Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Wagub Harap Pengelolaan Perkebunan Terus Ditingkatkan


Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Dr Drs H Fachrori Umar M Hum

Jambipos Online, Jambi-Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Dr Drs H Fachrori Umar M Hum berharap agar pengelolaan perkebunan Provinsi Jambi terus ditingkatkan. Provinsi Jambi memiliki potensi perkebunan yang luar biasa dan sangat menunjang perekonomian Provinsi Jambi. 

Maka dari itu, Wagub berharap kepada Dinas Perkebunan atau SKPD yang membidangi perkebunan, baik di tingkat Pemerintah Provinsi Jambi maupun di tingkat Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan, untuk terus meningkatkan pengelolaan perkebunan, supaya memberikan manfaat yang lebih baik lagi bagi masyarakat Provinsi Jambi, terutama bagi para petani.

Demikian dikemukakan Fachrori Umar dalam Pembukaan Rapat Koordonasi dan Konsultasi Pembangunan Perkebunan Tahun 2017 yang dilaksanakan di Hotel Golden Harvest Kota Jambi, Kamis (23/2/2017) siang.

Fachrori Umar menyampaikan bahwa Provinsi Jambi merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki potensi perkebunan cukup besar, dimana subsektor perkebunan ini menjadi andalan bagi perekonomian Provinsi Jambi dengan beberapa komoditas terdiri dari karet, kelapa sawit, kulit manis, kopi, kelapa dalam, nanas, dan pinang.

Peningkatan pengelolaan yang dimaksudkan oleh Wagub meliputi cara dan teknik bercocok tanam tanaman perkebunan dengan baik, promosi, dan pemasaran, agar seluruh proses dari hulu sampai hilir bisa berjalan dengan baik, membawa manfaat ekonomi yang lebih besar lagi bagi masyarakat, serta tetap memperhatikan kelestarian lingkungan.

“Untuk mewujudkan Jambi TUNTAS, kita harus mengimplementasikan secara konkrit dalam setiap sektor pembangunan di Provinsi Jambi, termasuk subsektor perkebunan,” ujar Fachrori Umar.

Fachrori Umar menambahkan, geliat roda ekonomi di Jambi dapat diindikasikan dari membaiknya harga komoditi perkebunan. “Bila harga komoditi perkebunan turun maka ekonomi Jambi ikut terpuruk. Hal ini membuktikan bahwa subsektor perkebunan mempunyai kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian Provinsi Jambi,” tutur Fachrori Umar .

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Ir.Bambang,MM selaku memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Provinsi Jambi yang telah mempertahankan kelembagaan Dinas Perkebunan untuk berdiri sendiri, dari 34 Provinsi di Indonesia hanya 8 Provinsi yang kelembagaan Dinas Perkebunan berdiri sendiri termasuk Provinsi Jambi.

Bambang harap Provinsi Jambi mendukung program Pemerintah Pusat dalam mensukseskan swasembada pangan melalui subsektor perkebunan, salah satunya bisa dilaksanakan dengan memperkuat kelembagaan petani dimana petani memegang peranan yang sangat penting, dibantu TNI untuk bekerjasama dalam meningkatkan subsektor perkebunan.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan untuk tahun 2017, program Pusat untuk Jambi adalah integrasi jagung, yakni dengan menanam jagung disela sela tanaman lain seperti kelapa sawit, jambu mete, dan karet.

Bambang menambahkan supaya dilakukan pengembangan agrowisata perkebunan, wisata dengan mensinergikan objek wisata berbasis perkebunan sehingga menjadi destinasi wisata yang baru.

Turut hadir dalam acara tersebut, Komandan Korem 042/Garuda Putih Jambi, para bupati/walikota se-Provinsi Jambi atau yang mewakili, Direktur lingkup Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, beserta para undangan lainnya. (Humas Prov Jambi)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar