Home » » Infografik: Asian Games dari Masa ke Masa

Infografik: Asian Games dari Masa ke Masa

Written By jambipos-online on Minggu, 19 Agustus 2018 | 21:51


Pertunjukan kembang api saat pembukaan Asian Games 2018. Opening Ceremony Asian Games 2018: Dana Terbatas vs Kreativitas. Asian Games dari masa ke masa.Asian Games dari masa ke masa. (Foto: Putri Sarah Arifira/kumparan)

Jambipos Online, Jakarta-Dari 18 Agustus sampai 2 September 2018, sorotan dunia tertuju ke Indonesia. Ya, dalam kurun inilah, Asian Games ke-18 berlangsung di Tanah Air.

Berbicara soal sorotan dunia, kesan positif sudah ditebar INASGOC selaku Panitia Pelaksana Asian Games 2018 melalui acara pembukaan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (18/8/2018) malam WIB.


Acara yang berlangsung lebih dari dua jam tersebut memang memukau. Sekitar 12.000 kembang api 'menari-nari'di langit Jakarta. Berbagai acara kebudayaan yang apik turut menyambut tamu kehormatan. Belum lagi aksi Presiden Joko Widodo dengan sepeda motornya.

Wajar saja INASGOC berhasrat menggelar pembukaan meriah. Masyarakat Indonesia memang harus menunggu lama untuk menyaksikan Asian Games di 'rumah' sendiri. Terakhir kali Indonesia menghelat pesta olahraga se-Asia ini sudah lama sekali, tepatnya 1962.


Lama sekali, memang, membandingkan dengan negara-negara lainnya. Dari 1962 sampai 2018 saja, Thailand yang merupakan 'saudara dekat' Indonesia sudah empat kali menjadi tuan rumah. Ada pula Korea Selatan yang terpilih sebagai penyelenggara sebanyak tiga kali dalam kurun serupa.

Ya, Thailand merupakan negara yang paling sering menghelat Asian Games. Kota yang ditunjuk pun selalu sama, yaitu Bangkok. Di bawah Thailand serta Korea Selatan, ada Indonesia, Jepang, dan China dengan catatan masing-masing dua kali menggelar Asian Games.

Namun, negara mana pun yang terpilih sebagai tuan rumah, gelar juara umum menilik perolehan medali tak jauh-jauh dari dua negara. Ya, hanya Jepang dan China yang pernah meraja di pesta olahraga se-Asia.

Berikut ini adalah infografik tentang penyelenggaraan Asian Games dari masa ke masa:

Sumber: Kumparan.com
Share this article :

Posting Komentar