Home » , » KM Roma Parsaulian Nyaris Terbalik di Danau Toba

KM Roma Parsaulian Nyaris Terbalik di Danau Toba

Written By jambipos-online on Rabu, 11 Juli 2018 | 20:05

Foto kolase proses evakuasi KM Roma Parsaulian yang putus tali kemudi di perairan Danau Toba, Samosir, Sumatera Utara, 10 Juli 2018. KM Roma Parsaulian yang mengangkut puluhan penumpang dari Pelabuhan Nainggolan, Samosir menuju Pelabuhan Ajibata, Toba Samosir mengalami putus tali kemudi di tengah perairan Danau Toba akibat gelombang tinggi, tapi seluruh penumpang berhasil dievakuasi. ( Foto: Antara / SAR Danau Toba )
Insiden ini terjadi karena putusnya tali kemudi KM Roma Parsaulian di kawasan perairan Horsik, wilayah Toba Samosir. Seluruh penumpang berhasil diselamatkan.

Jambipos Online, Parapat - Kapal Motor (KM) Roma Parsaulian yang mengangkut puluhan penumpang dari Pelabuhan Nainggolan, Kabulaten Samosir, menuju Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, nyaris tenggelam di perairan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (10/7/2018).

"Insiden ini terjadi karena putusnya tali kemudi KM Roma Parsaulian di kawasan perairan Horsik, wilayah Toba Samosir. Saat kejadian, angin kencang dan ombak lumayan besar. Kapal tidak bisa dikendalikan dan nyaris terbalik," ujar Koordinator SAR Danau Toba, Torang M Hutahaean.

Hutahaean mengatakan, puluhan penumpang kapal adalah rombongan warga yang ingin menghadiri suatu pesta kerabatnya di Toba Samosir. Di tengah perairan, tiba - tiba tali kemudi kapal terputus. KM Roma Parsaulian pun tidak bisa dikendalikan. Nelayan yang melihat kejadian langsung memberikan laporan.

"Kita langsung mengerahkan tim SAR untuk bergerak menuju lokasi kejadian. Kami juga meminta bantuan KM Bunda dan kapal milik Aquafarm untuk membantu mengangkut seluruh penumpang dari proses evakuasi. Tidak ada korban jiwa. Seluruh penumpang berhasil diselamatkan," katanya.

Ditambahkan, pihaknya juga berhasil menarik kapal itu ke pinggiran danau. Para penumpang yang sempat merasa ketakutan itu kemudian melanjutkan perjalanannya menuju Ajibata. Namun, mereka tidak menumpang kapal melainkan menggunakan angkutan darat.

Kejadian KM Roma Parsasulian yang nyaris tenggelam di Danau Toba kembali menghebohkan masyarakat. Peristiwa ini mengingatkan musibah KM Sinar Bangun yang mengangkut sekitar 180 penumpang yang tenggelam setelah melaju dari Pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir, menuju Pelabuhan Tigaras di Simalungun, pertengahan Juni 2018 lalu.(JP)



Sumber: Suara Pembaruan
Share this article :

Posting Komentar