Home » , » Al Haris Ikuti Diskusi Pengendalian Inflasi di Pusat Digelar Bank Indonesia Institute

Al Haris Ikuti Diskusi Pengendalian Inflasi di Pusat Digelar Bank Indonesia Institute

Written By jambipos-online on Thursday, September 1, 2016 | 6:06 PM

Displaying Bupati Merangin H Al Haris saat mengukuti diskusi.jpgJambipos Online, Merangin-Bupati Merangin H Al Haris sejak 31 Agustus 2016 sampai Jumat (2/9), mengikutidiskusi, membahas strategi pengendalian inflasi dalam acara Economic Leadership for Regional Government Leader.

Acara yang digelar Bank Indonesia Institute dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) tersebut, berlangsung di Gedung BI Institute Kompleks Bank Indonesia, Thamrin Jakarta.

‘’Diskusi ini fokus pada pembahasan tantangan dalam implementasi kebijakan, untuk memajukan perekonomian daerah. Salah satunya dengan mencari sumber dan sektor penggerak ekonomi di setiap daerah,’’ujar Bupati, Rabu (1/9).

Melalui diskusi tersebut lanjut bupati, inflasi yang terjadi bisa cepat terkendali, sehingga tingkat kemiskinan juga dapat berkurang. Harus diakui berbagai upaya dilakukan bupati untuk menekan angka kemiskinan tersebut.

Menariknya dari 416 jumlah kabupaten di seluruh Indonesia, kepala daerah yang terpilih mengikuti diskusi tersebut hanya 30 orang. Untuk Provinsi Jambi hanya diikuti  Bupati Merangin H Al Haris dan Bupati Batanghari H Syahirsah.

Sementara itu Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan, forum itu akan membantu para kepala daerah untuk merumuskan strategi menumbuhkan perekonomian daerah dan nasional.

Untuk itu kepala daerah diharapkan berinovasi atau melakukan diversifikasi sektor penopang ekonomi daerah, tanpa harus terus bergantung pada komoditas. Sebab, harga komoditas dunia saat ini masih belum membaik, sehingga ekspor komoditas juga menurun.

"Daerah harus bisa mandiri perekonomiannya," tegas Perry. Untuk itu pentingnya dilakukan investasi di sektor hilir dan mengembangkan sektor unggulan lain, seperti pariwisata dan pertanian.

Selain itu Perry berharap, para kepala daerah bisa menjalin relasi dan komunikasi yang baik, untuk kemudian saling bertukar pengalaman, informasi dan strategi guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta pengendalian inflasi di daerah.

Acara yang dibuka Kepala BI Institute Sungeng tersebut, menghadirkan narasumber  Prof Dr Hermanto Siregar (Wakil Rektor IPB), DR Dian Ediana Rae (Kepala Dept Regional 1 BI), DR Sugeng (Kepala BI Institute), DR Pungki P Wibowo (Dir Grup pengembangan sistem pembayaran ritel dan keuangan insklusif) dan DR Yoga Afandi (Dir Riset Ekonomi BI). (Yah)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos