Home » , , , , » Ivan Wirata: Pentingnya Pendidikan Politik Demokrasi Bagi Masyarakat

Ivan Wirata: Pentingnya Pendidikan Politik Demokrasi Bagi Masyarakat

Written By jambipos-online on Rabu, 08 Agustus 2018 | 09:04

H Ivan Wirata ST MM MT juga melakukan silaturahmi dengan warga Desa Solok dan Desa Sakean, Kecamatan Kumpeh Ulu, Muarojambi, Sabtu (4/8/2018). IST
Jambipos Online, Muarojambi-H Ivan Wirata ST MM MT mengatakan, pentingnya pendidikan politik demokrasi bagi masyarakat. Kader Partai Politik dan para calon legislative harus melakukan pendidikan demokrasi kepada warga agar tidak apatis terhadap Pesta demokrasi misalnya Pilkada, Pemilu dan Pilpres. Pendidikan demokrasi sudah sewajarnya dilakukan Parpai Politik lewat kader-kadernya di daerah.

Hal itu diungkapkan H Ivan Wirata saat bincang-bincang dengan Jambipos Online, Senin (8/8/2018), menyinggung silaturahmi yang dia jalani dengan masyarakat di Kabupaten Muarojambi belakangan ini. 

Menurut Ivan Wirata, berangkat dari Pilkada Muarojambi Februari 2017 lalu, dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Muarojambi yakni 266.532 mata pilih, hanya sebanyak 191.657 ribu yang menggunakan hak suaranya, sisanya Golongan Putih (Golput).

Tentu hal ini harus mendapat perhatian, khususnya para caleg-caleg di Kabupaten Muarojambi, baik caleg DPRD Kabupaten Muarojambi dan caleg DPRD Provinsi Jambi Dapil Muarojambi. 

“Para caleg harus turun ke masyarakat dan memberikan pemahaman pentingnya demokrasi dalam menunjang pembangunan. Karena hanya lewat Politik demokrasi bisa menyuarakan aspirasi rakyat untuk ditindaklanjuti pemerintah. Pemahaman demokrasi yang sebenarnya ini harus diajarkan kepada rakyat,” ujar mantan Kadis PUPR Provinsi Jambi ini.

Menurutnya, pendidikan demokrasi kepada masyarakat merupakan hal penting oleh kader Parpol. Karena menurutnya lembaga Negara tak mampu untuk melakukan pendidikan demokrasi kepada rakyat secara penuh. 

“Sifat apatis rakyat terhadap demokrasi ini, ini merupakan cambuk bagi Parpol dan kader-kadernya di daerah. Karena Parpol dan kadernya kurang peduli terhadap masyarakat yang merupakan pemegang mandate seutuhnya dalam Pilkaka dan Pemilu. Pendidikan demokrasi inilah yang saya lakukan di Kabupaten Muarojambi dan Batanghari kepada warga, agar mereka tak apatis terhadap Pesta Demokrasi,” ujarnya.

Ivan Wirata juga menambahkan, anggota dewan di kabupaten juga harus paham soal Visi dan Mici Kepala Daerah sehingga saat bertemu dengan warga bisa menjelaskan program pemerintah yang sudah dilaksanakan atau yang belum dilaksanakan. 

“Hal yang sama juga harus dilakukan anggota dewan  di provinsi. Anggota dewan harus paham Visi dan Misi Pemprov Jambi, sehingga bisa melakukan monitoring dan pengawasan seluruh program yang tengah berjalan. Hal inilah yang penting bagi seorang legislator,” ujar ketua depidar SOKSI Provinsi Jambi ini. 


Disebutkan, sinergitas wakil rakyat dari kabupaten, provinsi dan Pusat bisa membantu pemerintah dalam menyuarakan aspirasi rakyat dalam pembangunan. Lobi-lobi politik bisa dilakukan untuk program pembangunan di daerah, dari tingkat kabupaten, provinsi hingga Pusat. 

“Kucuran dana dari Pusat ke daerah, harus ada lobi-lobi politik. Inilah yang harus dilakukan oleh DPR RI dan DPD RI asal Dapil Provinsi Jambi. Hal ini kelak harus harus ada sinergi Anggota DPRD Kabupaten, Provinsi dan Pusat dalam membicarakan pembangunan di daerah sehingga bisa satu pandangan dalam memperjuangkan anggaran dari Pemerintah Pusat,” katanya.

“Saya berlatar belakang birokrasi. Baru tiga tahun masuk ke dunia politik. Namun saya sangat intesn dalam belajar Politik dan berdemokrasi yang baik dan santun. Inilah makna yang saya dapatkan dalam berpolitik untuk memperjuangkan aspirasi rakyat yang memberikan mandat kepada saya kelak untuk duduk di dewan. Saya ingin berpolitik santun dan memberikan pendidikan demokrasi kepada rakyat secara baik. Karena lewat Pesta Demokrasi, aspirasi rakyat bisa disuarakan dalam mensejahterakan perekonomian dan pembangunan infrastruktur di daerah mereka,” katanya. (JP-Asenk Lee)


H Ivan Wirata ST MM MT silaturahmi di Desa Tangkit Baru, Kemacatan Sungai Gelam, Muarojambi, Sabtu (4/2018).IST

Merekam Jejak Silaturahmi Ivan Wirata di Muarojambi.
Share this article :

Posting Komentar