Home » , , , » Ivan Wirata Saatnya untuk Mengaktualisasikan Aspirasi Rakyat

Ivan Wirata Saatnya untuk Mengaktualisasikan Aspirasi Rakyat

Written By jambipos-online on Senin, 09 September 2019 | 17:25

Pelantikan 55 Anggota DPRD Provinsi Jambi Periode 2019-2024
H Ivan Wirata ST MM MT.
Jambipos, Jambi-Ada kata bijak mengatakan, kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Tentunya apa yang diusahakan seseorang untuk meraih cita-cita tak selamanya berjalan mulus. Tentu ada tantangan-tantangan yang harus dihadapi. Tapi kegagalan yang dihadapi, merupakan pemacu semangat untuk bekerja keras dalam mencapai kesuksesan itu.

Terbukti sudah. Kegagalan yang dihadapi H Ivan Wirata ST MM MT saat maju di Pilkada Muarojambi 15 Februari 2017 lalu, ternyata tak membuatnya patah arang untuk terjun di dunia politik.

Melalui kerja keras dengan pengorbanan materil, waktu dan pikiran, H Ivan Wirata terus menjaga hubungan baik dengan masyarakat yang mengenalnya di Kabupaten Muarojambi. Guna mewujudkan niat politiknya itu, akhirnya Ivan Wirata maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Jambi Dapil Muarojambi-Batanghari dengan Slogan “Salam 4 Jari IW Berjaya”.

Dengan tak henti-hentinya blusukan menyapa masyarakat, akhirnya pada Pileg Rabu 17 April 2019 lalu, H Ivan Wirata mendapat mandat dari masyarakat Muarojambi-Batanghari dengan total perolahan suara 13.468.000 suara untuk duduk sebagai Anggota DPRD Provinsi Jambi Periode 2019-2024.


Dukungan dari Istri tercinta Refa Febrianti serta anak-anaknya, membuat H Ivan Wirata yang pada Rabu 27 Maret 2019 genap berusia 51 tahun, lebih semangat dan fokus untuk melakukan silaturahmi di Muarojambi dan Batanghari selama beberapa bulan lamanya.

Hari ini Senin 9 September 2019,  H Ivan Wirata ST MM MT bersama 55 Anggota  DPRD Provinsi Jambi Periode 2019-2024 resmi dilantik di Gedung DPRD Provinsi Jambi Dalam Sidang Paripurna Istimewa Pengambilan Sumpah Janji 55 Anggota DPRD Provinsi Jambi Periode 2019-2024.

H Ivan Wirata yang tinggal di Jalan Perdana Raya Lorong Sidodadi RT 06 No 6, Kelurahan Paal 5, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi  ini, akan mengaktualisasikan aspirasi rakyat dalam setiap kebijakan pemerintah.

Dalam dunia politik memang tak semudah membalikkan tangan. Namun dunia politik membuat orang bisa untuk mengaktualisasikan buah pikiran dalam suatu kebijakan dalam pemerintahan. Hal ini juga yang akan diupayakan seorang Ivan Wirata.

Seorang Ivan Wirata telah menabur kebaikan lewat silaturahmi sukacita, simpati dukacita hingga kegiatan kerohanian. Dengan slogan “Salam 4 Jari IW Berjaya”, IW sudah menabur banyak benih kebaikan lewat kegiatan rohani dan juga pendidikan politik dan berdemokrasi yang baik kepada masyarakat. Juga telah banyak menampung aspirasi rakyat. Pada akhirnya, hasilnyapun baik. 

Tinggalkan Jabatan

IW, sapaan akrab Ivan Wirata, adalah seorang pejuang tangguh dan militansinya terhadap Provinsi Jambi tak diragukan lagi. Rela meninggalkan jabatan strategis sebagai Kadis PU Provinsi Jambi (2011-2014), hanya ingin punya niat untuk berbuat lebih kreatif dan bijak dalam membangun Jambi. Dan itu juga niatnya saat maju di Pilkada Muarojambi 2017 lalu.

Namun fakta berkata lain, Ivan Wirata belum mendapatkan daulat dari setengah penduduk Kabupaten Muarojambi. Namun kegagalan di Muarojambi menjadikan Ivan Wirata untuk membulatkan tekad untuk berbuat lagi untuk Provinsi Jambi lewat Slogan 4G (Golkar Bersih, Golkar Maju, Golkar Bangkit, Golkar Menang).

Bersama Golkar
 
Instrumen pembangunan daerah awalnya digodok di lembaga legislative atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Maju mundurnya pembangunan daerah tergantung dari peran aktif wakil rakyat di gedung dewan. Sebab setiap program pembangunan harus melalui pembahasan di dewan legislative untuk dijalankan pihak eksekutif. Peran aktif anggota dewan dalam menyuarakan aspirasi masyarakat sudah menjadi kewajiban sebagai wakil rakyat yang memilihnya.

Citra negative anggota dewan juga harus dirubah ke arah yang positif dengan perbuatan dan perilaku yang baik, berintegritas dan takut akan perbuatan tercela. 

Dengan slogan “4G IW Berjaya” ditambah kata bijak “Ketika Orang Baik Tidak Berpolitik Maka Orang Jahatlah yang akan Berkuasa”  sosok H Ivan Wirata ST MM MT ingin membawa perubahan baik dan citra positif itu di Gedung DPRD Provinsi Jambi.

Niatan H Ivan Wirata untuk menuju Gedung DPRD Provinsi Jambi sudah dimulai sejak Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) SOKSI Pusat H Ade Komaruddin pada Musyawarah Daerah V (Musda) Depidar Soksi V Provinsi Jambi di Novita Hotel Jambi, Selasa (5/12/2017) lalu, agar H Ivan Wirata maju sebagai Caleg Golkar.

H Ivan Wirata yang terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) Organisasi Sentra Organisasi Karyawan Swadiri (SOKSI) Provinsi Jambi disarankan untuk maju sebagai Caleg DPRD  Provinsi Jambi.

“Niat tulus ini sudah saya pertimbangan matang. Saya fokus untuk caleg DPRD Provinsi Jambi. Hal ini saya niatkan karena lebih mudah untuk menyuarakan aspirasi masyarakat untuk pembangunan di Provinsi Jambi,” kata kepada Jambipos saat bertandang ke kediamannya di Kotabaru Kota Jambi belum lama ini.
Menurut IW, niatnya untuk duduk di DPRD Provinsi Jambi untuk merubah prasangkan masyarakat bahwa anggota dewan itu bukan seperti yang mereka bayangkan paska OTT  KPK suap “ketok palu” APBD Provinsi Jambi 2018 dan 12 diantaranya sudah TSK.

“Jika legislative dan eksekutif satu visi dalam penyusunan anggaran, tentu persetujuan anggaran tidak sampai berlarut-larut. Jika dewan juga tidak punya intervensi, proses pengesahan anggaran juga pasti lebih mudah dan tepat waktu. Ini yang harus perlu dirubah di dewan. Sehingga legislative itu merupakan mitra pengawasan proses berjalannya anggaran,” katanya.

Menurut Ivan Wirata, dewan dan organisasi perangkat daerah (OPD) jangan trauma dengan kejadian OTT KPK itu. Namun peristiwa itu menjadi evaluasi semua pihak kedepan sehingga tidak seperti kata bijak “tidak jatuh dua kali pada lobang yang sama”.

Lewat DPRD Provinsi Jambi, Ivan Wirata berniat dan mengabdi untuk ikut membangun Provinsi Jambi, terlebih dalam mendukung program-program Pemprov Jambi, khususnya bidang infrastruktur.
Marwah DPRD

Kerinduan Ivan Wirata merubah marwah dan pandangan masyarakat Provinsi Jambi terhadap DPRD Provinsi Jambi harus diwujudkan. Melalui Partai Politik merupakan jalan satu-satunya untuk merubah anggapan negatif tersebut, yakni duduk menjadi Anggota di DPRD Provinsi Jambi. Visi Misi “Jambi Tuntas 2021” yang diusung Gubernur-Wakil Gubernur Jambi harus diselamatkan lewat tugas dan fungsi DPRD Provinsi Jambi.

“Lewat politik, saya bisa berbuat untuk membangun Provinsi Jambi. Dengan niat dan ketulusan saya siapkan diri untuk berbuat dan bertanggung jawab ikut membangun Provinsi Jambi. Sudah saatnya marwah dan tufoksi Anggota DPRD Provinsi Jambi diperbaiki sehingga rakyat percaya dan iklas untuk memilih wakilnya di dewan,” ujarnya.

Menurutnya, anggapan dan kepercayaan masyarakat terhadap Anggota DPRD Provinsi Jambi yang duduk saat ini sudah pesimis. Hal ini pasca OTT Tim Satgas KPK di Jambi November 2017 lalu.

Dari keterangan para terpidana dan keterangan saksi-saksi di persidangan serta pernyataan KPK bahwa anggota dan Pimpinan DPRD Provinsi Jambi terseret didalamnya (12 kini TSK). Tentu hal ini menimbulkan rasa pesimisme masyarakat terhadap anggota dewan dan tufoksinya sebagai wakil rakyat.
Anggota Fraksi Golkar DPRD Provinsi Jambi Periode 2019-2024.
“Bahkan yang miris lagi, dari hasil studi banding dewan ke sejumlah provinsi lain, tak pernah diimplementasikan dengan organisasi pemerintah daerah terkait apa hasil dari studi banding itu. Jadinya studi bandung hanya modus untuk jalan-jalan atau liburan bagi anggota dewan. Bahkan studi banding juga sebagai ajang tempat dan waktu perselingkuhan sesama oknum anggota dewan tersebut. Seperti mantan saya itu, bahkan BK DPRD Provinsi Jambi juga tak berkutik dalam mengusut kasus yang melibatkan oknum anggota dewan,” ujarnya.

Disebutkan, dalam pencapaian Visi dan Misi “Jambi Tuntas 2021” DPRD Provinsi Jambi juga harus ikut andil. Sudah seharusnya program-program Pemprov Jambi dievaluasi yang disampaikan kepada publik.

“Seperti program pengadaan satu kecamatan satu alat berat. Sudah berapa persen program itu berjalan, seharusnya bisa dievaluasi dewan bersama dengan OPD yang bersangkutan. Namun sejauh ini semua berlalu begitu saja. Dewan harus mau mengkritisi pemerintah untuk kebaikan, dan harus bisa dipublikasikan kepada publik secara luas,” ujar mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi ini.

Kata Ivan Wirata, saya akan mengajak seluruh anggota DPRD Provinsi Jambi menyatukan visi dan misi dalam memperhatikan masyarakat dan pembangunan di daerah pemilihan masing-masing. Juga membangun sinergitas dengan pemerintah provinsi dan juga kabupaten kota dalam mewujudkan program pro rakyat.

 “Banyak buah pemikiran saya yang mau saya terapkan bersama-sama dengan anggota dewan yang lain. Kita harus mendorong pemerintah berikut OPD-nya untuk bahu-membahu dalam membangun secara nyata. Sejumlah program pembangunan harus dieksekusi tidak hanya dalam bentuk wacana semata. Program itu misalnya Islamic Center, Sport Center di Sungai Gelam Muarojambi, Pelabuhan Ujung Jabung, FlayOver Tugu Juang, Pembangunan Sekolah Baru dan masih banyak lainnya,” ujar Ivan Wirata. Selamat Sebagai Wakil Rakyat, Semoga Amanah. 
55 Anggota  DPRD Provinsi Jambi Periode 2019-2024.
Perolehan Kursi Parpol DPRD Provinsi Jambi Periode 2019-2024 :
1.PDI P 9 Kursi
2.P. GERINDRA 7 Kursi

3. P. GOLKAR 7 Kursi
4. P. DEMOKRAT 7 Kursi
5. PAN 7 Kursi
P. NASDEM 2 Kursi
6. PKB 5 Kursi
7.PKS 5 Kursi
8.PPP 3 Kursi
9. P. HANURA 2 Kursi
10. P. BERKARYA 1 Kursi

Perolehan Suara Sah Parpol untuk DPRD Provinsi Jambi

PKB 181.438
P. GERINDRA 214.200
PDI P 264.032
P. GOLKAR 205.162
P. NASDEM 106.362
P. GARUDA 7.465
P. BERKARYA 55.232
PKS 134.348
P. PERINDO 60.699
PPP 104.019
PSI 13.760
PAN 187.804
P. HANURA 55.517
P. DEMOKRAT 190.629
PBB 40.546
PKPI 5.820

Caleg Terpilih DPRD Provinsi Jambi Periode 2019-2024:

DAPIL JAMBI 1 (Kota Jambi)

1.PDI P : EDI PURWANTO, SH.I,.M.Si 13.761
2.PKB : KEMAS ALFARABI, S.H,.M.H 5.786
3.P. GERINDRA : ROCKY CANDRA, S.E 16.203
4.P. GERINDRA : BUDI YAKO, S.Kom 8.762
5.P. GOLKAR : Dra. HJ. MAIMAZNAH 4.245
6.P. BERKARYA : RUSDI, S.H 7.380
7.PKS : SUPRIYANTO, M.Si 6.668
8.PPP : IBNU SINA, SE 5.161
9.PAN : Drs. H. RUSLI KAMAL SRG, M.Si 7.796
10.P. DEMOKRAT : HJ. YULI YULIARTI, S.E,.M.M 10.048

DAPIL JAMBI 2 (Batanghari-Muarojambi)

1.PKB : ELPISINA, S.Sos,.M.Si 17.077
2.P. GERINDRA : ABUN YANI, S.H 6.114
3.PDI P : AKMALUDDIN, S.Pd.I 10.459
4.PDI P : NUR TRI KADARINI, S.E,.M.Si,.Ak 6.711
5.P. GOLKAR : H. IVAN WIRATA, S.T,.M.M,.M.T 13.468
6.P. NASDEM : SAPUAN ANSORI 6.497
7.PKS : RADEN FAUZI, AM.Kep 5.835
8.PPP : KAMALUDDIN HAVIS, S.Ag 8.193
9.PAN : RIRIN NOVIANTY, S.E 8.274
10.P. DEMOKRAT : H. BURHANUDDIN MAHIR,S.H 14.045

DAPIL JAMBI 3 (Sarolangun-Merangin)

1.PKB : JUWANDA, S.Pd.I 13.952
2.GERINDRA : M. KHAIRIL, S.T 9.081
3.PDI P : Drs. ABDUL KHAFIDH, M.M 11.112
4.PDI P : ZAINUL ARFAN, S.TP 7.978
5.GOLKAR : PINTO JAYANEGARA,BA,.S.Psi,.M.Si 11.715
6.PKS : H. HAPIS HASBIALLAH, S.E 13.426
7.PPP : EVI SUHIRMAN, S.E 8.109
8.PAN : MUSHARUDIN, S.E 5.893
9. HANURA : IZHAR MAJID 13.242
10. DEMOKRAT : IR. AHMAD FAUZI, MT 6.619

DAPIL JAMBI 4 (Kabupaten Kerinci-Kota Sungaipenuh)

1. GERINDRA : HAKIMAN, S.Pd 5.567
2.PDI P : ZUBIR DAHLAN 9.363
3.GOLKAR : APRIODITO. U 9.180
4.PAN : FADLI SUDRIA, S.E,.M.Hum 13.870
5.DEMOKRAT : EZZATY 33.191
6.DEMOKRAT : Drs. H. HASANI HAMID 4.133

DAPIL JAMBI 5 (Bungo-Tebo)

1.PKB : HJ.EKA MARLINA, S.E,.M.H 15.866
2.GERINDRA : H. BUSTAMI YAHYA, S.H 6.283
3.PDI P : WARTONO TRIYAN KUSUMO, S.E 17.593
4.PDI P : MESRAN, M.M 11.193
5.GOLKAR : MUHAMMAD AMIN 8.521
6.NASDEM : HJ. RAHIMA, S.H 12.068
7.PKS : H. RUDI WIJAYA, S.Si,. Apt 9.199
8.PAN : H. HASIM AYUB, S.H,.M.H 9.315
9.P. HANURA : H. KAMAL. HG 8.199
10.DEMOKRAT : H. HARMAIN, S.E,.M.M 8.542

DAPIL JAMBI 6 (Kabupaten Tanjab Barat-Tanjab Timur)

1.PKB : H. ABDUL HAMID, S.H 9.894
2.GERINDRA : FAIZAL RIZA, S.T,.M.M 7.881
3.PDI P : LUHUT SILABAN, S.H 10.293
4.GOLKAR : H. M. JUBER, S.Ag 10.293
5.GOLKAR : APIF FIRMANSYAH, S.E 9.868
6.PKS : MOHD. RENDRA RAMADHAN USMAN 2.792
7.PAN : Drs. ANWAR SADAT, M.Ag 22.493
8.PAN : AGUS RAMA, S.H 8.731
9.DEMOKRAT : HJ. NURHAYATI 4.350.

(JP-Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA