Home » » Zola Sampaikan Nota Pengantar RPJMD 2016 – 2021 Kepada DPRD

Zola Sampaikan Nota Pengantar RPJMD 2016 – 2021 Kepada DPRD

Written By jambipos-online on Monday, June 6, 2016 | 10:22 PM




Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola, S.TP,MA menyampaikan Nota Pengantar Arah Kebijakan Umum Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi Tahun 2016 – 2021 kepada DPRD Provinsi Jambi dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi.

Paripurna itu dalam rangka penyampaian Rancangan Awal RPJMD Provinsi Jambi Tahun 2016 – 2021, dan pengambilan Keputusan Dewan terhadap Pemekaran Kabupaten Kerinci Menjadi Kabupaten Kerinci dan Daerah Persiapan Kabupaten Kerinci Hilir, bertempat di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Provinsi Jambi, Senin (6/6/2016) siang.

Zola menuturkan, visi Jambi TUNTAS (Tertib, Unggul, Nyaman, Tangguh, Adil, dan Sejahtera) 2021 diturunkan menjadi enam misi, yaitu: Meningkatkan tata kelola pemerintahan daerah yang bersih, transparan, akuntabel, dan partisipatif, yang berorientasi pada pelayanan publik.

Kemudian meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, terdidik, berbudaya, agamis, dan berkesetaraan gender, menjaga situasi daerah yang yang kondusif, toleransi antar umat beragama, dan kesadaran hukum masyarakat, meningkatkan daya saing daerah melalui optimalisasi pembangunan ekonomi kerakyatan yang didukung oleh penerapan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi (IPTEKIN) yang berwawasan lingkungan.

Selanjutnya meningkatkan aksesibilitas dan kualitas infrastruktur umum, pengelolaan energi dan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan, meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Zola mengungkapkan, Provinsi Jambi mendapat tantangan yang cukup berat kedepan, dimana dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahu 2015 – 2019, Provinsi Jambi ditargetkan oleh Pemerintah Pusat pada tahun 2019 untuk meningkatkan perumbuhan ekonomi 8,9%, menurunkan angka kemiskinan 4,2%, serta menurunkan angka pengangguran 2,6%.

Zola mengatakan, melihat kondisi capaian ekonomi makro nasional dan Provinsi Jambi saat ini, maka diambil kebijakan memasang target ekonomi makro dalam RPJMD Provinsi Jambi Tahu 2021 sebagai berikut: pertumbuhan ekonomi 7,8%, inflasi 3,0%, persentase penduduk miskin 3,8%, Indeks Gini 0,27% dan Indeks Williamson 0,35%.

Zola menjelaskan kebijakan-kebijakan dalam tiap-tiap misi, yaitu: kebijakan untuk misi pertama, antara lain diarahkan pada peningkatan akuntabilitas kinerja provinsi dan kabupaten/kota, peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, peningkatan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), pengembangan e-government, peningkatan kapasitas aparatur, serta peningkatan fasilitas dan kemampuan aparat pelayan publik.

Kebijakan untuk misi kedua, antara lain diarahkan pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat, peningkatan kualitas pendidikan dan peningkatan peran lembaga pendidikan dan lembaga adat dalam pelestarian budaya daerah, serta peningkatan pembangunan dan pemberdayaan gender.

Dikatakan oleh Zola, dalam rangka meningkatkan daya saing SDM sebagai salah satu faktor kunci dalam reformasi ekonomi, melalui Misi ke-2 Jambi TUNTAS yang mengacu pada Nawacita ke-3, yaitu “akan meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui Indonesia Pintar, Indonesia Sehat, Indonesia Kerja, dan Indonesia Sejahtera”, telah disiapkan beberapa program prioritas, diantaranya beasiswa untuk 15.000 orang, dengan beberapa kriteria SDM yang dibutuhkan dalam rangka meningkatkan nilai tambah Provinsi Jambi, seperti menyekolahkan calon guru-guru sekolah kejuruan, yang saat ini jumlahnya sangat terbatas, tenaga medis dan dokter spesialis sebagai pemenuhan persyaratan Akreditasi Rumah Sakit, serta anak-anak dari Rumah Tangga Miskin dan anak-anak berprestasi.

Kebijakan untuk misi ketiga, antara lain diarahkan pada penurunan tingkat konflik, pemberian kepastian hukum terhadap hak adat dan hak ulayat masyarakat lokal dan komunitas adat terpencil, pembinaan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, serta peningkatan budaya taat hukum.

Kebijakan untuk misi keempat, antara lain diarahkan pada peningkatan SDM yang menguasai dan terampil di bidang IPTEKIN dan enterpreneurship, penerapan teknologi pertanian dan sarana prasarana teknologi pertanian, serta pengembangan agroindustri berbasis padat karya.

Kebijakan untuk misi kelima, antara lain diarahkan pada peningkatan kualitas jalan dan jembatan yang menjadi akses ke sentra produksi, peningkatan layanan transportasi sungai, laut dan udara, peningkatan rasio elektrifikasi, peningkatan jaringan irigasi dalam kondidi baik, peningkatan alat berat sebagai fasilitas cepat tanggap untuk penataan drainase, normalisasi sungai dan perbaikan sarana pertanian masyarakat lainnya, serta rehabilitasi hutan dan lahan.

Kebijakan untuk misi keenam, kebijakan antara lain diarahkan pada peningkatan tenaga kerja yang ditempatkan, peningkatan pendapatan petani dan nelayan serta peningkatan infrastruktur perdesaan, dan, untuk percepatan pencapaian misi ini, akan ada program khusus, seperti bantuan Dana Desa/Kelurahan di Provinsi Jambi.

Zola mengemukakan, dalam rangka mendukung pencapaian Visi Jambi TUNTAS 2021, indikasi program yang disusun dalam rancangan awal RPJMD adalah 203 program, yang terdiri dari 120 program prioritas, yang mendukung langsung pencapaian tujuan dan sasaran Visi Misi, 5 program rutin, dan 78 program pendukung.

Selanjutnya, Zola engemukakan, mengacu pada perubahan paradigma perencanaan yang semula money follows function menjadi money follows programme, maka pendanaan akan lebih diarahkan pada program prioritas dengan mengoptimalkan kemampuan pendanaan melalui pendekatan tematik, holistik, terintegrasi, dan spasial, dan melalui pendekatan tersebut, program-program yang disusun, diharapkan mampu mengakselerasi terwujudnya Jambi TUNTAS 2021. (Mustar Hutapea-Humas Prov Jambi)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos