Home » , , , , , » Warga Masih Sengaja Buang Sampah di Pintu Air Sungai Tembuku Kasang

Warga Masih Sengaja Buang Sampah di Pintu Air Sungai Tembuku Kasang

Written By jambipos-online on Tuesday, May 23, 2017 | 06:13


Tumpukan sampah disekitar Pintu Air Pengendali Banjir Kota Jambi di Sungai Tembuku, Kelurahan Kasang, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi, Senin (22/5/2017) pagi. Foto Asenk Lee Saragih.
Sebelumnya PU Provinsi Jambi Sudah Bersihkan 

Jambipos Online, Jambi-Tampaknya ada kesengajaan warga yang bermukim disekitar Pintu Air Pengendali Banjir Kota Jambi di Sungai Tembuku, Kelurahan Kasang, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi membuang sampah pada sungai. Pemerintah Kota Jambi juga dinilai tak ada tindakan pencegahan untuk melarang warga buang sampah ke Sungai Tembuku tersebut. 
Tumpukan sampah disekitar Pintu Air Pengendali Banjir Kota Jambi di Sungai Tembuku, Kelurahan Kasang, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi, Senin (22/5/2017) pagi. Foto Asenk Lee Saragih.

Penelusuran Jambipos Online menunjukkan, tak jauh dari pintu air itu, terdapat sebuah pasar rakyat “Pasar Kasang” yang diduga kuat sampah dari pasar itu dengan sengaja dibuang ke Pintu Air Sungai Tembuku. 

Pasalnya pada Senin 22 Mei 2017 pagi, tumpukan sampah mulai menggunung di Pintu Air Pengendali Banjir Kota Jambi tersebut. 

Padahal sebelumnya, Minggu-Senin 14-15 Mei 2017 Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi menurunkan tiga dump truck dan alat berat untuk mengangkut tumpukan sampah di Pintu Air Pengendali Banjir Kota Jambi di Sungai Tembuku, Kelurahan Kasang, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi hingga bersih. 

Dalam sehari, satu truck crane dan perahu karet dari Balai Wilayah Sungai VI Jambi tuntas mengangkut tumpukan sampah itu. (Baca: PU Prov Jambi Bersihkan Sampah di Pintu Air Sungai Tembuku)ml

Pintu Air Pengendali Banjir Kota Jambi di Sungai Tembuku sudah bersih dari sampah Senin 15 Mei 2017 lalu. Kepala Dinas PUPR Dodi Irawan mengakui, pihaknya telah menurunkan armada dump truck. 

Dirinya mengaku sangat bersyukur karena dalam hal ini dibantu dari BWS VI agar pengangkatan sampah tidak terhambat. “Alhamdulillah sampah yang menumpuk disini sudah kita bersihkan," ungkap Dodi Irawan. 
 
(Foto kiri) Gubernur Jambi H Zumi Zola didampingi Kadis PU-PERA Prov Jambi Dodi Irawan saat meninjau Pintu Air Pengendali Banjir Kota Jambi di Sungai Tembuku, Kasang, Kecamatan Jambi Timur Minggu 14 Mei 2017. (Foto kanan) Pintu Air Sungai Tembuku yang sudah bersih dari tumpukan sampah setelah diangkut oleh Dinas PU-PERA Provinsi Jambi Senin 15 Mei 2017. Dok Jampos.
Demi terhindar dari bencana alam dan berbagai penyakit, Kadis PUPR menghimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal dekat sungai untuk tidak membuang sampah di sungai. 

“Kita mohon kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai lagi agar terhindar dari bencana banjir dan juga terserang penyakit,” katanya. 

Warga Bebal Namun baru sepekan tumpukan sampah di pintu air Sungai Tembuku itu dibersihkan, Senin (22/5/20170 sudah mulai menumpuk lagi. Ada dugaan warga di sekitar pintu air dengan sengaja membuah sampah ke sungai itu. Hal itu diperkuat oleh pengakuan seorang pekerja taman Tembuku itu. 

Menurut pekerja itu, warga membuang sampah dengan sengaja pada subuh hari dan juga malam hari. Sementara dinas terkait seperti dari pihak kelurahan dan kecamatan tidak ada melakukan pengawasan. 

Ternyata himbauan Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli dan Kadis PU Provinsi Jambi Dodi Irawan ST MT lewat media tak membuat warga sekitar Sungai Tembuku sadar. Bahkan pembuangan sampah dengan sengaja ke sungai masih saja terjadi.

Sepatutya Walikota Jambi Syarif Fasha memerintahkan pihak kelurahan dan kecamatan untuk mengawasi dan menghimbau warga sekitar Sungai Tembuku agar tidak membuang sampah ke sungai. (JP-Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos