Home » » 7 Orang Hebat di Pembukaan Asian Games: Wishnutama Hingga Denny Malik

7 Orang Hebat di Pembukaan Asian Games: Wishnutama Hingga Denny Malik

Written By jambipos-online on Minggu, 19 Agustus 2018 | 21:55

Orang dibalik Pembukaan Asian Games 2018 (Foto: Dok. Ronald Steven, Wishnutama, Eko Supriyanto, Denny Malik, Dynand Fariz dan Rinaldy Yunardi)
Jambipos Online-Gegap gempita upacara pembukaan Asian Games 2018 banyak menuai pujian. Penampilan 1.600 pelajar SMA yang lincah menari saman hingga suara merdu para artis yang bernyanyi di panggung utama dinilai berhasil membuat Indonesia bangga menjadi tuan rumah Asian Games. 

Gelaran mahamegah yang terjadi di dalam Stadion Utama Gelora Bung Karno itu bisa tercipta karena kerja sama yang apik dari seluruh para kru dan panitia yang terlibat. Namun, di balik itu semua, ada tujuh sosok penting yang berhasil membuat pembukaan pesta olahraga terbesar se-Asia itu terlihat mewah. Siapa saja?

1. Wishnutama Kusubandio 
Wishnutama
Siapakah dia? (Foto: Istimewa)

CEO televisi swasta Indonesia Net. ini didaulat sebagai Creative Director of Ceremonies Department. Dialah penentu konsep yang akan ditampilkan di panggung upacara pembukaan Asian Games 2018. 

Untuk urusan program acara, skill Wishnutama sudah tak bisa diragukan lagi. Sebelum menjadi CEO di Net., pria kelahiran 4 Mei 1970 ini sudah berkecimpung di dunia pertelevisian sebagai Executive Produser di sejumlah acara televisi. 

Tak hanya itu, beberapa program televisi yang pernah ia buat, bahkan sempat meraih penghargaan di skala nasional maupun skala internasional. Saat ini, selain menjabat sebagai CEO Net., Wishnutama juga merupakan komisaris kumparan. 

2. Ronald Steven
Ronald Steven
Ronald Steven (Foto: Dok. Ronald Steven)

Sentuhan tangan Ronald Steven membuat musik-musik yang ditampilkan di acara upacara pembukaan Asian Games 2018 semakin berwarna. Berkat campur tangannya, musik khas dari berbagai wilayah di Indonesia bisa dipadupadankan dengan musik modern dan orkestra dalam panggung megah di Asian Games. 

Dalam dunia musik, pria yang satu ini memang sudah tak asing lagi. Ronald seringkali mengiringi musisi-musisi papan atas seperti Agnez Mo dan Glenn Fredly. Wajar saja, dalam acara pembukaan Asian Games, dia didapuk sebagai Music Director. 

Pria yang mengawali kariernya sebagai pemain bass ini memang sudah sering terjun sebagai music director baik untuk acara on air maupun off air.

3. Addie MS
Addie MS
Addie MS. (Foto: Munady Widjaja)

Untuk posisi Music Director, Ronald tidak sendirian. Dia ditemani oleh konduktur familiar, Addie MS. Dalam acara pembukaan Asian Games, Addie bertugas untuk memastikan lagu-lagu dari seluruh nusantara bisa diharmonikan menjadi pengiring lagu yang apik. 

Selain lihai dalam membuat komposisi lagu, Addie MS pernah diminta oleh pihak TNI untuk menciptakan lagu mars dan hymne. Ditambah lagi, istri Memes ini ternyata juga pernah membawa Twilite Orchestra untuk tampil di Sydney Opera House, Australia pada 2009. 

4. Eko Supriyanto 
Eko Supriyanto
Eko Supriyanto (Foto: Dok Eko Supriyanto)

Eko merupakan sosok di balik tarian-tarian yang ditampilkan para penari di upacara pembukaan Asian Games. Dalam acara ini, Eko didaulat untuk memandu 4.000 penari yang akan tampil. 

Untuk gerakan tariannya, Eko memasukkan elemen bumi, energi, dan api. Eko berkukuh, tarian khas sejumlah daerah di Indonesia ini dapat menarik perhatian dunia. 

Sebelumnya, pria kelahiran Surakarta ini memang kerap menorehkan prestasinya dalam bidang tari. Ia pernah ditunjuk penyanyi Madonna untuk menjadi penata tari di 268 konsernya di berbagai negara. Puncaknya, Eko juga terlibat sebagai penata tari di ajang Miss World 2013 yang diselenggarakan di Bali. 

Selain dunia tari, Eko juga aktif terlibat dalam Asia Pacific Performance Exchange pada awal 2000an dengan tempat pentas tersebar mulai dari Asia hingga Amerika Serikat.  

5. Denny Malik 
Denny Malik
Denny Malik (Foto: Dok. Denny Malik)

Nama koreografer Denny Malik juga menjadi salah satu yang didapuk untuk menata tari para pengisi acara di upacara pembukaan Asian Games bersama dengan Eko. Tari saman dari 1.600 siswa SMA se-DKI yang sukses tampil di awal acara, juga berkat andil sang koreografer tersebut. 

Sebelum dipercaya untuk menata tarian di ajang Asian Games, Denny sebelumnya juga pernah terlibat di event berskala internasional. 

Di pembukaan Sea Games 2011, Denny didapuk Kementerian Budaya dan Pariwisata untuk meng-handle koreografi para pengisi acara. Sebanyak 300 penari dilibatkan Denny saat itu untuk memeriahkan pembukaan ajang olahraga di tingkat Asia Tenggara tersebut. 

Jauh sebelum menggeluti dunia koreografi, Denny sempat terjun di dunia akting dan bernyanyi. Di tahun 1980an, ia pernah menjadi aktor dalam sinetron Melodi Cinta. 

6. Dynand Fariz

Pusaka yang Diperkirakan Berusia Ribuan Tahun Dibawa oleh Presiden JFC (Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan)
Presiden JFC Dynand Fariz Memegang Pusaka di JFC 2018

Pria asal Jawa Timur ini tersohor berkat acaranya bernama Jember Fashion Carnaval. Puncak prestasi pria Lulusan sekolah mode ESMOD Paris ini adalah saat didaulat menjadi penata busana untuk perwakilan Miss Universe Indonesia pada tahun 2014. 

Dalam pesta olahraga terbesar se-Asia ini, karya Dynand Fariz muncul dalam bentuk kostum burung Garuda berwarna keemasan. Desain burung garuda ini muncul saat parade 45 negara peserta yang tampil. 

Selain itu, kostum yang dipakai para pengisi acara di panggung utama, juga berasal dari ide dan pemikiran Dynand Fariz. Dalam perannya sebagai penata busana untuk Asian Games, Dynand Fariz bekerja sama dengan Rynaldy Yunardi. 

7. Rynaldy Yunardi 
Rinaldy Yunardi
Rinaldy Yunardi (Foto: Dok. Rinaldy Yunardi)

Nama Rynaldy membumbung di dunia aksesori dunia saat karyanya dipakai oleh artis Hollywood. Sejumlah selebriti mulai dari Taylor Swift, Beyonce, Nicki Minaj serta deretan model Victoria Secret pernah mengenakan baju hasil buatannya. 

Pria asal Medan ini sudah menggeluti passion dalam bidang ini kurang lebih 20 tahun. Dalam pembukaan Asian Games, Rynaldy setidaknya membuat 55 desain. 

Bagi para penari yang unjuk aksi dalam segmen pertama bertema 'Earth' dan merepresentasikan Nusantara, Rinaldy mendesain sejumlah baju daerah. Untuk para penari yang tergabung dalam segmen kedua bertema 'Fire' dan segmen ketiga bertema 'Energy', Rinaldy menyiapkan desain kostum yang berbeda.(*) 

Sumber: Kumparan.com
Share this article :

Posting Komentar