Home » » H A Khafid Moein Buka Seminar Kebudayaan

H A Khafid Moein Buka Seminar Kebudayaan

Written By jambipos-online on Kamis, 21 Desember 2017 | 20:16

Wakil Bupati (Wabup) Merangin H A Khafid Moein membuka seminar kebudayaan. Seminar yang diikuti puluhan Budayawan Kabupaten Merangin itu, berlangsung di Ruang Pola Dua Kantor Bupati Merangin, Rabu (20/12/2017). Yah
Jambipos Online, Merangin-Wakil Bupati (Wabup) Merangin H A Khafid Moein membuka seminar kebudayaan. Seminar yang diikuti puluhan Budayawan Kabupaten Merangin itu, berlangsung di Ruang Pola Dua Kantor Bupati Merangin, Rabu (20/12/2017).

Wabup H A Khafid Moein mengatakan, budaya daerah memiliki peranan penting bagi terciptanya ketahanan budaya nasional, terutama dalam menangkal dampak negatif masuknya budaya asing sebagai akibat dari era globalisasi.

 “’Budaya Merangin itu memiliki karakter yang sangat unik, karena dalam dinamika dan perkembangannya telah menyerap berbagai unsur budaya daerah lain, sehingga terkombinasi,” kata H A Khafid Moein.

Menurutnya, Budaya Merangin diperkaya dengan budaya lain yang dibawa oleh warga Merangin yang berasal dari luar daerah, seperti dari Jawa, Sunda, Minang, Batak dan berbagai daerah lainnya.

Pada terapannya, kondisi itu membuat tatanan kehidupan masyarakat Merangin semakin meninjol rasa nasionalisme, yang pada gilirannya ukuwah kesatuan persatuan dan parsaudaraan semakin kuat.

Hal ini tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat dan pemerintah Merangin. “Untuk melanggengkan dan menjaga eleganitas budaya kita, ditangan kita pula pengemban amanah luhur ini,” kata H A Khafid Moein.

Pada kesempatan itu, H A Khafid Moein mengharapkan seminar tersebut dapat menghasilkan berbagai rumusan penting, guna melestarikan budaya daerah menuju masyarakat Merangin yang semakin maju dan dinamis.

Seminar yang berlangsung sehari tersebut, menghadirkan narasumber Nukman budayawan Provinsi Jambi. Narasumber mengupas habis tentang pentingnya melestarikan dan mengembangkan budaya daerah.(JP-Yah)

Share this article :

Posting Komentar