana. Karena sapi yang diternakkan pada umumnya sapi bali yang rentan terserang penyakit jembrana.

Sapi yang diternakkan kelompok tani paling banyak sapi bali. Jenis sapi bali (Bos javanicus) diketahui sangat rentan terhadap infeksi penyakit jembrana atau yang biasa dikenal dengan penyakit keringat darah. 

“Lewat program “DUMISAKE” yang diprioritaskan Gubernur Jambi yang baru, kami berharap bisa direalisasikan pada tahun 2021 ini. Kami kelompok tani peternak sapid an kelompok tani yang ada di Desa Baru siap mengajukan proposal agar bisa segera mendapatkan program “DUMISAKE” tersebut,” ujar Senu.

Sementara itu Kepala Desa Baru, Habib SPdi pada dialog reses Anggota DPRD Provinsi Jambi tersebut mengatakan, atas nama warga Desa Baru, dirinya berharap agar program “DUMISAKE” yang marupakan program prioritas Gubernur Jambi Al Haris bisa direalisasikan guna pemulihan ekonomi warga desa lewat program-program kelompok tani.

Dia juga berharap “DUMISAKE” bisa mendukung potensi Desa Baru, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi bidang sentra pengembangan tanaman bawang merah di Kabupaten Muarojambi yang mulai dirintis kelompok tani. 

Diketahui bahkan hasil ujicoba tenaman bawang merah seluas 1 hektar telah berhasil. Kini sarana ketersediaan air berupa tagmond dan mesin bor air untuk petani bawang merah Desa baru, Kecamatan Mestong masih kurang.

“Semoga nantinya dana “DUMISAKE” bisa membantu pengadaan sarana pengairan tanaman bawang merah di Desa Baru, Kecamatan Mestong,” kata Habib.

Sedangkan Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Muarojambi H Ivan Wirata ST MM MT pada reses itu mengatakan, agar Gubernur Jambi Al Haris pada program 100 hari setelah dilantik jadi Gubernur Jambi definitive Periode 2021-2024 7 Juli 2021 lalu, bisa memberikan harapan kepada petani dan bersedia menjumpai petani yang kini tengah berjuang ditengah dampak pandemic covid-19.

Menurut Ivan Wirata, kini warga Provinsi Jambi mengalami penurunan ekonomi akibat berbagai persoalan akibat dampak pandemic covid-19. “Saya berharap Gubernur Jambi yang baru peka terhap persoalan yang dirasakan rakyat saat ini,” ujarnya.
Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Kabupaten Batanghari-Muarojambi H Ivan Wirata ST MM MT saat bincang bincang dengan peternak sapi kemitraan di Desa Baru, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi, Sabtu (10/7/2021). (Foto: Asenk Lee Saragih)

Seperti diketahui  Gubernur Jambi H Al Haris menyampaikan 12 program prioritas sejalan dengan Visi Misi Gubernur Jambi Periode 2021-2024 “Jambi Mantap” Visi “Terwujudnya Jambi Lebih Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional di Bawah Ridho Allah SAW”. Misi 1.Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan, 2.Memantapkan Perekonomian Masyarakat dan Daerah, 3.Memantapkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal itu disampaikan Gubernur Jambi H Al Haris didampingi Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani pada pidato perdana sebagai Gubernur Jambi pada  Rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi dalam rangka penyampaian pidato gubernur setelah pelantikan Rabu (7/7/2021), di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Jumat (9/7/2021).

Dijelaskan, program prioritas dalam 12 poin itu salah satunya adalah pemulihan dan peningkatan perekonomian daerah yang salah satunya akan didorong melalui program unggulan kami yang diberi tagline “DUMISAKE”. Program unggulan ini terdiri dari lima pilar, yaitu Jambi Cerdas dan Pintar, Jambi Sehat, Jambi Tangguh, Jambi Agamis dan Jambi Responsif. 

“DUMISAKE” ini akan dilaksanakan oleh Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Jambi untuk kegiatan-kegiatan yang menjadi kewenangan provinsi dan sebagian lainnya yang bukan kewenangan akan dilakukan melalui mekanisme bantuan keuangan.(JP-Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

Dirgahayu RI Ke 76

Dirgahayu RI Ke 76
Dra Hj Elviana MSi

JAMBI MANTAP

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Halaman FB Media Lintas Sumatera

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA