Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Memaknai Imlek 2572, Pangeran Simanjuntak Kunjungi Kediaman Guan San

Wakil Ketua DPRD Kota Jambi Pangeran HK Simanjuntak SE MSi dan Guan San, Saksi hidup jatuhnya pesawat Catalina RI-005 di Sungai Batanghari Desa Sijenjang Tanjung Johor, Kota Jambi.(Istimewa)

Jambipos, Jambi
-Guna memaknai Perayaan Tahun Baru Imlek 2572 Tahun 2021 yang jatuh pada Jumat 12 Februari 2021, Wakil Ketua DPRD Kota Jambi Pangeran HK Simanjuntak SE MSi dari Fraksi NasDem mengunjungi saksi sejarah perjuangan rakyat Jambi yakni Guan San, Saksi hidup jatuhnya pesawat Catalina RI-005 di Sungai Batanghari Desa Sijenjang Tanjung Johor, Kota Jambi.

Dalam kunjungan “Menjalin Silaturahmi Menjaga Keberagaman” ini, Pangeran Simanjuntak didampingi seorang milenial, Pewara di sebuah stasiun televisi, Kamis (11/2/2021). Pesawat Catalina RI-005 yang jatuh di Sungai Batanghari Desa Sijenjang Tanjung Johor Jambi merupakan Pesawat Amfibi yang menjadi lambang perjuangan rakyat Jambi melawan penindasan penjajah kala itu.


Pesawat yang kini replikanya terpajang di depan Museum Perjuangan Rakyat Jambi ini dibeli atas inisiatif dari warga Jambi untuk mengumpulkan segala hasil bumi yang oleh pejuang kemudian dipergunakan untuk menyewa pesawat tersebut dari Veteran Australia R. Cobley.

“Bapak Guan San, pejuang suku Tionghoa yang mengabdikan masa mudanya untuk memperjuangkan tanah tempat kita berpijak ini. Bahkan, tahun 1991 buah dari kecintaan nya, pesawat Catalina RI 005 diangkat ke permukaan dan menjadi bukti bahwa tanah ini diperjuangkan oleh semua golongan, dan seharusnya tempat berlindung semua Ras Suku dan Golongan,” ujar Pangeran Simanjuntak.

“Di akhir pembicaraan kami, Bapak Guan San berpesan agar para generasi muda menjaga tanah yang ia perjuangkan bersama teman pejuang lainnya ini dengan menghargai keberagaman dan kesatuan. Gong Xi Fa Cai. Selamat Hari Imlek buat seluruh saudaraku sebangsa setanah air yang merayakannya. Wakil Rakyat yang tanpa rakyat bukan wakil,” kata Pangeran Simanjuntak dengan menambahkan hastag #Imlek2021, #Kadernasdem, #Menjagakeberagaman. (JP-Asenk Lee Saragih)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar