Home » , , » PMI Kekurangan 300 Kantong Darah Setiap Bulan

PMI Kekurangan 300 Kantong Darah Setiap Bulan

Written By jambipos-online on Monday, September 26, 2016 | 9:47 PM


DONOR: Aksi sosial  donor darah yang dilakukan oleh Managemen Swiss-Belhotel bekerja sama dengan PMI Provinsi Jambi, Sabtu (24/09). FOTO IST

Berbagi Darah di Swiss-Belhotel

Jambipos Online, Jambi-Palang Merah Indonesia (PMI) Jambi hingga kini masih kekurangan ketersediaan 300 kantong darah setiap bulan. Kebutuhan kantong darah di PMI Jambi setiap bulannya mencapai 1.600 kantong, namun ketersediaan hanya 1.300 kantong setiap bulan. Kini PMI Jambi gencar melakukan kampanye donor darah dengan berbagai pihak.

Aksi sosial  donor darah yang dilakukan oleh Managemen Swiss-Belhotel bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jambi berhasil mendapatkan 89 Kantong darah, Sabtu (24/09).

Ketua PMI Provinsi Jambi, Hartman  Manap, mengatakan, kegiatan yang diadakan Swiss-Belhotel sangat bagus sekali. “Kita akan membuat MoU dengan Swiss-belhotel, karena kebutuhkan darah sebulan 1.600 Kantong  sedangkan persediaan kantong darah hanya 1.300 kantong,” ujarnya.

Selanjutnya Harmant mengatakan, jadikan donor darah itu gaya hidup, dan budaya. “Budaya kita kan tolong orang, donor darah itu kan membantu orang yang sedang menderita sakit yang memerlukan darah,” ujarnya.

Hartman Manap berharap perusahaan atau hotel lain bisa meniru,  karena darah itu gak bisa di produksi sendiri, CSR seperti sangat bagus karna yang mendonor dapat pahala, dan dapat sehat, dan yang mendapat donor darah bisa selamat.

Aksi donor darah bertemakan “Setetes Darah Bagi Mereka Ini” merupakan salah satu Corporate Sosial Responsibilty (CSR) yang diberikan Swissbel-hotel kepada masyarakat.

Aksi donor darah mendapatkan respon yang antusias dari berbagai kalangan. Ratusan masyarakat, karyawan De'Tones by Afgan, karyawan hotel O2,  karyawan Gramedia, Jambi Tourism Community (JTC) dan serta karyawan Swiss-belhotel dan karyawan Harian SorotJambi.

PMI merupakan organisasi yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan untuk membantu sesama, antara lain donor darah. PMI akan melakukan pemeriksa terlebih kepada calon pendonor seperti cek tensi darah, jika tensi darah normal akan melakukan cek akhir seperti pemeriksaan Hemoglobin (HB), HB yang bagus bisa mendonorkan darah.

Matthobi'I selaku Ketua Sosial Komite mengatakan tujuan diadakan donor darah karena banyak orang yang membutuhkan darah. Seperti kejadian tempo lalu karyawan kami sendiri, jadi seperti itulah kami berinisiatif untuk melakukan kegiatan ini.
 
Ernita Sarah selaku HRD Swiss-belHotel Jambi mengatakan aksi donor darah ini akan menjadikan agenda rutin mereka setiap 4 bulan.

Sementara Yuni, Manager Swiss-belhotel berharap warga Jambi semakin sadar kalo kegiatan donor darah itu bermanfaat untuk dirinya sendiri.

Kastin, warga yang mendonorkan darah “baru sekali ini donor darah, karna mau bantu yang membutuhkan,” ujarnya.


Eka Novitra (34) warga Kenali Asam Atas Kotabaru Jambi yang sengaja datang untuk mendonorkan darahnya. “Supaya bermanfaat untuk orang lain aja, supaya darah yang lama diganti dengan darah yang baru lagi,” katanya. (JP-06)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos