Home » , » KPU: Pilkada Serentak 2018 Berjalan Lancar

KPU: Pilkada Serentak 2018 Berjalan Lancar

Written By jambipos-online on Rabu, 27 Juni 2018 | 20:57

Arief Budiman. ( Foto: Antara ) 

KPU menyatakan pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di berbagai daerah di Indonesia berjalan lancar dengan mengikuti regulasi yang telah ditetapkan.

Jambipos Online, Jakarta- Pemungutan suara dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 di berbagai daerah di Indonesia berjalan lancar dan tidak ada sesuatu masalah yang menghambat pesta demokrasi di tingkat daerah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di berbagai daerah di Indonesia berjalan lancar dengan mengikuti regulasi yang telah ditetapkan.

Ketua KPU Arief Budiman saat konferensi pers kegiatan "Election Visit Program" di Sidoarjo, Jatim, Rabu (27/6/2018), mengatakan dari beberapa daerah yang dipantau secara langsung menunjukkan proses Pilkada serentak 2018 berjalan dengan lancar dan regulasi pun dijalankan dengan baik walau tidak sepenuhnya sempurna.

"Secara nasional, kami terus memonitoring pelaksanaan Pilkada di 171 daerah. Tidak ada laporan yang menyebabkan mengganggu dan mengkhawatirkan pelaksanaan pilkada. Hanya satu kabupaten di Papua yang karena distribusi logistiknya terhambat. Alat transportasi yang digunakan sempat ditembak dan mengganggu pengiriman logistik pilkada," tutur Arief.

Meski begitu, pihaknya terus mengingatkan agar logistik bisa sampai ke tujuan pada Rabu. Walaupun terlambat pemungutan suara tetap bisa dilakukan pada hari yang sama. Kalaupun tidak bisa maka akan dilakukan pemilihan susulan pada hari yang ditentukan.

Dia mengakui masih ada beberapa masalah di beberapa tempat yang sempat ditemuinya. Di beberapa tempat yang tempatnya cukup kecil, ukuran tempat pemungutan suara (TPS) lebih kecil namun hal itu tidak mempengaruhi substansi pelaksanaan pilkada.

Senada dengan Arief, Ketua Badan Pengawas Pemilu Jawa Timur Muhammad Amin mengatakan berdasarkan pengawasan dan pemantauan anggotanya di lapangan, tidak ada laporan yang menyatakan adanya kegagalan proses demokrasi di Jatim "Juga tidak ada laporan adanya satu orang pun yang ditolak atau dihalang-halangi saat akan menyalurkan hak pilihnya," ujar Amin.

514 pasangan Dalam Pilkada serentak 2018 yang digelar Rabu, tercatat ada 514 pasangan calon berebut menjadi gubernur-wakil gubernur, bupati-wakil bupati, dan wali kota-wakil wali kota. Rinciannya sebanyak 435 pasangan calon atau 84 persen diusung partai politik dan sebanyak 79 pasangan calon atau 16,6 persen berasal dari jalur perseorangan.

Untuk aparatur sipil negara (ASN) sejumlah 153 calon, pensiunan TNI-Polri 13 calon, politikus 448 calon, dan swasta 500 calon. Untuk 153 ASN yang mencalonkan Pilkada sebanyak 6 gubernur, 59 bupati, 18 wali kota dan 15 wakil wali kota.(JP)



Sumber: BeritaSatu.com
Share this article :

Posting Komentar