Home » , » Kempupera Segera Renovasi Rumah Zohri

Kempupera Segera Renovasi Rumah Zohri

Written By jambipos-online on Sabtu, 14 Juli 2018 | 07:35

Danrem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani (kiri) berbincang bersama Baiq Fazilah (tengah) kakak kandung Lalu Muhammad Zohri, peraih medali emas lari 100 meter Kejuaraan Dunia Atletik U-20, di Tampere, Finlandia, di rumah gubuknya, di dusun Karang Pangsor, Kecamatan Pemenang, Tanjung, Lombok Utara, NTB, 12 Juli 2018. ( Foto: Antara / Ahmad Subaidi )

Presiden Jokowi telah menginstruksikan kepada Menpupera untuk melakukan renovasi rumah Muhammad Zohri.

Jambipos Online, Jakarta- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menindaklanjuti perintah Presiden Joko Widodo untuk merenovasi rumah Lalu Muhammad Zohri, sprinter peraih emas dalam Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Finlandia.

Menteri Basuki pun langsung menugaskan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Danis H. Sumadilaga dan Direktur Rumah Khusus, Ditjen Penyediaan Perumahan, Chris Robert Marbun untuk berangkat ke Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk menemui keluarga dan melihat langsung kondisi rumah Zohri sebagai persiapan pelaksanaan renovasi menyeluruh atas rumah tersebut.

"Sesuai perintah Presiden, tadi pagi Menteri PUPR meminta kami segera mengecek kondisi rumah keluarga Zohri untuk dapat menentukan renovasi yang akan dilakukan," kata Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta sebelum terbang menuju NTB, Jumat (13/7/2018).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa bangga seluruh rakyat Indonesia atas prestasi Zohri menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia.

Presiden pun meminta agar rumah Zohri yang berada di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, direnovasi.

Kondisi rumah Zohri memang dinilai sangat sederhana dengan dinding yang hanya terbuat dari kayu dan bambu, bahkan tidak terlihat cat yang melapisi.

Dikutip dari antaranews, Kakak Zohri, Fazilah, mengatakan rumah tersebut selalu menjadi tempat ia kembali ke kampung halamannya.

Dari penuturan Fazilah, keluarga sudah pernah mengajukan bantuan ke Kepala Desa, namun nama keluarga tidak pernah muncul sebagai penerima bantuan.

Zohri juga bercita-cita memperbaiki rumah di kampung halamannya jika telah mencapai kesuksesan.


Zohri Bangga Cetak Sejarah untuk Indonesia


Lalu Muhammad Zohri setelah menjuarai lari 100 meter putra Kejuaraan Dunia Atletik U-20, di Tampere, Finlandia, Rabu, 11 Juli 2018. ( Foto: Istimewa ) 

Zohri berhasil mengalahkan dua pelari asal Amerika Serikat dengan mencatatkan waktu 10,18 detik. Pencapaian Zohri ini merupakan sejarah baru dalam cabang olahraga atletik Indonesia.

Sprinter Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, mencetak sejarah dengan menjadi juara dunia 100 meter dalam Kejuaraan Dunia Atletik U-20 yang digelar di Tempere, Finlandia, pada Rabu (11/7/2018). 

Prestasi Zohri menjadi sejarah bagi Indonesia sepanjang mengikuti kejuaraan ini. Dikutip dari akun Youtube International Association of Athletics Federations (IAAF), IAAF Athletics, Zohri menyatakan bangga atas prestasinya. 

"Sangat bangga sekali terhadap apa yang saya dapatkan. Ini sangat luar biasa bagi saya," kata Zohri menjawab pertanyaan jurnalis usai menjuarai lomba tersebut pada Rabu (11/7/2018). 

"Perasaan saya bangga sekali soalnya saya bisa buat sejarah di sini," kata dia. 

Zohri berhasil mengalahkan dua pelari asal Amerika Serikat dengan mencatatkan waktu 10,18 detik. Ia unggul tipis dari Anthony Schwartz dan Eric Harrison yang sama-sama mencatatkan waktu 10,22 detik. 

Pencapaian Zohri ini merupakan sejarah baru dalam cabang olahraga atletik Indonesia. Sebelumnya, Indonesia mencatatkan prestasi terbaik di nomor lari 100 meter pada kejuaraan yang sama di tahun 1986 dengan mencapai finis ke-8 di babak penyisihan.

Selanjutnya, Zohri mengaku mempersiapkan diri untuk event selanjutnya, Asian Games 2018, yang akan digelar di Jakarta dan Palembang. 

Lalu Muhammad Zohri yang lahir 1 Juli 2000 ini mengaku siap untuk bertanding di Asian Games ke-18 yang akan diselenggarakan di Jakarta-Palembang bulan depan. Atlet asal Lombok Utara NTB ini akan memberikan performa terbaiknya pada ajang olahraga yang digelar di Indonesia Agustus mendatang. (JP)

Sumber: BeritaSatu.com
Share this article :

Posting Komentar