Home » , , » Gubernur Jambi Zumi Zola Beri Bantuan Alat Berat Guna Mewujudkan Desa Mandiri

Gubernur Jambi Zumi Zola Beri Bantuan Alat Berat Guna Mewujudkan Desa Mandiri

Written By jambipos-online on Rabu, 20 Desember 2017 | 17:32

Bantuan Alat Berat Dukung Pembukaan Lahan Pertanian Tanpa Membakar 

Jambipos Online, Batanghari-Pemerintah Provinsi Jambi mulai tahun anggaran 2017 telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp33 miliar untuk Bantuan Alat Berat bagi 22 kecamatan dan bantuan alat pendukung lainnya untuk 11 Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi, dan Rp 93,72 miliar untuk Bantuan Keuangan bagi 1.562 desa/kelurahan se Provinsi Jambi.

Anggaran ditransfer ke seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota  se Provinsi Jambi termasuk Kabupaten Batanghari. Ditransfer dananya ke kabupaten kemudian dibelanjakan sesuai kebutuhan daerah. Alhamdulillah Kabupaten Batanghari cepat melaksanakan serta dimanfaatkan dengan baik bagi masyarakat.

Hal ini diungkapkan Zumi Zola saat menyerahkan bantuan alat berat dan bantuan keuangan, di halaman Kantor Camat Muaratembesi, Kabupaten Batanghari, Selasa (19/12/17) sore.

Zola  menyerahkan satu unit Decoloader dan satu unit Tracktor roda empat untuk Kecamatan Muara Tembesi yang sesuai dengan kebutuhan serta aspirasi masyarakat serta bantuan keuangan untuk 12 desa dan 2 kelurahan masing-masing menerima Rp60 juta. Maka total Bantuan Keuangan untuk Kecamatan Muaratembesi mencapai Rp840 juta.

Kacamatan Pemayung mendapatkan satu Excavator  sesuai permintaan daerah juga bantuan keuangan secara keseluruhan Kecamatan Pemayung mendapatkan alokasi bantuan sebesar Rp.1,140 miliar, 17 desa dan 2 kelurahan masing-masing menerima Rp60 juta.

“Diharapkan seluruh anggaran tersebut akan memberikan dampak positif dalam upaya mewujudkan Desa Mandiri di Kecamatan Pemayung," kata Zola.

Zola mengatakan, bantuan alat berat dan bantuan keuangan ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya pada tingkatan Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa/Kelurahan akan ketersediaan sarana operasional dan kebutuhan anggaran dalam melaksanakan pembangunan terutama untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat lokal.

Kemudian kegiatan situasional, insidentil bahkan mendadak misalnya untuk penanggulangan bencana penanganan infrastruktur skala desa atau kelurahan seperti jalan desa, drainase lingkungan, pembangunan infrastruktur pertanian skala kecil seperti jaringan irigasi tersier dan lain-lain.

“Tujuan pembangunan bisa lebih cepat terwujud dan apa yang dibutuhkan cepat dilaksanakan,"kata Zola. 

Bantuan Rp60 juta diberikan secara simbolis kepada Kepala Desa Rantau Kapas Mudo dan Lurah Kampung Baru Kecamatan Muara Tembesi, begitupun saat acara di  Halaman Kantor Camat Pemayung diberikan secara simbolis satu Excavator kepada Camat Pemayung dan Bantuan Keuangan kepada Kepala Desa Teluk Ketapang dan Lurah Jembatan Mas.

Zola menyampaikan pesan yang sama mengenai Bantuan Keuangan bagi Desa dan Kelurahan, dimanfaatkan Rp40 juta untuk menunjang pembangunan infrastruktur sedangkan Rp20 juta penguatan kelembagaan. 

"Silahkan digunakan, ikuti aturan jangan dilanggar, bantu honor Perangkat Desa, bisa untuk Pegawai Syara', Guru Ngaji, PAUD, PKK.  Jangan tumpang tindih ada Dana Desa dan bantuan provinsi," tegas Zola. 

Wakil Bupati Batanghari, Hj.Sofia Joesoef menyampaikan keberadaan alat berat dapat membantu masyarakat yang menggantungkan kehidupan pada sektor pertanian yang mayoritas masyarakatnya berkisar  58,3 persen menggantungkan harapan pada pertanian.

“Dapat membuka lahan pertanian tanpa membakar dan merusak," ujarnya. Sofia Joesoef menegaskan kesiapan dukungan Pemerintah Kabupaten Batanghari dengan program Jambi TUNTAS 2021 dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. "Siap mendukung program pembangunan yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jambi," ujar Sofia. (JP-Hms)

Share this article :

Posting Komentar