. Gubernur Jambi Periode 2021-2024 H Al-Haris –Kh Abdul Sani Dilantik Rabu 7 Juli 2021 | Jambipos
Home » , , , , » Gubernur Jambi Periode 2021-2024 H Al-Haris –Kh Abdul Sani Dilantik Rabu 7 Juli 2021

Gubernur Jambi Periode 2021-2024 H Al-Haris –Kh Abdul Sani Dilantik Rabu 7 Juli 2021

Written By jambipos-online on Selasa, 06 Juli 2021 | 18:31


Jambipos, Jambi
- Kabiro Otonomi Daerah (Otoda) Setda Provinsi Jambi Rahmad Hidayat memastikan kalau Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi Periode 2021-2024 terpilih hasil Pilkada Desember 2020 H Al-Haris –Kh Abdul Sani akan dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Rabu (7/7/2021).

“Iya besok akan dilantik sekitar Pukul 15.30 WIB di Istana Negara. Pelantikan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi terpilih Periode 2021-2024 akan dihadiri oleh Mensesneg, Mendagri, Kominfo dan Seskab,” kata Rahmad Hidayat.

Tekad Gubernur 

Sementara itu, Gubernur Jambi hasil Pilgub Jambi 9 Desember 2020 dan PSU Pilgub Jambi 27 Mei 2021, Al Haris di Jambi baru-baru ini mengatakan, pihaknya bertekad mencari berbagai solusi untuk melakukan percepatan pembangunan Jambi di masa pandemi.

Al Haris yang berpasangan dengan Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani pada Pilgub Jambi mengatakan sudah menyusun berbagai prioritas pembangunan untuk membangkitkan ekonomi Jambi setelah dilantik nanti jadi Gubernur Jambi periode 2021 – 2024.


Prioritas pertama pembangunan di daerah itu, yaitu penanggulangan Covid-19. Provinsi Jambi tahun ini berupaya menekan kasus Covid-19 agar pemulihan ekonomi dan kegiatan sosial masyarakat dapat dipercepat. Kemudian Provinsi Jambi juga akan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur jalan ke sentra-sentra produksi, pengembangan kawasan kampung pangan terpadu, sentra produksi ternak & kelautan.

Selain itu dicanangkan juga  percepatan pembangunan pabrik aspal karet, percepatan hilirisasi produk-produk pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan serta percepatan pembangunan kawasan industri dan pelabuhan Ujung Jabung di pantai timur Provinsi Jambi.

Di sektor ekonomi rakyat, lanjut Al Haris, Pemprov Jambi nantinya akan membangun sinergi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dengan Usha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di bidang peningkatan produksi dan pemasaran produk.

Sementara Menurut Direktur Media dan Publikasi Haris-Sani, Musri Nauli, untuk mencapai target pembangunan Jambi di masa kepemimpinan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi, Al Haris – Abdullah Sani empat tahun ke depan, anggaran yang disipakan mencapai Rp 1,6 triliun.

Dana tersebut diprioritaskan untuk percepatan ekonomi, yakni program pemberian bantuan dua miliar satu kecamatan (Dumisake). Dana yang dibutuhkan  untuk program pemberdayaan ekonomi 141 kecamatan di Provinsi Jambi tersebut sekitar Rp 282 miliar. Sedangkan untuk membantu pembangunan desa disiapkan anggaran  Rp 60 juta untuk setiap desa. Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan ekonomi sebanyak 1.399 desa di daerah itu mencapai Rp 83,9 miliar.

Menurut Musri Nauli, pembangunan ekonomi rakyat di Jambi juga akan dipercepat melalui pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Setiap UMKM di Jambi akan mendapat bantuan Rp 10 juta. Jadi total dana yang akan disiapkan untuk membantu 3.000 unit UMKM di Jambi mencapai Rp 30 miliar.

“Total APBD Provinsi Jambi tahun 2021 mencapai Rp 4,2 triliun. Sekitar Rp 1,3 triliun APBD digunakan untuk belanja pegawai. Sekitar Rp 1,6 triliun APBD tersebut akan dimanfaatkan untuk program percepatan ekonomi rakyat. Jadi kami berharap di tahun pertama kepemimpinan Al Haris – Abdullah Sani, Provinsi Jambi bisa lepas dari himpitan ekonomi akibat pandemi ini,”katanya.(JP-Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

Dirgahayu RI Ke 76

Dirgahayu RI Ke 76
Dra Hj Elviana MSi

JAMBI MANTAP

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Halaman FB Media Lintas Sumatera

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA