Home » , » Limbah PT Sumbur Guna Nabati Cemari Sungai Tabir Merangin

Limbah PT Sumbur Guna Nabati Cemari Sungai Tabir Merangin

Written By jambipos-online on Thursday, January 5, 2017 | 14:02


Limbah PT Sumbur Guna Nabati Cemari Sungai Tabir Merangin


Limbah PT Sumbur Guna Nabati Cemari Sungai Tabir Merangin

Limbah PT Sumbur Guna Nabati Cemari Sungai Tabir Merangin

Limbah PT Sumbur Guna Nabati Cemari Sungai Tabir Merangin
Jambipos Online, Jambi-Merangin-PT Sumbur Guna Nabati ( Sogun) diduga mencemari Sungai Tabir Selan, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Akibat limbah cair dari perusahaan tersebut, ikan-ikan yang berada di sungai mati sehingga warga sekitar tak dapat mendapatkan ikan untuk konsumsi sehari-hari.

Warga Desa Karang Berahi akan mengajak Kepala Desa Karang Berahi Syamsul Fuad untuk mengadukan PT Sumbur Buna Nabati PMKS Bungo Antui, Kecamatan Tabir Selan, Kabupaten Merangin. 

Sebelum PT Sogun tersebut  dibuka di Desa Bungo Antui yang bersebelahan dengan Desa Karang Berahi masih bisa masayarakat makan ikan. Sekarang ikan di sungai Nabati wilayah Desa Karang Berahi tidak ada lagi ikan nya. Sewaktu limbahnya dibuang banyak ikan  yang mati, kerena limbah PT tersebut di buang kedalam Sungai Nabati tersebut.

Abas, salah seorang masyarakat Desa Karang Berahi mengatakan pada Jambipos sebelum limbah PT itu dibuang ke sungai masyarakat masih bisa mancing ikan di sungai itu. 

“Dulu pada tahun sebelum nya saya mancing di sungai itu pernah dapat hasil bisa di bawak pulang. Kadang kadang mencapai 4 kg satu kali pergi mancing. 

Harapan kami kepada kepala desa bisa mendampingi kami nanti nya, untuk mendatangi PT. SOGUN. Supaya limbah pabrik tidak dibuang kedalam sungai. Kalau tidak ada selusi dari PT itu,  kami masyarakat akan demo ke kantor bupati supaya PT itu tidak membuang limbah pabrik ke dalam sungai nabati itu,” katanya.

Senada juga HS, warga desa AIR hitam mengatakan sungai nabati itu muara ke sungai air hitam,  wajar beberapa minggu yang lalu ada yang bilang kalau mandi di sungai air hitam itu habis mandi badan terasa gatal gatal, rupanya air limbah PT tu dia buang kesungai, HS akan menceritakan dengan masyarakat air hitam, kami bisa ikut turun kejalan nanti nya ungkapnya.

Jambipos mencoba konfirmasi pada tanggal (4/1/2017) dengan pihak PT Sumber Guna Nabati, dikantornya. “Setelah melapor dengan satpam yang jaga, ada 3  orang, tolong bilang sama pak Haris  sebagai personalia atau sama pak menejer nya Aritonang ada Jambipos mau konfirmasi. Satpam Yudi yang duluan bicara. Pak Haris lagi di Jambi kalau pak Aritonang lagi di Medan,”  kata satpam, sempai berita ini diturunkan pihak perusahaan belum bisa dihubungi. (Yah)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos