Home » , , » Komplek Candi Muarojambi Jadi Lokasi Peringatan BBGRM

Komplek Candi Muarojambi Jadi Lokasi Peringatan BBGRM

Written By jambipos-online on Wednesday, October 25, 2017 | 08:31

Wagub Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menanam pohon di komplek Candi Muarojambi, Selasa (24/10/2017). (Humas)
Jambipos Online, Muarojambi- Komplek Percandian Muarojambi yang terletak di Desa Muarojambi Kabupaten Muarojambi menjadi pusat pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke 14, Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Ke 45, Hari Anak Nasional Dan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Ke 20 Tingkat Provinsi Jambi, Selasa (24/10/2017) pagi.

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengungkapkan, rangkaian kegiatan acara pada hari ini merupakan momen yang sangat penting, dalam upaya meningkatkan semangat kebersamaan, kekeluargaan serta gotong rotong dalam pembangunan.

“Gotong royong bukan hanya jiwa bangsa, tetapi modal sosial dalam menghadapi masa depan, seperti yang tadi telah dikatakan oleh Ibu Ketua PKK Provinsi Jambi dan Bapak Wakil Bupati Muaro Jambi. Dalam membangun semangat gotong royong memang tidaklah mudah, apalagi ditengah kehidupan yang semakin individualistis serta masih banyak dari kita lebih suka kerja sendiri sendiri dibandingkan kerja secara bersinergi,” ujar Fachrori Umar.

Fachrori Umar mengatakan, melalui momen acara BBGRM ini dapat mengingatkan semuanya, tentang pentingnya arti gotong royong dalam kehidupan sehari hari, terutama generasi muda. Semangat gotong royong harus ditanamkan sejak dini dalam proses pendidikan, karena generasi muda harus terbiasa bermusyarawah dalam memutuskan sesuatu, serta bergotong royong dalam menyelesaikan pekerjaan.

“Saya juga ingin mengingatkan, bahwa Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Desa, tentunya memiliki tujuan pembangunan yang sama, untuk itu saya berharap semuanya dapat bahu membahu dengan semangat gotong royong, bersinergi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Fachrori Umar.

Disampaikan, melalui HKG PKK ini sangat diharapkan bagi TP PKK di semua tingkatan agar dapat terus meningkatkan kontribusinya dalam mendukung pembangunan di Provinsi Jambi, karena TP PKK memiliki peran yang sangat penting dan strategis bagi pembangunan dengan dasawisma yang dimiliki PKK sebagai garda unit terdepan.

Fachrori Umar menjelaskan, guna mendorong kemandirian  dan kesejahteraan masyarakat, salah satu pendekatan yang ampuh adalah melalui TTG, sentuhan TTG diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di pedesaan.

“Saya berharap kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dan Desa untuk terus melakukan sosialisasi, fasilitasi tentang pentingnya TTG serta optimalisasi pos pelayanan teknologi (posyantek). Melalui peringatan Hari Anak Nasional ini juga dapat menjadi momentum bagi kita semuanya untuk meningkatkan perlindungan anak dan pemenuhan hak anak. Upaya upaya yang dapat kita tingkatkan yaitu dengan mengoptimalkan kinerja pusat pelayanan terpadu, pelayanan perempuan dan anak, serta pelayanan anak terpadu berbasis masyarakat,” kata Fachrori Umar.

Sebelumnya, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola mengatakan, tema yang diambil dalam HKG PKK Ke 45 adalah “Melalui HKG PKK Ke 45 Tahun 2017, Kita Akselerasikan Program Program PKK Untuk Mewujudkan Visi Dan Misi Gerakan PKK” dengan makna, melalui peringatan HKG PKK diharapkan segenap jajaran TP PKK secara berjenjang mampu menyusun rencana aksi dalam rangka akselerasi program PKK.

“Alasan perlunya akselerasi program PKK, didasarkan bahwa selama ini kita melaksanakan 10 program pokok PKK secara normatif, bahkan cenderung ke rutinitas, padahal perkembangan dalam program masyarakat dan Pemerintah pada saat ini telah berkembang begitu pesat dan sangat bervariasi,” terang Sherrin.

Sherrin mengemukakan, sesungguhnya dari 10 program pokok PKK itu adalah program prioritas, dan terdapat juga program unggulan, serta tidak menutup kemungkinan juga ada program spesifik daerah sesuai dengan kebijakan Pemerintah Daerah masing masing dan sangat mengharapkan suatu daerah senantiasa berinovasi mengembangkan kreativitas program sesuai dengan kebutuhan daerah tersebut.

Wakil Bupati Muarojambi, Bambang Bayu Suseno,SP,MM mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung rangkaian acara ini, sehingga bisa berjalan dengan sukses atas dukungan, kerjasama, koordinasi dan komunikasi yang baik dari semua pihak serta mengharapkan hal seperti ini bisa tetap dijaga, sehingga dapat membawa dampak yang positif kedepannya bagi Provinsi Jambi, khususnya Kabupaten Muarojambi.

“Saya berharap, melalui rangkaian kegiatan acara pada hari ini bisa menjadi momen untuk maju bersama sama membangun segala aspek pembangunan di Provinsi Jambi, khususnya di Kabupaten Muarojambi dalam upaya mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” harap Bambang.

Pada akhir rangkaian acara tersebut, Fachrori Umar didampingi Wakil Bupati Muarojambi berkesempatan membagikan 3 buah sepeda kepada anak Sekolah Dasar (SD) yang hadir dengan memberikan pertanyaan dan Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jambi didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Muaro Jambi juga membagikan 2 buah sepeda kepada anak Sekolah Dasar (SD) yang hadir dengan memberikan pertanyaan.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj.Rahimah Fachrorri Umar, Ketua TP PKK Kabupaten Muarojambi, Ririn Novianti Bambang Bayu Suseno, Ketua TP PKK Kabupaten Merangin Hesnidar Haris dan para undangan lainnya. (JP-L33)




















Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos