Home » , , » Wagub Harap Pariwisata Pendorong Perekonomian Provinsi Jambi

Wagub Harap Pariwisata Pendorong Perekonomian Provinsi Jambi

Written By jambipos-online on Sunday, November 26, 2017 | 20:08

Wagub Jambi dalam Penutupan Batanghari River Festival (Festival Sungai Batanghari 2017), bertempat di Kawasan Wisata Tanggo Rajo, Kota Jambi, Sabtu (25/11/2017) malam.
Jambipos Online, Jambi-Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum berharap agar pariwisata menjadi pendorong perekonomian Provinsi Jambi, yakni pariwisata diharapkan bertumbuh pesat yang akan mendukung berkembangnya ekonomi kreatif, perdagangan dan jasa, serta sektor-sektor lainnya.

Harapan tersebut dikemukakan oleh Wagub Jambi dalam Penutupan Batanghari River Festival (Festival Sungai Batanghari 2017), bertempat di Kawasan Wisata Tanggo Rajo, Kota Jambi, Sabtu (25/11/2017) malam.

Batanghari River Festival diselenggarakan pada tanggal 22 – 25 November 2017 yang menampilkan pameran, bazaar, seni pertunjukan, lomba tari dan lagu daerah seluruh kabupaten/kota se Provinsi Jambi, carnaval busana kreasi batik dari para desainer Jambi dan paguyuban, pelepasan 1.000 lampion, permainan sinar laser, tampilan musik dan puisi, permainan biola cilik geisha dan demo kopi khas Jambi dari 16 pelaku usaha kopi se Provinsi Jambi, makan berawang bersama mengangkat seni budaya tradisi kearifan lokal.

Penutupan Batanghari River Festival 2017 dimeriahkan dengan penampilan berbagai kreasi, diantaranya Jambi Ethnic Ensemble, yakni penampilan alat musik tradisional Jambi, kompangan dipadukan dengan alat musik modern, dibawah Binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, penampilan grup penyanyi komedi lokal Jambi, Wak Kocai, tampilan lagu-lagu daerah Jambi, serta berbagai acara hiburan lainnya.

Wagub mengapresiasi penyelenggaraan Batanghari River Festival 2017sebagai upaya mengangkat keindahan budaya dan alam Provinsi Jambi dan destinasi wisatanya, dan Batanghari River Festival diagendakan setiap tahun menjadi CoE (Calender of Event) di Kementerian Pariwisata bersama dengan Festival Kerinci, yang pada tahun 2018 masuk dalam 100 event Wonderful Indonesia.

Wagub juga berharap agar dengan penyelenggaraan Batanghari River Festival 2017 dan event-event lainnya di Provinsi Jambi, diantaranya Festival Danau Kerinci, Festival Geopark merangin, Festival mandi Safar, serta berbagai agenda wisata lainnya, kunjungan wisatawan ke Provinsi Jambi meningkat secara signifikan.

“Saya berharap agar pariwisata Provinsi Jambi bisa berkontribusi maksimal bagi pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi, bahkan bisa menjadi trigger (pemicu) pengembangan ekonomi,” ujar Wagub.

Wagub berpesan supaya semangat pengembangan wisata tidak berhenti di sini, tetapi dapat terus dilaksanakan, dengan menjaga kebersihan, keindahan alam, keamanan, ketertiban, dan kenyamanan di Provinsi Jambi.

Selanjutnya, Wagub mengucapkan tetimakasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi terhadap terselenggaranya Batanghari River Festival 2017.

Ketua Panitia Penyelenggara Batanghari River Festival 2017, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Ujang Hariadi menyampaikan, 30 Oktober 2017, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi telah melakulan paparan tentang Batanghari River Festival yang akan dilakukan pada tahun 2018, tetapi dalam format yang berbeda, dimana event akan dilaksanakan di 4 titik, yaitu di Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Muara Sabak, dan Kampung laut, di penghubung titik akan disiapkan kapal.

Ujang menambahkan bahwa Batanghari River Festival 2018 direncanakan dilaksanakan pada 23 September karena pada saat tersebut matahari tepat pada ekuator.

“Kedepan akan dikoordinasikan dengan lebih baik lagi dengan Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten terkait. Akan disiapkan lebih baik lagi, terutama promosi sudah harus dilaksanakan 6 bulan sevelum event dilaksanakan,” jelas Ujang.

Pada kesempatan tersebut, diumumkan para pemenang lomba-lomba yang dilaksanakan dalam Batanghari River Festival 2017, diantaranya Lomba Lagu Daerah, Lomba Tari Daerah, Lomba Jambi Bercerita, dan lomba-lomba lainnya. 

Wagub didampingi oleh Direktur Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pariwisata Republik Indinesia dan kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi memberikan sertifikat, piala, dan uang pembinaan kepada para pemenang lomba.

Para kepala OPD atau yang mewakili dalam lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, Summer Course Participants CRC dari negara-negara Eropa turut menghadiri penutupan Batanghari River Festival 2017 tersebut. Dan, sangat banyak masyarakat Jambi yang datang menyaksikan acara tersebut. (JP-Hms-Mustar Hutapea)









Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos