Home » » Plt Gubernur Jambi : Pramuka Santri Gerakan Bangun Karakter serta Pemersatu Bangsa

Plt Gubernur Jambi : Pramuka Santri Gerakan Bangun Karakter serta Pemersatu Bangsa

Written By jambipos-online on Jumat, 26 Oktober 2018 | 12:04

Dinner Kwarnas di Rumah Dinas Gubernur Jambi
Jambipos Online, Jambi-Welcome Dinner Pemerintah Provinsi Jambi bersama Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka beserta jajaran pada kegiatan Perkemahan Pramuka Santri Nasional V Tahun 2018 berlangsung di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (24/10/18).

Pelaksana Tugas Gubernur Jambi sekaligus Kamabida Pramuka Kwarda Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar, M.Hum, menaruh harapan gerakan pramuka santri membawa nilai penting terutama pendidikan karakter yang sudah menjadi tradisi pesantren kedalam kehidupan bermasyarakat.

"Pondok pesantren memiliki peran penting dalam revitalisasi gerakan pramuka yang bersatu dibawah naungan merah putih," ungkap Plt. Gubernur Jambi. 

Santri merupakan peserta didik yang dalam tradisi pesantren selalu terikat pada nilai luhur hingga kembali pada kehidupan bermasyarakat untuk terus menjaga bekal ilmu serta didikan akhlak/kepribadian yang didapat selama belajar di pesantren,"Pusat pembangunan masyarakat secara keseluruhan terutama nilai keagamaan," ujar Plt. Gubernur Jambi. 

Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum, juga mengharapkan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara V menjadi wadah interaksi santri dengan alam sekaligus menjadi ajang silaturrahmi untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

"Belajar bersama serta  berkontribusi mempererat persatuan nasional," kata Plt. Gubernur Jambi. 

Ketua Kwartir Nasional Budi Waseso menegaskan gerakan pramuka bertujuan mengisi kader Indonesia kedepan menjadi manusia cerdas, sehat, berkualitas.

"Pramuka jadi ujung tombak membangun karakter bangsa kedepan yang memiliki integritas," kata Budi Waseso. 

 Pramuka merupakan gerakan bagi anak bangsa dari tingkat sekolah dasar guna mendidik karakter mandiri, mampu bekerjasama dan saling membantu sesama.

"Manfaatkan lingkungan dengan baik serta mandiri untuk membangun negara kedepan dan gerakan pramuka bukan alat berpolitik serta bangun kaderisasi dari bawah,"tutup Budi Waseso. 

Dalam sambutan Kakwarda Jambi H. Sudirman, SH,MH, menyampaikan PPSN V  dibiayai Kementerian Agama dimana Kwartir Daerah hanya melaksanakan teknis kegiatan.

"Selama enam hari mulai tanggal 24 Oktober 2018 dengan peserta keseluruhan 4646 yang tergabung didalamnya 3037 santri," kata Kakwarda Jambi. 

PPSN merupakan kegiatan  tiga tahunan dimana saat ini Provinsi Jambi menjadi tuan rumah yang berlangsung di Bumi Perkemahan Sungai Gelam. (JP-Hms-Raihan/Lee)
Share this article :

Posting Komentar