Home » , » Usai Dilantik, Bupati Al Haris Disambut Prosesi Adat Melayu Jambi

Usai Dilantik, Bupati Al Haris Disambut Prosesi Adat Melayu Jambi

Written By jambipos-online on Rabu, 26 September 2018 | 06:27

Usai Dilantik, Bupati Al Haris Disambut Prosesi Adat Melayu Jambi.
Jambipos Online, Merangin- Usai dilantik pada Sabtu, 22 September 2018, Bupati dan Wakil Bupati Merangin, Al Haris dan Mashuri kembali disambut hangat dengan prosesi adat Melayu Jambi, oleh para sesepuh adat Provinsi Jambi khususnya petinggi adat setempat, Senin (24/9/2018).

Prosesi acara adat tersebut berlangsung khidmat dan kondusif, yang berlokasi di Pendopo Rumah Dinas Bupati Merangin.

Hal ini terlihat saat bupati dan wakil bupati berserta ibu turun dari mobilnya di pelataran bawah rumah dinas bupati. Pasangan bupati Merangin ini langsung diarak

Arak-arakan adat yang di barengi tabuhan rebana itu, tampak meriah menuju halaman rumah dinas Bupati Merangin. Seperti biasa, sebelum rombongan pasangan bupati itu masuk rumah, digelar seloko adat dan berbalas pantun.

Selain para pengurus lembaga adat Kabupaten Merangin dan tokoh masyarakat yang hadir, serta ribuan undangan, Ketua Lembaga Adat Melayu Jambi H.Hasyib Kalimudin Syam juga hadir.

Tampak juga mantan Gubernur Jambi Hasan Basri Agus (HBA),  selaku sesepuh masyarakat Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, bupati kabupaten tetangga, para tokoh politik dan tamu undangan penting lainnya.

Pada acara prosesi adat itu, HBA diminta memberikan nasehat (Tunjukaja) kepada pasangan Bupati Merangin H Al Haris-Mashuri. Pada nasehatnya HBA menegaskan di pundak mereka itu diamanatkan Merangin lima tahun kedepan.

"Ingat di desa-desa kita masih banyak tersebar orang-orang susah yang hidup dibawah garis kemiskinan. Belum lagi jalan yang kondisnya masih buruk dan berbagai persoalan lainnya yang akan tertumpu pada pasangan ini,’’ ujar HBA.

Dia juga mengingatkan bahwa persoalan memimpin masyarakat tidak hanya pada posisi pembangunan fisik saja namun penanaman spiritual agama juga harus menjadi dorongan dalam menyonsong masayarakat merangin yang agamis.

"Tugas pemimpin berat, jadi tidak hanya membangun fisisk saja namun yang tidak kalah penting membangun karakter manusia melalui pendidikan dan nilai spiritual agama," kata HBA.

Selain itu H.Al Haris mengatakan secara langsung ke awak media usai acra berlangsung. Dirinya banyak mengucapkan ribuan trima kasih kepada masyarakat merangin yang sudah mendukungnya.

"Kami berdua sangat mengucapkan ribuan trimakasih kepada masyarakat merangin khususnya. hari ini juga, kami sangat bahagia atas sambutan yang antusias dari masyarakat merangin, meskipun acara Adat seperti ini sudah menjadi tradisi di Kabupaten merangin, namun kami berdua sangat senang” ujar Bupati H.Al Haris.

Terkait program kerja, Al Haris-Mashuri sudah dari jauh hari sebelum di lantik ditunggu oleh pekerjaan Negara yang harus di laksanakan pada awal kerjanya.

"Saat ini kami tidak terlalu memikir program 100 hari kerja, Kami sebelum di lantik sudah saling komunikasi terkait langkah dalam pelaksanaan diawal kerja, kerna kmi sangat tau jelas diluar sana sudah banyak pekerjaan menanti kami berdua, jadi kita selesaikan pekerjaan yang harus di selesaikan,” terang Al Haris.(JP-Yah)





Share this article :

Posting Komentar