Home » , , » Bupati Merangin Al Haris Minta Jangan Ada Pembakaran Lahan di Merangin Jelang dan Selama Asian Games

Bupati Merangin Al Haris Minta Jangan Ada Pembakaran Lahan di Merangin Jelang dan Selama Asian Games

Written By jambipos-online on Selasa, 31 Juli 2018 | 16:00

Ilustrasi Kebakaran Lahan di Kecamatan Margo Tabir Merangin Agustus 2016 lalu.Foto Sarkopos


Jambipos Online, Merangin-Bupati Merangin Al Haris meminta warga dan petani jangan ada melakukan pembakaran lahan dan hutan jelang dan selama pelaksanaan Asian Games di Palembang-Jakarta. Dia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Merangin menangani permasalahan Karhutlah dengan serius terkait Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games yang lokasinya di Provinsi Sumatera Selatan.

Al Haris mengatakan, Kabupaten Merangin jangan menjadi daerah penyumbang asap ketika Asian Games berlangsung. Jangan sampai ada hotspot (titik api) jelang dan selama dan setelah pelaksanaan Asian Games.

Dia juga menghimbau dan memastikan, tidak ada warga yang membuka lahan dengan sistem pembakaran. "Lebih dari itu, warga juga dilarang membakar sampah di perkarangan rumah," ungkap Haris. 

Sementara berdasarkan data BMKG, bulan Juni lalu di Merangin muncul beberapa titik api. Itu berasal dari pantauan satelit tera Nooa.

Kepala BPBD Merangin Mardanysah Saidi, mengatakan, kabut asap yang menyelimuti Kabupaten Merangin dalam sepekan terakhir, berasal dari kiriman kabupaten tetangga yang ditemukan hotspot. Seperti Kabupaten Batanghari, Muarajambi dan Tanjungjabung Timur.

Diakui Mardansyah, pada Juni lalu memang terdapat enam titik api yang tersebar di empat kecamatan dalam Kabupaten Merangin seperti Kecamatan Nalotantan, Jangkat Timur, Muara Siau dan Tiangpumpung.(JP-Yah)


 
Share this article :

Posting Komentar