Home » , » Ratna Akui Difasilitasi Pemprov DKI ke Chile

Ratna Akui Difasilitasi Pemprov DKI ke Chile

Written By jambipos-online on Jumat, 05 Oktober 2018 | 07:45

Beredar Dokumen Ratna Minta Anies Danai ke Chile
Aktivis Ratna Sarumpaet (tengah), tiba di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) untuk menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis 4 Oktober 2018. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao / SP/Joanito De Saojoao )


"Saya nggak tahu saya dicekal."

Jambipos Online, Tangerang - Ratna Sarumpaet mengklaim bahwa rencananya untuk terbang ke Chile adalah menjalankan tugas dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sebelum akhirnya ditangkap polisi di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (4/10/2018) malam.

Mantan juru kampanye nasional calon presiden Prabowo Subianto itu menggunakan pesawat Turkish Airlines yang dijadwalkan lepas landas pukul 21.00 WIB.

Kepada media, Ratna mengatakan akan ke Chile untuk menghadiri konferensi penulis naskah teater internasional atau Women Playwrights Internasional Conference. Ratna mengklaim diutus oleh Dinas Pariwisata DKI Jakarta untuk menghadiri acara tersebut.

"Saya pergi ke Chile dalam rangka misi kebudayaan di mana saya akan menghadiri konferensi penulis naskah teater internasional yang digelar di Chile. Dan saya diutus oleh Dinas Pariwisata DKI Jakarta," kata Ratna, yang juga mengklaim dirinya adalah senior adviser konferensi itu.

"Jadi saya memang diundang khusus untuk mengikuti acara pembukaannya," ungkap Ratna saat dihubungi sejumlah media.

Ditambahkan Ratna, Pemrov DKI Jakarta memang sengaja mengutus dirinya karena dia pernah terlibat dalam konferensi serupa yang digelar di Jakarta tahun 2007 lalu. Sehingga Ratna meyakini bahwa dirinya berkepentingan untuk hadir di acara yang sama yang digelar di Chile.

"Jadi tahun 2007 saya ikut terlibat dalam konferensi itu yang waktu itu diadakan di Jakarta. Makanya ketika ada konferensi yang sama DKI Jakarta punya alasan yang kuat untuk membiayai saya untuk pergi ke sana, dan saya nggak tahu saya dicekal," tambahnya.

Ratna Sarumpaet sendiri ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak Polda Metro Jaya terkait kasus penyebaran berita bohong atau hoax.

Anies Danai ke Chile

Di kalangan wartawan, beredar dokumen yang menunjukkan bahwa Ratna meminta Gubernur DKI Anies Baswedan untuk membiayai perjalanannya ke Chile itu menggunakan dana Pemprov, dan disetujui.

Di tengah berita penangkapan Ratna Sarumpaet tepat sebelum dia terbang ke luar negeri, Kamis (4/10/2018) malam, beredar dokumen bahwa dia sebelumnya meminta Gubernur DKI Anies Baswedan untuk mendanai perjalanannya ke Chile itu.

Dalam dokumen bertanggal 31 Januari 2018 tersebut, yang belum diverifikasi oleh redaksi, tertulis permohonan bantuan sponsor mengikuti sebuah seminar di Chile kepada Anies. Dokumen tertera tanda tangan dan nama Ratna Sarumpaet.

"Bersama surat ini saya melampirkan sebuah surat undangan (untuk saya) dari "The 11th Women Playwrights International Conference 2018" di Santiago, Chile," demikian tertulis di dokumen.

Ratna, seperti ditulis dalam surat itu, mengklaim pernah berhasil memperjuangkan konferensi serupa untuk digelar di Jakarta pada 2007 bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI.

"Itu mungkin yang mendorong saya memberanikan meminta kesediaan Bapak mempertimbangkan kemungkinan Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi kehadiran saya di Chile, Oktober nanti."

Lampiran dokumen undangan menunjukkan konferensi di Santiago akan digelar 7-12 Oktober 2018.

Kemudian lampiran kedua adalah disposisi dari gubernur dengan tulisan tangan "fasilitasi & dukung".(*)
Dokumen Permohonan Ke Pemprov DKI
Dokumen Permohonan Ke Pemprov DKI



Sumber: BeritaSatu.com
Share this article :

Posting Komentar