Home » , » PKK Gelar Bimtek Pokja III Guna Meningkatkan Wawasan dan Kompetensi Kader

PKK Gelar Bimtek Pokja III Guna Meningkatkan Wawasan dan Kompetensi Kader

Written By jambipos-online on Tuesday, November 28, 2017 | 12:56

Sherrin: PKK harus Mampu Melalukan Inovasi yang Aplikatif 
 
Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola saat besuk Pasien di RSUD Raden Mattaher Jambi.
Jambipos Online, Jambi-Guna meningkatkan wawasan dan komppetensi kadernya, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Program Kelompok Kerja (Pokja) III se Provinsi Jambi tahun 2017 di Ruang Pertemuan Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana, Selasa (28/11/2017). 

Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola membuka Bimtek Pokja III TP PKK yang membidangi Pengelolaan Program Pangan, Sandang, Perumahan, dan Tata Laksana Rumah Tangga.

Bimtek tersebut dihadiri oleh 50 peserta dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Dra.Lutpiah, dan pengurus TP PKK Provinsi Jambi, serta peserta dari Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi.

Sherrin mengemukakan bahwa kader-kader PKK harus mampu memikirkan, merencanakan, dan melakukan inovasi (pembaruan) yang aplikatif, yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, untuk meningkatkan kinerja PKK sekaligus meningkatkan manfaat keberadaan PKK bagi keluarga dan masyarakat.

Sherrin mengatakan, bimbingan teknis program Pokja ini adalah upaya  untuk senantiasa melakukan pembinaan secara berkala terhadap desa/kelurahan percontohan sehingga mampu mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera yang diidamkan. 

“Kepada seluruh peserta saya berharap dapat mengikuti bimtek ini dengan baik karena kader PKK Desa merupakan ujung tombak di lapangan. PKK harus mampu melakukan inovasi dan kreativitas serta ide-ide yang cemerlang yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata dalam rangka mewujudkan keluarga sejahtera sebagaimana yang telah dicantumkan dalam 10 Porgram Pokok PKK dan salah satunya dalam mewujudkan Desa/Kelurahan Percontohan ini,” ujar Sherrin.

Sherrin menjelaskan, masing-masing kabupaten/kota dalam rangka menjadikan desa yang memiliki sumber daya manusia yang berkulitas menuju keluarga sehat dan sejahtera sesuai dengan visi Jambi TUNTAS 2021, yakni unggul dalam kualitas sumber daya manusia, perlu didukung oleh semua pihak. 

“Kerja keras TP PKK Provinsi, TP PKK Kabupaten, TP PKK Kecamatan, TP PKK Desa hingga kelompok Dasa Wisma serta dukungan dari instansi pemerintah baik provinsi maupun kabupaten sangat diharapkan karena tim PKK memiliki tujuan utama untuk mewujudkan keluarga yang beriman, berakhlak mulia, sehat sejahtera serta sadar hukum dan lingkungan desa yang masyarakatnya mempunyai rumah layak huni yang berfungsi sebagai sebagai keluarga yang harmonis,” ungkap Sherrin.

Untuk memenuhi kriteria tersebut, Sherrin menerangkan bahwa PKK memerlukan kader-kader desa yang mandiri dengan mengacu kepada 10 Program Pokok PKK. 

"Saya mengapresiasi kepada Pokja III TP PKK Provinsi yang telah menyelenggarakan Bimtek ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kader PKK terutama Kader Pangan, Kader Sandang, dan Kader Tata Laksana Rumah Tangga PKK di Desa Percontohan, sehingga  terwujud desa yang masyarakatnya mempunyai rumah layak huni, yang berfungsi sebagai tempat tumbuh kembang keluarga yang harmonis,” jelas Sherrin.

Sebelumnya, Ketua Pokja III TP PKK Provinsi Jambi, Meiti,SP dalam laporannya menyatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan Bimtek adalah untuk mengetahui perkembangan keberhasilan pelaksanaan Program Pokja III secara berjenjang dari Kabupaten/Kecamatan/Desa/Kelurahan. 

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui kinerja kader-kader, khususnya Kader Pangan sebagai ujung tombak pelaksanaan program PKK dan perkembangan Dasa Wisma yang dapat mewujudkan pelaksanaan pembangunan melalui gerakan PKK,” ujar Meiti.(JP-Hms-Maria)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos