Home » , , , » Zola Berikan Bantuan Kambing dan Bibit Ikan Kepada Petani Desa Bungo Antoi

Zola Berikan Bantuan Kambing dan Bibit Ikan Kepada Petani Desa Bungo Antoi

Written By jambipos-online on Monday, August 14, 2017 | 07:38

Gubernur Jambi H Zumi Zola atas nama Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Provinsi Jambi memberikan sebanyak 50 ekor induk kambing kepada Kelompok Tani Ternak Segar Waras Jaya dan Kelompok Tani Ternak Cempaka Putih di Desa Bungo Antoi RT 17, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin, Sabtu (12/8/2017) siang. Photo Asenk Lee Saragih.
 Jambipos Online, Merangin-Gubernur Jambi H Zumi Zola atas nama Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Provinsi Jambi memberikan sebanyak 50 ekor induk kambing kepada Kelompok Tani Ternak Segar Waras Jaya dan Kelompok Tani Ternak Cempaka Putih di Desa Bungo Antoi RT 17, Kecamatan Tabir Selatan, Kabupaten Merangin, Sabtu (12/8/2017) siang. 

Zumi Zola juga menyerahkan secara simbolis bantuan 45 ribu bibit ikan lele dan nila kepada petani di Kabupaten Merangin. Penyerahan bantuan itu disaksikan oleh Bupati Merangin Al Haris dan pejabat terkait dan ratusan warga Desa Bungo Antoi RT 17, Kecamatan Tabir Selatan. (Baca: Al Haris Usulkan Replanting Sawit)

Menurut Zumi Zola, bantuan ternak kambing dan bibit ikan tersebut sebagai upaya Pemprov Jambi dalam memotivasi petani agar lebih proaktif dalam menggeluti pertanian tanaman pangan serta peternakan dan perikanan darat (tambak). 
 
“Saat ini petani dan peternak di Pemprov Jambi belum mampu untuk memproduksi ternak dalam mencukupi kebutuhan masyarakat. Sehingga melalui program bantuan induk ternak serta bibit ikan sebagai motivasi untuk gemar dalam menggeluti peternakan dan perikanan darat. Pemprov Jambi siap untuk memberikan bantuan berupa bibit dan kelengkapan pertanian tanaman pangan tersebut,” ujar Zola. 

Zumi Zola juga berharap agar bantuan kanbing itu diurus dengan baik sehingga dapat membuahkan hasil yang maksimal, minimal untuk mencukupi kebutuhan daging di Kecamatan Tabir Selatan. 

“Kita juga berharap agar masyarakat petani untuk menyisihkan lahannya untuk bertani tanaman pangan. Tidak memulu hanya pada perkebunan kelapa sawit dan karet. Tanaman pangan seperti padi sawah, jagung serta tanaman holtikultura lainnya juga dapat dilakukan. Pemprov Jambi siap membantu bibit serta tenaga penyuluh. Asalkan diusulkan dengan bentuk proposal yang baik dengan melibatkan kelompok tani yang ada di desa masing-masing,” ujarnya. 
 
Sebelumnya Bupati Merangin Al Haris mengatakan, Desa Bungo Antoi direncanakan sebagai desa percontohan dalam peternakan kambing di Kabupaten Merangin. Desa Bungo Antoi juga saat ini tengah gencar dalam memodifikasi peternakan kambing dengan kebun kelapa sawit. 

Menurut Al Haris, hingga kini Kabupaten Merangin masih kekurangan ternak, khususnya kambing. Sejalan dengan Perda Ternak yang dibuat Pemkab Merangin, mengharuskan warga untuk memelihara ternak dengan membuat kandang. 
Peternakan Kambing di Desa Bungo Antoi, Tabir Selatan.Photo Asenk Lee.

“Dampak dari Pera Ternak ini, banyak warga tak lagi memelihara ternak dengan liar. Sehingga dengan adanya kelompok tani ternak ini bisa mencukupi pasokan ternak kambing di Kabupaten Merangin pada khususnya,” katanya. 

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Ternak Segar Waras Jaya dan Kelompok Tani Ternak Cempaka Putih dan warga Desa Bungo Antoi mengucapkan terimakasih atas bantuan ternak kambing serta bibit ikan yang diberikan secara simbolis oleh Gubernur Jambi H Zumi Zola. (JP-Asenk Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos