Home » » Jepang Kerja Keras Taklukkan 10 Pemain Kolombia

Jepang Kerja Keras Taklukkan 10 Pemain Kolombia

Written By jambipos-online on Rabu, 20 Juni 2018 | 09:44

Timnas Jepang merayakan gol yang dibuat Yuya Osako ke gawang Kolombia di Piala Dunia 2018. (Jack GUEZ / AFP).
Jambipos Online, Jakarta - Timnas Jepang mengawali Piala Dunia 2018 dengan hasil positif. Menghadapi Kolombia yang bermain sepuluh orang pada duel Grup H di Stadion Mordovia Arena, Selasa (19/6/2018), Jepang berjaya 2-1.

Pelatih Kolombia, Jose Pekerman mencadangkan James Rodriguez. Gelandang Bayern Munchen itu dianggap kurang fit untuk bermain sebagai starter.

Jepang berhasil membuka keunggulan lewat tendangan penalti Shinji Kagawa di menit ke-6. Wasit memberikan hadiah sepakan 12 pas kepada Jepang setelah bek Kolombia, Davinson Sanchez, sengaja menghalau tendangan pemain Jepang dengan tangan. Tidak hanya tendangan penalti, Kolombia juga harus kehilangan Sanchez yang diganjar kartu merah.

Bermain dengan sepuluh orang, Kolombia tidak menyerah. Armada Jose Pekerman sukses menyamakan kedudukan lewat Juan Quintero di menit ke-36. Sepakan bebas menyusur tanah pemain FC Porto ini sukses menembus gawang Kolombia.

Tidak ada peluang emas yang didapatkan kedua negara hingga babak pertama selesai. Skor 1-1 bertahan hingga jeda turun minum.

Babak Kedua

Bermain dengan sepuluh orang tidak menyurutkan tekad Kolombia untuk mengembalikkan keadaan. Buktinya, Pekerman memasukkan James Rodriguez di babak kedua untuk meningkatkan serangan.

Tengah nyaman menyerang, Kolombia malah kembali kebobolan. Memanfaatkan sepak pojok, Yuya Osako membawa Jepang unggul 2-1 di menit ke-73.

Skor 2-1 bertahan hingga wasit meniup panjang. Secara mengejutkan, Jepang mampu menumbangkan Kolombia yang lebih diunggulkan.

Susunan Pemain
Kolombia (4-2-3-1): David Opsina; Davinson Sanchez, Murillo, Santiago Arias, J. Mojica; J. Lerma, C. Sanchez; Juan Cuadrado, Juan Quintero, J. Izquierdo; Radamel Falcao.

Pelatih: Jose Pekerman.

Jepang (4-2-3-1): E. Kawashima; H. Sakai, M. Yoshida, G. Shoji, Yuto Nagatomo; M. Hasebe, G. Shibasaki; T Inui, Shinji Kagawa, G Haraguchi; Y. Osako.

Pelatih: Akira Nishino.

5 Fakta Menarik Kemenangan Jepang

Timnas Jepang membuka Piala Dunia 2018 dengan kemenangan 2-1 atas Kolombia pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Mordovia Arena, Selasa (19/6/2018) malam WIB.

Gol kemenangan Jepang dicetak Shinji Kagawa (penalti 6') dan Yuyu Usako (73'). Adapun gol dari Kolombia dibukukan oleh Juan Quintero.

Pada pertandingan tersebut, Kolombia harus bermain dengan 10 orang sejak menit ketiga. Penyebabnya adalah Carlos Sanchez yang mendapatkan kartu merah langsung karena berusaha menahan laju bola dengan tangan.

Unggul jumlah pemain menegaskan dominasi Jepang atas Kolombia. Statistik FIFA mencatat, tim berjuluk Samurai Biru memiliki 59 persen penguasaan bola, berbanding 41 persen milik Kolombia.

Jepang juga tampil atraktif dengan melepaskan 14 peluang yang enam di antaranya akurat. Sementara itu, dari total delapan peluang milik Kolombia, tiga di antaranya tepat sasaran.

Kemenangan ini membuat Jepang menjadi pemuncak klasemen sementara Grup H dengan raihan tiga poin. Tak hanya kemenangan, Timnas Jepang juga mampu menorehkan beberapa catatan apik pada laga tersebut.

Berikut ini beberapa catatan apik dan rekor yang tercipta dalam kemenangan Jepang atas Kolombia versi Opta

1. Jepang menjadi negara Asia pertama yang mampu mengalakan tim Amerika Selatan di Piala Dunia.

2. Kiper Eiji Kawashima menjadi pemain paling tua Jepang yang tampil di Piala Dunia dengan usia 35 tahun 91 hari.

3. Keisuke Honda menjadi pemain pertama dari negara Asia yang mampu mencetak assist dalam tiga Piala Dunia sejak 1966.

4. Gelandang Kolombia, Carlos Sanchez menerima kartu merah setelah bermain selama 2 menit 56 detik. Carlos Sanchez menjadi pemain kedua sepanjang sejarah Piala Dunia yang menerima kartu merah tercepat setelah pemain Uruguay Jose Alberto Batista (54 detik).

5. Juan Quintero menjadi pemain pertama dari Kolombia yang mampu mencetak gol pada dua edisi Piala Dunia. (2014 dan 2018).(JP)


Sumber: Bola.com

Gallery Foto-Jepang 2-1Kolombia Foto FB-FIFA.com 















Share this article :

Posting Komentar