Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Mengabadikan Pernikahan Chrisna Hardyanti Br Panjaitan SH dengan Christian Valentino Saputra

Pdt Ir AM Sibarani MTh memberikan Surat Tanda Pernikahan Kudus kepada kedua mempelai Chrisna Hardyanti Br Panjaitan SH dengan Christian Valentino Saputra. Pemberkatan Pernikahan Kudus dilangsungkan di Gedung Sumatera Hotel Ratu Kota Jambi oleh GBI Abadi Jambi, Sabtu (7/9/2019) Pukul 10.00 WIB hingga Pukul 13.00 WIB. Foto-Foto Asenk Lee Saragih

Jambipos, Jambi-Tuhan yang menjadikan segala sesuatunya indah pada waktunya. Dia yang mempertemukan dan menyatukan Putra-Putri Umat-Nya dalam ikatan pernikahan kudus. “Kiranya Engkau sekarang berkenan memberkati keluarga hamba-Mu ini, supaya tetap ada di hadapan-Mu untuk selama-lamanya. Sebab apa yang Engkau berkati, ya Tuhan, diberkati untuk selama-lamanya,” (1 Tawarikh 17: 27). 

Demikian Firman Tuhan yang tertulis dalam Undangan Pernikahan dan Resepsi Nasional  Chrisna Hardyanti Br Panjaitan SH dengan Christian Valentino Saputra. Pemberkatan Pernikahan Kudus dilangsungkan di Gedung Sumatera Hotel Ratu Kota Jambi oleh GBI Abadi Jambi, Sabtu (7/9/2019) Pukul 10.00 WIB hingga Pukul 13.00 WIB. 

Chrisna Hardyanti Br Panjaitan SH merupakan anak keluarga M Gustaf Panjaitan (Alm)/ M Br Napitupulu atau adik bungsu dari 10 bersaudara keluarga besar Ir PB Panjaitan MM/ Dra Suryantini Br Silaen M Min, Telanaipura Kota Jambi. Sementara mempelai pria  Christian Valentino Saputra, putra dari Keluarga Sabha Mitra/ Tina Sofa SH. 

Rangkaian prosesi pemberkatan nikah dimulai dengan Pujian mempersilahkan kedua mempelai memasuki ruangan dengan diiringi lagu “Sbab Kau Besar” dan hadirin berdiri sambil memandang kea rah kedua mempelai yang memasuki ruangan. Selanjutnya pemimpin pujian mempekenalkan pasangan pengantin kepada hadiran yang hadir dan doa pembuka. 




 Kemudian penyampaian Firman Tuhan oleh Pdt Ir AM Sibarani MTh (GBI Abadi Jambi). Usai Ibadah lanjut kepada prosesi Upacara Pemberkatan Nikah dengan mempersilahkan kedua mempelai bangkit berdiri dan mengajukan pertayaan kepada kedua mempelai Christian Valentino Saputra dan Chrisna Hardyanti Br Panjaitan SH. 

“Sekarang dihadapan Tuhan, hamba Tuhan, serta jemaat sebagai saksi, jawablah pertayaan ini dengan jelas, bahwa dihadapan Tuhan kalian berdua akan berkasih-kasihan dan saling setia sampai akhir hayatmu. Karena itu, saya bertanya kepada kedua mempelai, maukah kalian berdua saling mengasihi sampai mati?,” tanya  Pdt Ir AM Sibarani MTh kepada kedua mempelai. “Ya kami mau,” jawab kedua mempelai Christian Valentino Saputra dan Chrisna Hardyanti Br Panjaitan SH serentak. Kemudian Pdt Ir AM Sibarani MTh bertanya kepada mempelai pria Christian Valentino Saputra. 

“Saudara Christian Valentino Saputra dihadapan Tuhan, hamba Tuhan dan jemaat sebagai saksi, maukah engkau menerima saudari Chrisna Hardyanti Br Panjaitan SH yang sekarang berada disisimu sebagai istrimu, baik dalam keadaan sehat maupun sakit, dalam keadaan suka maupun duka, dan mau mengasihi dia sama seperti Kristus mengasihi jemaat-Nya?,” tanya Pdt Ir AM Sibarani MTh dan langsung dijawab oleh Christian Valentino Saputra “Ya, saya mau”. Selanjutnya Pdt Ir AM Sibarani MTh bertanya kepada mempelai wanita. 

“Saudari Chrisna Hardyanti Br Panjaitan SH dihadapan Tuhan, hamba Tuhan dan jemaat sebagai saksi, maukah engkau menerima saudara Christian Valentino Saputra yang sekarang berada disisimu sebagai suamimu, baik dalam keadaan sehat maupun sakit, dalam keadaan suka maupun duka, dan mau mengasihi dia sama seperti Kristus mengasihi jemaat-Nya?,” tanya Pdt Ir AM Sibarani MTh dan langsung dijawab oleh Chrisna Hardyanti Br Panjaitan SH “Ya, saya mau”. 

Kemudian Pdt Ir AM Sibarani MTh memandu prosesi acara pengucapan ikrar atau janji Nikah kepada kedua mempelai dengan berhadapan wajah dan diteruskan tanda tangan janji nikah sembari diiringi lagu pujian “Bersama Mu Bapa”. 

Selanjutnya acara tukar cincin kedua mempelai menghadap kedepan mimbar. Diaken membantu menyerahkan cincin kepada Pendeta. Pdt Ir AM Sibarani MTh mengangkat cincin dan berkata kepada pengantin Pria. 

“Saudara Christian Valentino Saputra, cincin yang bulat ini melambangkan kasih Kristus yang sempurna, yang tidak ada putus-putusnya, yang akan mengikat engkau dengan saudari Chrisna Hardyanti Br Panjaitan. Terimalah cincin ini dan pasangkan pada jari manis kanan saudari Chrisna Hardyanti Br Panjaitan,” ujar Pdt Ir AM Sibarani MTh dan langsung dilaksanakan oleh pengantin pria.

“Saudari Chrisna Hardyanti Br Panjaitan, cincin yang bulat ini melambangkan kasih Kristus yang sempurna, yang tidak ada putus-putusnya, yang akan mengikat engkau dengan saudara Christian Valentino Saputra. Terimalah cincin ini dan pasangkan pada jari manis kanan saudara Christian Valentino Saputra ,” ujar Pdt Ir AM Sibarani MTh dan langsung dilaksanakan oleh pengantin wanita. 



 Usai tukar cincin, kedua mempelai berlutut diiringi lagu pujian “Bersama Mu Bapa”, Pdt Ir AM Sibarani MTh menumpangkan tangan mempelai pria diatas tangan wanita dan Memberkati Pernikahan Kudus Chrisna Hardyanti Br Panjaitan SH dengan Christian Valentino Saputra. 

“Di dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus yaitu Tuhan Yesus Kristus, untuk menjadi suami-istri yang sah. Dengan demikian kamu bukan lagi dua melainkan satu. Karena itu apa yang dipersatukan Allah tidak boleh diceraikan manusia,” kata Pdt Ir AM Sibarani MTh sembari menumpangkan tangan diatas kepala kedua mempelai. 

Prosesi pemberkatan nikah selanjutnya yakni pembukaan cadar. Pengantin Pria diminta membuka cadar mempelai wanita dan memberikan ciuman kudus dan pelukan kasih sembari diiringi pujian “Dengan Apa Kan Ku Balas”. Kemudian kedua mempelai melanjutkan Perjamuan Kudus. Diaken memberikan roti dan anggur. 

“Perjamuan kudus ini adalah lambang persekutuan antara jemaat sebagai mempelai perempuan dan Kristus mempelai laki-laki. Mereka bukan lagi dua melainkan satu, yakni satu hati, satu iman, satu baptisan. Mereka saling membagi hidup untuk kepentingan bersama,” ujar Pdt AM Sibarani dan kedua mempelai saling memberikan roti, lalu mempelai pria terlebih dahulu minum anggur dan kemudian sisanya untuk mempelai wanita.

  Keluarga Besar Panjaitan membawakan lagu Pujian Berjudul “Partondionki”.

Pada kesempatan ini, Keluarga Besar Panjaitan membawakan lagu Pujian Berjudul “Partondionki”. “Diparmahan Tuhan I do parngoluonki. Diparorot Tuhan I do partondionki. Tung mansai basa doi Tuhan di ngoluki. Di togu au ditogu do sian na golap i. Uju dina lilu au tangis do tondiki. Uju dina lilu au dao sian Ho Tuhan. Sau gulut di arta do di parngolun ki. Asi roham di au Tuhan hu somba do Ho. Ho do Rajaku…Ho do Rajaku. Husomba Ho Tuhan hu Somba Ho Tuhan. Ho do Rajaku Ho do Rajaku. Di sesa Ho do na sa dosaki”.  

Pada akhir prosesi pernikahan ini, Pdt Ir AM Sibarani memberikan kenang-kenangan dari gereja kepada mempelai berupa Alkitab. Selanjutnya ucapan terimakasih kedua mempelai kepada orang tua masing-masing disertai dengan pemberian bunga. Dan pada akhir prosesi pernikahan kudus, Pdt Ir AM Sibarani memproklamirkan pasangan suami-istri atau keluarga baru kepada jemaat yang hadir. 

“Pada hari ini Sabtu 7 September 2019, mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Dan inilah pasangan suami-istri atau keluarga baru di Kota Jambi “Tuan dan Nyonya” Christian Valentino Saputra,” kata Pdt AM Sibarani sembari disambut sorak-sorai bagi kemuliaan nama Tuhan dan disambut lagu pujian “Ku Bersyukur Bapa”. 

Sambutan Ir PB Panjaitan MM 

Usai ibadah pemberkatan, Ir PB Panjaitan MM memberikan sambutan dari keluarga besar mempelai wanita. PB Panjaitan menceritakan keluarga besar dari adik paling bungsu meraka yakni Chrisna Hardyanti Br Panjaitan.
  Ir PB Panjaitan MM memberikan sambutan dari keluarga besar mempelai wanita.

“Terimakasih kepada semuanya, khususnya Pendeta  AM Sibarani dan Jemaat GBI Jambi yang telah melaksanakan Ibadah Pemberkatan Pernikahan ini dengan baik. Puji Tuhan, ini merupakan Anugrah Tuhan bagi kita semua,” ujar PB Panjaitan MM. 

Kata PB Panjaitan MM (Mantan Kadis PUPR Provinsi Jambi) ini, Chrisna Hardyanti Br Panjaitan merupakan anak paling bungsu dari 10 bersaudara dari pasangan M Gustaf Panjaitan (Op.Juanda) (+) M Br Napitupulu. Sepuluh bersaudara itu hadir pada pemberkatan nikah Chrisna Hardyanti Br Panjaitan ini. 

Meraka adalah Kombes Pol (P) Drs Bachtiar Panjiatan SE/ Ati Suryati Br Marpaung BA, Ir Bernhard Panjaitan MM/Dra Suryantini Br Silaen M Min, Bobby Panjaitan/ Lies Br Marpaung, Ir Budiman Panjaitan/ Drg Mallemin Br Brahmana M Kes, Ny Mangihut Simatupang, Rumintang Br Panjaitan, Ny Anton Siahaan, Dra Rukiyah Br Panjaitan, Ny Kombes Pol (P) Drs L.P Siahaan, Rita Megawati Br Panjaitan STh, Ny Letkol Pol (P) Drs S.A.Siregar, Happy Dahlia Murniwati Br Panjaitan dan Capt Robinson Maruli Sinaga/Amyda Suryani Br Panjaitan S.Pi M.Si. Disebutkan, sejak kecil hingga tamat kuliah dari Unja, Chrisna Hardyanti Br Panjaitan tinggal dengan  keluarga Ir Bernhard Panjaitan MM/Dra Suryantini Br Silaen M Min di Jambi. “Sejak Ibu kami meninggal tahun 1992, ayah kami M Gustaf Panjaitan (Op.Juanda) menikah kembali dengan M Br Napitupulu. Lahirlah adik kami paling bungsu yakni Chrisna Hardyanti Br Panjaitan. Pada tahun 1994 ayah kami M Gustaf Panjaitan (Op.Juanda) meninggal dunia. Kemudian keluarga sepakat dan Chrisna Hardyanti Br Panjaitan tinggal bersama kami. Dan pada hari ini juga Ibu kami M Br Napitupulu hadir disini bersama kita,” ujar PB Panjaitan, pencipta Lagu “Holong“ ini. 

“Kami bersepakat, karena pestanya di Jambi, jadi saya dinobatkan mewakili keluarga besar sebagai orang tua dari Chrisna Hardyanti Br Panjaitan. Kami mohon maaf atas mewakili hal ini. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada keluarga Sabha Mitra/ Tina Sofa SH yang ikut membina Chrisna selama 5 tahun bertemen dengan Christian Valentino Saputra. Kami siap menjalin hubungan keluarga dengan keluarga besar Sabha Mitra/ Tina Sofa SH. Kehadiran 10 bersauadara kami disini sebagai wujud sukacita kami atas pernikahan adik bungsu kami,” ujar PB Panjaitan. 

PB Panjaitan juga mengajak seluruh undangan untuk hadir pada Respsi Nasional Pernikahan Chrisna Hardyanti Br Panjaitan SH dengan Christian Valentino Saputra di Gedung Ratu Convention Center (RCC) Broni Kota Jambi, Sabtu (7/9/2019) Pukul 19.00 WIB. 

Sementara besan dari Ir PB Panjaitan MM yakni Drs Saur Hutabarat/Yuniar br Silitonga BA (Op ni si Calista) hadir pada Ibadah Pernikahan dan Resepsi Nasional ini. Resepsi Nasional akan dihibur oleh Artis Batak Jambi PN Trio (Martogi Simbolon-Goxen Purba-Jaya Sihombing) dan Trio Altova (Fauzan Samosir-Tono Butar-Butar-Alex Zebua) atau "Holong Voice" dengan Kyboris Bang Ubay. Selamat Berbahagia. 

Di halaman Gedung RCC Jambi terlihat sejumlah karangan bunga papan ucapan Berbagia kepada Kedua Keluarga Mempelai. (JP-Asenk Lee Saragih)  

 Gallery Foto Pernikahan Chrisna Hardyanti Br Panjaitan SH dengan Christian Valentino Saputra 














Keluarga Besar Panjaitan membawakan lagu Pujian Berjudul “Partondionki”.

Keluarga Besar Panjaitan membawakan lagu Pujian Berjudul “Partondionki”.


















Pernikahan Chrisna Hardyanti Br Panjaitan SH putrid dari Keluarga M Gustaf Panjaitan (Alm)/ M Br Napitupulu dengan Christian Valentino Saputra putra dari Keluarga Sabha Mitra/ Tina Sofa SH, Sabtu (7/9/2019) Pukul 10.00 WIB hingga Pukul 13.00 WIB. Foto Asenk Lee Saragih


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar