Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Bupati Merangin Al Haris Ajak Pelaku PETI Jadi Berladang


Bupati Merangin Al Haris Selasa (12/2/2017) lalu telah melakukan panen raya padi ladang di Desa Muara Kibul Kecamatan Tabir Barat  seluas 100 hektar.

Jambipos Online, Merangin-Bupati Merangin H Al Haris kini mulai rutin turun ke lokasi-lokasi Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) guna mensosialisasikan gerakan berladang kepada pekerja PETI. Sat ini upaya itu mulai berhasil merubah tradisi warga Desa Muara Kibul Kecamatan Tabir Barat dari aktivitas rutin melakukan PETI, kini ramai-ramai turun ke ladang menanam padi.

Bupati Merangin Al Haris Selasa (12/2/2017) lalu telah melakukan panen raya padi ladang di Desa Muara Kibul Kecamatan Tabir Barat  seluas 100 hektar. “Ini prestasi warga Desa Muara Kibul yang sangat luar biasa. Warga bersatu merubah pikiran, dari tradisi kurang bagus  ke hal yang positif,” kata Al Haris.

Pada acara yang dihadiri Forkopimda Merangin itu Al Haris menegaskan, panen padi ladang merupakan tradisi nenek moyang dari dulu kala dan merupakan kearifan lokal masyarakat Merangin. Kini masyarakat kembali ke asalnya, pergi ke ladang dan ke sawah menanam padi.

“Kalau sebelumnya ada masyarakat yang mengatakan tidak bisa berladang tanpa membakar lahan, namun kenyataannya bisa. Warga berhasil menanam padi di sela-sela kebun karet,” ujarnya.

Hasilnya ladang yang tadinya tidak dikelola dengan baik, berkat komitmen warga meninggalkan PETI, kini ladang itu bisa menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Bahkan penghasilan rutin menanam padi itu melebihi dari melakukan aktivitas PETI.

“Saya tadi melihat di sekitar pondok warga di kebun itu ada yang menanam cabe dan sayuran. Itu sangat bagus, tinggal kita turun ke sungai mencari ikan. Kalau semua kebutuhan makan sudah terpenuhi, amanlah dunia dan itulah kebahagiaan sebenarnya,” sebut Al Haris.

Usai panen raya padi ladang, Al Haris memberikan bantuan alat-alat pertanian kepada warga, agar hasil panen berikutnya lebih melimpah. Pada kesempatan itu, bupati juga memberikan hadiah uang tunai kepada penenang lomba berbalas pantun dalam rangka panen raya tersebut. (Yah/JP-03)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar