Home » , , , , » Belajar Berpolitik Santun dan Dewasa dari H Ivan Wirata ST MM MT

Belajar Berpolitik Santun dan Dewasa dari H Ivan Wirata ST MM MT

Written By jambipos-online on Friday, April 7, 2017 | 08:35




Berbagi Pengalaman Pilkada Muarojambi

Jambipos Online, Jambi-Kontestan Pilkada Muarojambi H Ivan Wirata ST MM MT secara lapang dana dan kasetraia mengucapkan selamat atas kemenangan Hj Masnah Busro di Pilkada Muarojambi, Rabu (15/2/2017) lalu. H Ivan Wirata meminta Hj Masnah Busro-BBS merangkul seluruh masyarakat Muarojambi untuk bersatu kembali dalam membangun Kabupaten Muarojambi.

Ivan Wirata berharap kepada Hj Masnah Burso yang mendapat mandat Rakyat Muarojambi untuk menjabat Bupati Muarojambi Periode 2017-2022 agar menghilangkan pengkotak-kotakan saat proses Pilkada Muarojambi. 

Tidak ada lagi tim sukses masing-masing calon, namun diharapkan bersama-sama dirangkul untuk membangun Kabupaten Muarojambi lebih baik. Seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Muarojambi harus dilibatkan dalam membangun Muarojambi.

“Alhamdulillah Puji Syukur kehadirat Allah SWT, kami Keluarga besar IDOLA ( H IVAN WIRATA dan H DODI SULARSO ) Mengucapkan Ribuan terimakasih atas seluruh jerih payah, Tenaga, Fikiran, Do'a dan dukungan moril dan materil dari semua pihak, Keluarga, Ibunda, Istri, Ananda, Sanak Keluarga, Kerabat, Tim Pemenangan IW BERJAYA yang berjuang di Pilkada Muarojambi. Walau hasilnya tidak jadi pemenang, Saya tetap bersukur atas perjuangan semua pihak dalam proses Pilkada Muarojambi ini,” kata Ivan Wirata pada Jumat (17/2/2017) pasca hasil perhitungan cepat Pilkada Muarojambi.

“Kami juga mengucapkan Ribuan terimakasih atas seluruh jerih payah Tim Koalisi Parpol pengusung IDOLA, Tim Sedulur, Tim Keluarga, Tim IW Muslimah, Tim IW MUDA BERJAYA, Tim Media Center, Tim Advokasi, Sahabat IW, Simpatisan, Relawan, PP WAK KOCAI dan seluruh masyarakat Muarojambi yang telah mendukung dan mendoakan kami. Semoga Allah SWT mencatat sebagai amal kebaikan. Dan kami yakin ini semua merupakan ketentuan Allah yang terbaik bagi kita semua. Kami juga mengucapkan Selamat Buat Hj MASNAH,SE Dan BAMBANG BAYU SUSENO,SP,MM semoga Amanah. Salah kata dan perbuatan selama sosialisasi dan kampanye kami menghaturkan maaf yang sedalam-dalamnya. Assalamualaikum,wr,wb,” sebut H Ivan Wirata dan H Dodi Sularso SH.

Sikap berpolitik yang ditunjukkan seorang Ivan Wirata kepada publik merupakan pembelajaran berharga bagi perkembangan demokrasi di Provinsi Jambi. Sikap Siap Menang, Siap Kalah yang sudah ditunjukkan IDOLA adalah suatu pendewasaan berpolitik bagi para warga masyarakat yang terjun ke dunia politik.

Ivan Wirata  tergolong baru terjun ke dunia politik setelah mundur jadi Kadis PU Provinsi Jambi 6 Agustus 2014 lalu dan berkonsentrasi maju di Pilkada Muarojambi 15 Februari 2017. Suatu sikap yang tegas, rela mundur dari jabatan strategis untuk lebih awal bersosialisasi untuk maju di Pilkada Muarojambi.

Hampir 2 tahun 2 bulan lamanya, Ivan Wirata menelusuri sekitar 150 desa, 5 Kelurahan di seluruh Kabupaten Muarojambi. Suatu tindakan yang mengutamakan tatap muka dengan masyarakat dan bersiaturahmi dengan berbagai latar sosial, ekonomi, budaya, agama yang berbeda-beda.

Disaat calon lain baru “sibuk” cari partai dan pasangan untuk maju sebulan sebelum pendaftaran, namun Ivan Wirata telah berkomitmen untuk maju di Pilkada Muarojambi degan niat yang tulus dan pengorbanan. Ivan Wirata tergolong mumpuni dalam merangkul Partai Politik untuk mengusung dirinya maju di Pilkada Muarojambi.

Alhasil Partai Golkar, PKS, NasDem, PPP dan Gerindra berhasil dilobinya dan mengusung Ivan Wirata di Pilkada Muarojambi. Komunikasi politik yang dilakukan seorang Ivan Wirata seperti melebihi kemampuan politik dari politisi senior sekalipun.

Berkat dorongan partai Politik itu, membuat Ivan Wirata bersam seluruh tim bersama-sama mendekati masyarakat di seluruh Kabupaten Muarojambi. Namun fakta politik berkata lain, Ivan Wirata harus puas diperolehan suara urutan kedua dari 4 Paslon di Pilkada Muarojambi.

Hasil Survei dan Fakta Lapangan

Blusukan yang dilakukan H Ivan Wirata,ST, MM, MT bersama tim keberbagai pelosok di Kabupaten Muarojambi sejak tahun 2014 lalu membuahkan hasil. Blusukan yang dilakukan IW bersama tim ternyata mendapat respon positif dari masyarakat Muarojambi.

Hal itu dibuktikan berdasarkan hasil survei dua lembaga independen yakni Charta Politika dan Saiful Mujani Research and Consulting. Elektabilitas H Ivan Wirata ST  MM  MT sebagai kandidat calon Bupati Muarojambi mencapai 42,8 persen. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari para rivalnya.

Hasil survei  Charta Politika merilis angka Ivan Wirata 42,8 % ATM 19,8%, DS 4,5%,Masnah 4,3%,BBS 4,0%,A Haikal 3%,K Hafis 3%,K Puad 1,8%,Abun Yani 1,3%. Sementara Ivan Wirata 34,4%, ATM 13,7%, DS 8,0%, Masnah 5,6%, BBS 4,1%,K Puad 0,5%.

Ivan Wirata mengapresiasi yang sebesar besarnya kepada Tim Pemenangan IW BERJAYA atas kinerja selama 2 tahun, serta dukungan masyarakat Kabupaten Muarojambi. Sehingga hasil elektabilitas Ivan Wirata saat itu bisa mencapai 42,8 persen oleh Charta Politika dan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting mencapai 34,4 persen.

Meski hasil Survei dua lembaga independen itu menunjukkan hasil yang positif, namun tidak membuat Tim IDOLA terlena hingga hari H pada 15 Februari 2017 lalu.

“Mari kita terus berjuang dan bekerja sungguh-sungguh manjaddah wajjada. Solid demi Muarojambi BERJAYA. Dan mohon doanya semua kita serahkan kepada Allah terima kasih atas perhatiannya. Salam untuk Bupati Muarojambi Periode 2017-2022,” ujar H Ivan Wirata ST, MM, MT, yang juga mantan Kadis PU Provinsi Jambi ini.

Ternyata fakta di lapangan, pasangan IDOLA yang diusung 7 parpol yakni Golkar 6 kursi DPRD Muarojambi, Gerindra 3 kursi, PKS 2 kursi, PPP 2 kursi dan NasDem 1 kursi ternyata belum mampu untuk mengambil lebih dari separoh hati tulus  272.660 mata pilih di Kabupaten Muarojambi. 

Bahkan perolehan suara Hj Masnah Busro SE yang sebelumnya kader Golkar dan akhirnya diusung PAN dan PKB dalam Pilkada serantak berhasil menyisihkan tiga pesaing utama. 

Dari hasil Pleno KPU Muarojambi akhirnya Hj Masnah Busro SE yang berpasangan dengan Bambang Bayu Suseno SP MM jadi pemenang. unggul dengan 76.974 atau 40.2 persen dari 266.532 mata pilih Pilkada Muarojambi.

Sisa perolehan suara pasangan Ivan wirata ST MM MT-Dodi Sularso SH meraih suara 62.624 atau 32, 7persen, pasangan Agustian Mahir SH-Suswiyanto memperoleh 43.483 suara atau 23,6% dan pasangan Abun Yani SH-Suhariyanto SH memperoleh 8.576 suara atau 4,5 persen. 

Jumlah DPT di Muarojambi adalah 266.532 mata pilih dengan suara yang masuk 195.211 atau 73.2%. Sementara suara sah 191.657 atau 98,2 persen dan suara tidak sah 3.554 atau 1,8 persen. Sementara tingkat partisipasi masyarakat mencapai 81,59 persen.

Pengalaman Pilkada Muarojambi

Merespon hasil Pilkada Muarojambi, Ivan Wirata kepada Jambipos Online, Jumat (7/4/2017) pagi mengatakan, bahwa pengetahuan politik atau berdemokrasi di Kabupaten Muarojambi masih kurang. Seperti pendewasaan politik dengan masyarakat. 

Isu politik uang masih seperti “Kentut” baunya bisa tercium tapi tak berwujud. Politik uang atau politik kotor yang dilakukan rival politik kerap menjadi senjata pemungkas bagi oknum calon yang menghalalkan segala cara untuk meraih kemenangan.

Campur tangan Ketua DPW PAN Provinsi Jambi H Zumi Zola di Pilkada Muarojambi membuat persaingan Pilkada Muarojambi tak kondunsif. Isu-isu politik uang santer merebak, namun tak banyak warga yang dapat melawan politik uang tersebut.

“Bayangkan saja, kita yang sering turun ke-desa desa dan membantu masyarakat dengan iklas, namun dalam waktu sekejab niat baik dan sosialisasi kita itu bisa hilang begitu saja hanya karena balas budi dari terima serangan fajar itu. Inilah yang membuat pesta demokrasi kerap membuat timbulnya kegaduhan. Kalau semua paslon bersaing secara fairplay dan elegan, dan hasilnyapun akan lebih amanah. Bukan mendukung calon bupati atau walikota dengan prinsip yang penting satu partai,” ujarnya.

Ivan Wirata yang kini menjabat Ketua Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) Provinsi Jambi juga meminta kepada calon Bupati, Walikota Pilkada 2018 untuk tidak patah semangat dalam bersosialisasi ke pada masyarakat.

Sosialisasi yang dilakukan kandidat sejak awal tidak akan sia-sia karena bersentuhan langsung dan meihta kondisi masyarakat di lapangan. Para kandidat juga punya tanggungjawab besar untuk mendidik masyarakat untuk santun dan dewasa dalam menyikapi pesta demokrasi, terutapa dalam berpolitik.

“Saya merupakan calon paling banyak aset saat Pilkada Muarojambi, tapi itu bukan suata cara untuk saya harus melakukan segela macam cara untuk menang di Pilkada. Saya ingin memberikan pembelajaran berpolitik yang santun dan dewasa kepada semua orang,” ujarnya.

Jejak Pilkada Muarojambi

Calon Bupati dan Wakil Bupati, Muarojambi Ivan Wirata - Dodi Sularso (Idola) Rabu (21/9/2016) pagi  mendaftarkan diri ke KPU Muarojambi. Pasangan ini adalah yang pertama mendaftar di Pilkada Jilid II 15 Februari 2017. 

Rimbongan berangkat dari kediamaN IW di komplek Citra Raya City, Mandalo Muaro Jambi. Saat sampai di Sengeti, IW dan rombongan tidak langsung menuju kantor KPU, melainkan berdoa dulu di posko pemenangan di Sengeti.

Kedatangan Pasangan Idola ini di posko pemenangan di Sengeti pun telah di sambut ratusan simpatisan para pendukungnya. "Kita mohon doa dan dukungan masyarakat agar prosesi pendaftaran yang kita lakukan hari ini berjalan lancar," ujar IW.

Pasangan Idola ini diusung 7 parpol yakni Golkar 6 kursi, Gerindra 3 kursi, PKS 2 kursi, PPP 2 kursi dan NasDem 1 kursi. Pasangan  Ivan Wirata-Dodi Sularso akan mengambil hati  272.660 mata pilih di Kabupaten Muarojambi. Sebelum mendaftar Doa Bersama di Kediaman IV Citra Raya Mendalo Sebelum Berangkat ke KPU Muarojambi, Rabu 21 September 2016 Pagi. 

Deklarasi Pertama

Deklarasi Pasangan Idola H Ivan Wirata ST MM dengan H Dodi Sularso SH untuk Bupati dan Wakil Bupati Muarojambi Pilkada 2017. Acara deklarasi di Lapangan Aksodano, Sengeti, Sabtu 17 September 2016 mulai Pukul 14:00 hingga 17.30 WIB. Hiburan Lesty (D'Academy), Gita (KDI), PP Wak Kocai. 

"Walau bagaimanapun beliau (HBA) tetaplah abang sekaligus orang tua Saya yang harus selalu Saya hormati. Meskipun beda kepentingan dalam dunia politik. Begitu juga dengan Pak Zumi Zola, terlepas apa pun hasil Pilkada Muarojambi, IW tetap mendukung program Jambi Tuntas beliau," katanya. 

Pasangan Idola menggelar Rapat Konsolidasi Partai Pengusung Idola, Rabu (14/9/2016). Pada rapat kali ini,  turut dihadiri oleh para  Ketua DPC dan DPD Partai pengusung pasangan Idola ini, yakni Golkar, PKS, NasDem, PPP, Gerindra. “Kita sangat optimis menang pada Pilkada nanti, karena partai pengusung kita merupakan partai besar," ujarn Ivan Wirata.

IW juga mengatakan, dalam rapat konsolidasi ini, hendak menunjukkan rasa kebersamaan dan kesolidan dari koalisi partai pendukung. Selain itu, rapat tersebut, juga dalam bentuk persiapan Deklarasi pasangan Idola yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 17 September 2016.

Profilnya H Ivan Wirata ST MM MT

Mundur sebagai Kapala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi karena merasa terpanggil membangun Muarojambi. Dengan kebulatan tekad, Ivan ngin membenahi kawasan yang kaya akan potensi sumber daya alam itu agar lebih maju ke depannya. Namun nasib belum diuntung. Kini H Ivan Wirata ST MM MT fokus ingin berbuat untuk Provinsi Jambi lewat Senayan (DPR RI).

Ivan Wirata merupakan pria kelahiran Air Tiris, Riau 27 Maret 1968 silam. Ia adalah menantu dari Ahmad Ripin, mantan Bupati Muarojambi pertama. Berikut ini Profile Lengkapnya.




KETERANGAN DIRI 
                                                                    
•Nama (Lengkap)-H. Ivan Wirata, ST, MM, MT           
•N I P-19680327 199703 1 002                 
•Pangkat Gol. Ruang Pembina ( IV/c ) TMT. 01/04/2013              
•Tempat & Tgl. Lahir-Air Tiris, 27 Maret 1968                   
•Jenis Kelamin-Laki-laki                   
•Agama-Islam            
•Status Perkawinan-Kawin  
                    
RIWAYAT JABATAN                                                                    
•1995 – 1997 : Staf Bagian Proyek Irigasi Wilayah Kerinci                   
•1997 – 1999 : Kepala TU Bag.Proyek Wilayah Batanghari - Tanjung Jabung
•1999 – 2000 : Koordinator lapangan Bag. Proyek Irigasi Wilayah Sarko - Bute                      
•2001 – 2002 : Assisten Pembinaan dan Pelaksanaan (Binlak) Proyek Irigasi Jambi                  
•2002 – 2003 : Kasi Pembangunan Pada Subdin Bina Marga Dinas PU Kab. Muaro       Jambi
•2004 - 2005: Pemimpin Bagian Proyek Pembangunan Tata Guna Air              
•2006 : Kepala SNVT Irigasi dan Rawa Jambi             
•2007 : PPK. Pengembangan Rawa                 
•2008 : Kepala SNVT Pelaksana Pengelolaan SDA Sumatera VI Provinsi  Jambi
•2009 : Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI                   
•2010 - 2011: Sekretaris Dinas PU Prov. Jambi           
•2011 – 2014 : Kepala Dinas PU Provinsi Jambi    
                  
 PENDIDIKAN
Pendidikan Umum                                     
•1975 – 1981 : SD No. 29 Pekan Baru            
•1982 – 1984 : SMPN 2 Pekan Baru               
•1985 – 1987 : SMAN 2 Pekan Baru              
•1987 – 1994 : Sarjana Teknik Jurusan Teknik Sipil Univ. Bung Hatta Padang  
•1999 – 2001 : Magister Management (MM) Labora Jakarta               
•2008 – 2009 : Magister Teknik Sipil (MT) Univ. Diponegoro Semarang
Latihan Jabatan (Km III, Km IV, SESPA dan lain-lain)                                                     
•1999 : Diklat ADUM  
•2004 – 2005 : Diklat PIM Tk. III                   
•2012 : Diklat PIM TK.II-                                                 
Penataran (P4, TARPADNAS, PEMILU, dan lain-lain) 
Pendidikan/Latihan/Kursus di DN (disebut gelar jika ada)                              
•1995 : Kursus Penyusunan Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL / UPL) bidang PU (Komisi Pusat AMDAL Dep.PU)                   
•1999 : Pendidikan dan Pelatihan Tata Cara Pengadaan Jasa Konstruksi (Pusdiklat Peg. Dep. PU)       
•2000 : Diseminasi Penerapan Hukum di Lingkungan Sub Dinas Pengairan Dinas PU Provinsi Jambi (Dinas PU Prov. Jambi)                       
•2001 : Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Proyek (LAN)               
•2004 : Pelatihan Pejabat Inti Proyek (PIP) (Ditjen SDA)                     
•2005 : Pendidikan dan Pelatihan Teknis Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi (Pem. Prov.Jambi)                  
•2006 : Seminar Nasional Peran dan Prospek Pengembangan Rawa dalam Pembangunan Nasional (Ditjen SDA)                      
•2007 : Workshop Reformasi Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menuju ) Penyelenggaraan Infrastruktur ke-PU-an di Era Globalisasi Univ. Diponegoro)               
•2007 : Pelatihan Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Sesuai Keppres RI No. 80 tahun 2003 (Angkatan XXIX) (LPPM Univ. Airlangga)                     
•2008 : Kuliah Perdana Mahasiswa Program Doktor Teknik Sipil dengan Topik Pengaruh Kebijakan Nasional tata Ruang dalam Pembangunan Insfrastruktur dan Pengendalian Bencana Alam (Univ. Diponegoro)                     
•2009 : Pelatihan Perencanaan Strategik, kepemimpinan dan Teknik Negosiasi (PPM)
•2009 : Pelatihan Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Sesuai Keppres (L4)
•2010 : Pendidikan dan Pelatihan Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara (Pusdiklat BPKP)        
•2010: Diskusi Panel Nasional Tema Rawa untuk Pangan (HIMALIRA dan Ditjen SDA)                      
•2013 : Pelatihan Ahli Pengadaan Nasional                               
                                                                                   
PANGKAT GOLONGAN  
                                                             
•1997 : Penata Muda  ( III/a )              
•2001 : Penata Muda Tk. I  ( III/b )                 
•2002 : Penata  ( III/c )            
•2006 : Penata Tk. I  ( III/d )               
•2010 : Pembina  ( IV/a )                     
•2011 : Pembina TK.1  ( IV/b )            
•2013: Pembina Utama Muda  ( IV/c )             
                                                                   
TANDA JASA PENGHARGAAN  
                                                           
•2008 : Satyalancana Karya Satya 10 Tahun Presiden RI                      
•2008 : Penghargaan Kinerja Pelaksanaan tugas Tahun 2007-2008                   
                                                                      
KETERANGAN ORGANISASI   
                                                             
Keterangan dalam Organisasi Profesi                                                           
•1. Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar (KNIBB)                     
•2. Himpunan Ahli Teknik Hidrolik Indonesia (HATHI)            
•3. Himpunan Masyarakat Peduli Rawa (HIMALIRA)                                                                                                                                                               
Keterangan dalam Organisasi Kemasyarakatan 
                                                      
•2012 : Pemuda Pancasila                    
•2013 : Pemuda Panca Marga              
•2014 : Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI)   

(Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos