Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Pj.Sekda Harapkan Peningkatan dan Pengelolaan Potensi Minyak dan Gas Provinsi Jambi Semakin Baik

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H.Sudirman,SH,MH, menerima kunjungan SKK Migas di Ruang Kerja Gubernur Jambi, Selasa (10/3/2020).(Humas)
Jambipos, Jambi-Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H.Sudirman,SH,MH, menerima kunjungan SKK Migas di Ruang Kerja Gubernur Jambi, Selasa (10/3/2020).

Adanya kegiatan eksplorasi Minyak dan Gas di Provinsi Jambi guna menemukan potensi atau ketersediaan sumber daya energi menjadi maksud kunjungan pihak SKK Migas kepada Pemerintah Provinsi Jambi. 

"Tahapan saat ini masih ekplorasi dan kita harapkan ada sumber energi minyak dan gas yang ditemukan," ujar Sudirman,SH,MH.

Eksploitasi sumber daya energi minyak dan gas di Provinsi Jambi menjadi harapan yang diungkapkan Sekda pada saat wawancara.

"Perusahaan Repsol ini yang datang juga sudah terkenal dalam dunia otomotif termasuk tadi dibicarakan Partisipating Interest yang ditawarkan untuk daerah 10% dimana masing-masing provinsi dan kabupaten/kota harus menyiapkan BUMD induk dan ada BUMD anaknya yang harus dibentuk dan betul-betul berjalan proporsional karena merekalah yang akan menjalankan," ungkap Pj.Sekda.

Dengan PI 10% itu Pj.Sekda menegaskan beberapa daerah memang harus segera dibenahi karena memang kepengurusan BUMD rata-rata itu masih belum berjalan baik.

"Semakin intens pertemuan dengan SKK Migas untuk memperoleh kepastian pertisipasi dan kita bisa lebih cepat untuk bisa membenahi BUMD," tegas Pj.Sekda.

Berdasarkan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mewajibkan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) mengelola Wilayah Kerja (WK) baru atau perpanjangan untuk menawarkan Participating Interest sebesar 10 persen kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 37 Tahun 2016 menjelaskan daerah dapat menikmati hasil dari kekayaan migasnya dengan PI 10%.

Kepala SKK Migas Sumbagsel Adiyanto A.Handoyo menerangkan ada enam eksplorasi diwilayah Provinsi Jambi yang juga menjadi daerah penyumbang minyak dan gas nasional. "Kerjasama yang baik dapat lebih ditingkatkan dibidang produksi," ujar Adiyanto.(JP-Hms/Lee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar