. Ivan Wirata: Warga SAD Dusun Tenggalong Bahar Utara Butuh Bansos dan Perbaikan Infrastruktur Jalan | Jambipos
Home » , , , , » Ivan Wirata: Warga SAD Dusun Tenggalong Bahar Utara Butuh Bansos dan Perbaikan Infrastruktur Jalan

Ivan Wirata: Warga SAD Dusun Tenggalong Bahar Utara Butuh Bansos dan Perbaikan Infrastruktur Jalan

Written By jambipos-online on Senin, 12 Juli 2021 | 21:59

H Ivan Wirata ST MM MT (KIRI) mengunjungi warga SAD di Dusun Tenggalong, Desa Pinang Tinggi, Kecamatan Bahar Utara, Kabupaten Muarojambi, Senin (12/7/2021). (Foto-Foto: Asenk Lee Saragih)

Jambipos, Muarojambi- Ratusan warga Suku Anak Dalam (SAD) di Dusun Tenggalong, Desa Pinang Tinggi, Kecamatan Bahar Utara, Kabupaten Muarojambi membutuhkan bantuan sosial berupa bahan pokok dalam menghadapi dampak pandemik covid-19. Warga Dusun Tenggalong juga membutuhkan usaha mikro kecil menangah (UMKM) dalam meningkatkan ekonomi warga.

Selain itu, warga Dusun Tenggalong juga membutuhkan sarana pendidikan dan surat tanda kependudukan berupa kartu keluarga, kartu tanda penduduk dan surat akta pernikahan. Warga juga mengeluhkan kondisi infrastruktur ditengah lahan hak guna usaha (HGU) PT Perkebunan Nusantara VI wilayah Bahar Utara, Muarojambi.


Hal itu diungkapkan Juardi, Kepala Dusun Tenggalong, Desa Pinang Tinggi, Kecamatan Bahar Utara saat dialog warga pada Reses Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi Fraksi Golkar Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Muarojambi-Batanghari H Ivan Wirata ST MM MT di Dusun Tenggalong, Desa Pinang Tinggi, Kecamatan Bahar Utara, Kabupaten Muarojambi, Senin (12/7/2021). Reses DPRD Provinsi Jambi kali ini mengangkat tema “Melalui reses mari kita jalin silaturahmi dalam rangka menampung dan menjemput aspirasi masyarakat”. 
Reses Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi Fraksi Golkar Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Muarojambi-Batanghari H Ivan Wirata ST MM MT di Dusun Tenggalong, Desa Pinang Tinggi, Kecamatan Bahar Utara, Kabupaten Muarojambi, Senin (12/7/2021). Reses DPRD Provinsi Jambi kali ini mengangkat tema “Melalui reses mari kita jalin silaturahmi dalam rangka menampung dan menjemput aspirasi masyarakat”. 

Menurut Juardi, persoalan yang dihadapi warga Dusun Tenggalong saat ini adalah persoalan ekonomi, khususnya kebutuhan pangan dalam menghadapi dampak pandemic covid-19. Pihaknya memohon H Ivan Wirata agar bisa menyuarakan aspirasi mereka untuk mendapatkan bantuan sosial.

“Warga Dusun Tenggalong kini membutuhkan UMKM untuk menggerakkan roda perekonomian warga. Warga Dusun Tenggalong kini mayoritas Suku Anak Dalam yang tingkat pendidikannya rendah, sehingga butuh bimbingan dari pemerintah. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pak Ivan Wirata yang sudah berhasil memperjuangkan pengadaan aliran listrik ke dusun kami ini. Pak Ivan Wirata ini satu-satunya anggota dewan pernah mengunjungi kami. Kini kali kedua Pak Ivan Wirata mengunjungi kami,” ujar Juardi.

Pada kesempatan yang sama Kepala Desa (Kades) Pinang Tinggi, Edy Sudarminto Harahap SKom menambahkan, persoalan infrastruktur juga menjadi kendala yang dihadapi warga. Terlebih akses menuju desa mereka seperti dari Panerokan dan jalan kondisi jalan desa.

Edy Sudarminto Harahap mengatakan, kini pembangunan pemberdayaan masyarakat di Dusun Tenggalong yang sudah terealisasi adalah sarana air bersih, MCK, bedah rumah, aliran listrik. 

“Kami juga berencana membangun Balai Adat Desa. Kesulitan kami saat ini adalah soal jalan desa yang berada di lahan HGU PTPN VI yang tidak bisa kami bangun karena bukan tanah desa. Kami mohon bantuan Pak Ivan Wirata untuk mengkomunikasikan hal ini kepada pihak PTPN VI Jambi agar bisa membangun jalan desa yang berada di lahan HGU,” ujar Edy Sudarminto Harahap.

Sementara Tokoh Masyarakat Dusun Tenggalong Edi Sargai mengatakan, agar Anggota DPRD Provinsi Jambi H Ivan Wirata bisa memperjuangkan agar akses jalan Dusun Tenggalong bisa tembus ke Sungai Bahar agar perekonomian warga bisa bertumbuh. 

Edi Sargai juga meminta agar perbaikan jalan Dusun Tenggalong bisa direalisasikan agar akses ekonomi warga bisa lancer sehingga bisa meningkatkan perekonomian dengan pengambangan UMKM.

Menanggapi keluhan warga itu, H Ivan Wirata  berjanji akan menyuarakan aspirasi warga lewat program pokok pikiran dewan dan juga mengajak dinas terkait agar turun ke lokasi. 

“Awalnya saya mendapat kabar lewat media sosial soal keberadaan warga Dusun Tenggalong yang mayoritas Suku Anak Dalam yang kekurangan pangan, sehingga hanya makan indomi dan tinggal di rumah yang kurang layak. Jadi saat Idul Fitri Tahun 2021 hari kedua saya mengunjungi Dusun Tenggalong ini,” ujar Ivan Wirata, yang juga mantan Kadis PUPR Provinsi Jambi ini. 

“Memang hidup mereka memprihatinkan. SAD adalah warga yang pertama ada di Jambi namun mereka masih terbelakang. Saya berharap agar pemerintah bisa memberikan perhatian kepada SAD di Dusun Tenggalong dan memanusiakan mereka. Kita prihatin melihat kehidupan mereka saat ini yang mata pencahariannya hanya sebagai buruh kebun. Warga SAD Dusun Tenggalong butuh pendampingan,” kata Ivan Wirata.

Menurut Ivan Wirata, dirinya telah memperjuangkan aliran listrik oleh PLN dan bedah rumah dan MCK lewat program desa. Dalam waktu dekat Dusun Tenggalong juga akan diperjuangkan replanting sawit sebesar 4000 batang dan pembangunan jalan usaha tani.

Pada reses H Ivan Wirata ST MM MT di Dusun Tenggalong, Desa Pinang Tinggi, Kecamatan Bahar Utara, Kabupaten Muarojambi, Senin (12/7/2021) turut dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Muarojambi Taufik (Gerindra), puluhan warga Dusun Tenggalong, Babhinkantibmas Desa Pinang Tinggi, AIPDA Huda A Pratama, Babinsa Desa Pinang Tinggi Koptu Zulkarnaen, Pengurus Organisasi Jaringan Pendampingan Kebijakan Pembangunan (JPKP) Kabupaten Muarojambi dan tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. 
Kepala Desa (Kades) Pinang Tinggi, Edy Sudarminto Harahap SKom.
   
Pada kesempatan itu H Ivan Wirata juga memberikan bantuan kepada seorang warga Dusun Tenggalong untuk perobatan anaknya yang tengah sakit. Diakhir acara H Ivan Wirata juga membagian makanan nasi kotak dan makana ringan serta masker. Reses ini tetap mematuhi prokes. 

Diketahui warga Desa Pinang Tinggi berjumlah  361 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah penduduk 1398 jiwa. Perangkat Desa Pinang Tinggi yakni Kades Edy Sudarminto Harahap SKom, Sekdes Nurul Fitriani SPd, Kepala Seksi Pemerintahan Sidik Fauzi,  Kepala Seksi Pelayanan dan Kesejahteraan Abrar Resky.

Kemudian Kepala Urusan Keuangan Rizki Kurniawan SE, Kepala Urusan Umum dan Perencanaan Nurmalasari Lubu SPt. Acara reses diakhiri dengan Doa dan foto bersama. (JP-Asenk Lee Saragih)






Juardi, Kepala Dusun Tenggalong











Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

JAMBI MANTAP

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Halaman FB Media Lintas Sumatera

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA