Home » » Permak Tunisia 5:2, Belgia Selangkah Lagi ke 16 Besar Piala Dunia 2018

Permak Tunisia 5:2, Belgia Selangkah Lagi ke 16 Besar Piala Dunia 2018

Written By jambipos-online on Minggu, 24 Juni 2018 | 06:32

Romelu Lukaku cetak gol untuk Belgia (FifaPhoto)

Jambipos Online, Moskow - Timnas Belgia tinggal selangkah lagi melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Belgia berhasil menggilas Tunisia 5-2 pada laga kedua penyisihan grup G di Stadion Otkrytiye Arena, Moskow, Sabtu (23/6/2018).

Dengan kemenangan ini, Belgia menempati posisi puncak klasemen sementara dengan mengoleksi enam poin. Tim asuhan Roberto Martinez akan menunggu hasil laga Inggris yang akan menghadapi Panama, Minggu (24/6/2018), untuk memastikan satu tempat di babak 16 besar. 

Timnas Belgia langsung tancap gas sejak kick off. Meski sempat diserang terlebih dahulu, Belgia justru mencetak gol terlebih dahulu di menit ke-6. Gol dicetak Eden Hazard lewat titik penalti.

Penalti diberikan setelah Hazard diganjal pemain belakang Tunisia, Ben Youssef. Dries Mertens juga berperan dengan gol yang membuat Belgia unggul 1-0 atas Tunisia.

Setelah gol ini, Belgia dan Tunisia saling berbalas serangan. Pada menit ke-13, Hazard nyaris mencetak gol kedua tapi ditepis Mustapha.

Pada menit ke-16, Belgia kembali mencetak gol lewat Romelu Lukaku.Striker tajam milik Manchester United ini sukses melepas tendangan kaki kiri yang sulit dijangkau Mustapha dan melewati kaki bek Tunisia, Ben Youssef. Skor pun berubah menjadi 2-0 untuk Belgia.

Tunisia ternyata langsung bereaksi atas gol ini. Dylan Bronn mampu memperkecil ketertinggalan usai sundulannya membuat skor menjadi 2-1. Dia memanfaatkan umpan tendangan bebas dari Wahbi Khazri.

Sayang pada menit ke-22, Bronn minta diganti. Dia mengalami cedera sehingga digantikan Nagguez. Digantinya Bronn tak menganggu ritme permainan Tunisia.

Pada menit ke-31, Tunisia mencetak peluang lewat Sassi. Namuns undulannya memanfaatkan umpan Tunsia masih melebar.

Pada menit injury times babak pertama, Lukaku nyaris menambah gol usai menerima umpan tarik Eden Hazard tapi ditepis. Di menit ke 48, Lukaku benar-benar cetak gol usai memanfaatkan umpan terobosan Kevin De Bruyne.

Belgia pun mampu mengakhiri babak pertama dengan skor 3-1 atas Tunisia.

Belgia kembali tampil trengginas di babak kedua. Di menit ke-47, Alderweireld nyaris mencetak gol tapi tembakannya hasil umpan dari Kevin De Bruyne masih melambung ke atas gawang.

Belgia menambah skor kemenangan menjadi 4-1 di menit ke-51. Gol dicetak oleh Hazard setelah menerima umpan jauh lewat dada dan lalu mengecoh kiper lewat contekan.

Unggul besar, Roberto Martinez pun menggantikan Lukaku dengan Fellaini. Lukaku tampak kecewa harus diganti di menit ke-59 karena sepertinya ingin mencetak tiga gol.

Belgia kembali membuka peluang di menit ke-61. Namun usaha Carrasco yang sukses menerobos masuk pertahanan lawan sia-sia karena tembakannya melambung.

Martinez kembali menarik strikernya di menit ke-68. Kali ini, dia mengganti Hazard dengan Batshuayi.

Batshuayi membuka peluang di menit ke-76. Dia sukses mengecoh kiper Ben Mustapha tapi tembakannya masih bisa dibuang bek Tunisia, Meriah.

Menit ke-80, Batshuayi lagi-lagi beraksi. Namun tembakannya kali ini mengenai tiang gawang. Begitu juga yang terjadi di menit ke-81 saat tendangannya mampu ditepis Mustapha.

Kegagalan ini tak membuatnya putus asa. Dia akhirnya menambah keunggulan Belgia menjadi 5-1 lewat gol di menit ke-90. Dia manfaatkan umpan Tielemans yang baru masuk. Tunisia mengubah skor menjadi 5-2 lewat gol hiburan Khazri di menit injury times.

Susunan Pemain:
Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois; Jan Vertonghen, Dedryck Boyata, Toby Alderweireld; Yannick Carrasco, Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Thomas Meunier; Eden Hazard/Batshuayi (68), Romelu Lukaku/Fellaini (59), Dries Mertens/Tielemans (86)

Tunisia (4-3-3): Farouk Ben Mustapha; Ali Maaloul, Yassine Meriah, Syam Ben Youssef/Benalouane (41), Dylan Bronn/H Nagguez (22); Saif-Eddine Khaoui, Ellyes Skhiri, Ferjani Sassi/Sliti (59); Anice Badri, Wahbi Khazri, Fakhreddine Ben Youssef

Empat Besar Realistis Untuk Belgia

Pemain bertahan Timnas Belgia, Thomas Meunier optimis timnya bisa berbicara banyak di Piala Dunia 2018. Meunier menilai timnya memiliki segala aspek yang dibutuhkan untuk menembus babak semi final.

Timnas Belgia sendiri merupakan salah satu tim unggulan di Piala Dunia 2018. Mereka tampil spektakuler di babak kualifikasi di mana mereka tidak tersentuh kekalahan selama kualifikasi.

Selain tampil apik, Belgia juga memiliki pemain-pemain yang hebat. Mereka diperkuat pemain-pemain yang bermain di liga top Eropa, sehingga mereka dipercaya bisa berbicara banyak di Piala Dunia 2018.

Meunier sendiri optimis timnya minimal bisa menembus babak semi final. "Saya rasa banyak tim yang merasa iri kepada tim kami," ujar Meunier kepada Goal International.

Skuat Komplit

Meunier menilai timnya memiliki komposisi tim yang komplit sehingga mereka bisa berbicara banyak di Rusia nanti.

"Kami memiliki pemain-pemain yang baik. Kami juga memiliki mentalitas, kemampuan fisik, statistik dan kolektifitas yang bagus."

"Kami memiliki segalanya. Kami hanya kurang dua atau tiga persen lagi sebelum menjadi tim yang sempurna."

Meunier menilai dengan materi timnya itu, semi final bukanlah target yang muluk-muluk.

"Saya pikir bermain di semi final sangat mungkin bagi kami."

"Namun jika kami bertemu Brasil di babak perempat final, dan kami kalah 1-0 dengan penguasaan bola sebesar 50% maka jangan salahkan kami."

"Jika kami mendapatkan skenario yang normal, kami punya peluang yang besar menuju semi final." tandasnya.

Incar Lolos Cepat

Timnas Belgia sendiri diprediksi akan mengincar dua kemenangan beruntun di grup G. Mereka berambisi lolos terlebih dahulu dengan mengalahkan Panama dan Tunisia, agar mereka bermain tanpa beban saat menghadapi Timnas Inggris di pertandingan terakhir.(JP)

Sumber: Bola.com

Gallery Foto Belgia-5-2 Tunisia-Foto FIFA.com 



























Share this article :

Posting Komentar