Home » , » Korem Garuda Putih Amankan Tiga Truk Bermuatan Kayu Curian

Korem Garuda Putih Amankan Tiga Truk Bermuatan Kayu Curian

Written By jambipos-online on Saturday, April 9, 2016 | 10:14 AM

Ilustrasi kayu ilegal.
Ilustrasi kayu ilegal. (Antara)
Jambipos Online, Jambi-Intensifnya operasi penanggulangan pembalakan liar (illegal logging) yang dilakukan aparat keamanan selama ini ternyata belum mampu menghentikan kegiatan pembalakan liar di Provinsi Jambi. Pembalakan liar di daerah itu masih terus terjadi hingga kini. Hal tersebut terterbukti dari kasus-kasus penangkapan kayu curian di daerah itu hingga kini.

Jajaran Komando Resort Militer (Korem) 042/Garuda Putih (Gapu) Jambi misalnya sudah beberapa kali mengamankan kayu hasil pembalakan liar atau kayu curian di Jambi. Kasus terbaru, yakni tertangkapnya tiga unit truk bermuatan ratusan batang kayu olahan hasil curian. Kayu hasil curian yang siap dijual tersebut mencapai volume 34 empat kubik.

Komandan Korem (Danrem) 042/Gapu, Kolonel Inf Makmur Umar kepada wartawan di Jambi, Jumat (8/4/2016) menjelaskan, pihaknya berhasil mengamankan tiga unit truk bermuatan ratusan batang kayu curian tersebut di wilayah Desa Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Jumat (8/4) dini hari. Sebanyak 34 meter kubik kayu curian tersebut sudah bentuk setengah jadi, yakni papan dan kayu berukuruan 4 x 6 meter. Kayu curian tersebut terdiri dari jenis kayu langka.

"Truk bermuatan kayu curian itu diamankan Satuan Intel Korem 042/Gapu Jambi dalam perjalanan menuju Kota Jambi. Ketika diperiksa petugas, pengemudi truk tidak bisa menunjukkan dokumen kayu yang mereka bawa, sehingga truk dan awak truk langsung diamankan. Petugas berhasil mengendus pengiriman kayu curian tersebut berdasarkan hasil penyelidikan di lapangan beberapa hari terakhir," katanya.

Dijelaskan, ketiga truk bermuatan kayu curian tersebut diamankan di markas Korem 042/Gapu Jambi. Sedangkan dua pemilik kayu dan tiga orang sopir truk tersebut langsung ditahan dan diperiksa. Satu orang awak truk pembawa kayu curian tersebut yang kabur ketika hendak ditangkap masih diburu.

"Selama sepekan ini, kami sudah mengamankan enam truk pengangkut kayu curian. Barang bukti kayu curian yang berhasil diamankan mencapai ribuan batang. Untuk penanganan lebih lanjut, kasus penangkapan truk bermuatan kayu curian tersebut segera dilimpahkan ke Polda Jambi," tambahnya.(Rds/SP)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos