Home » , » Ganti Rugi Lahan Sudah OK, Pelebaran Jembatan Batas Kota Jambi-Muarojambi Mulus

Ganti Rugi Lahan Sudah OK, Pelebaran Jembatan Batas Kota Jambi-Muarojambi Mulus

Written By jambipos-online on Wednesday, April 6, 2016 | 9:03 AM

Gubernur Jambi, H.Zumi Zola didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Ir PB Panjaitan MM meninjau pembangunan jembatan untuk pelebaran jalan di batas Kota Jambi–Kabupaten Muaro Jambi, tepatnya di dekat gapura perbatasan Kota Jambi dengan Kabupaten Muaro Jambi, Jum’at (1/4/2016) siang.IST

Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H.Zumi Zola didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Ir PB Panjaitan MM meninjau pembangunan jembatan untuk pelebaran jalan di batas Kota Jambi–Kabupaten Muaro Jambi, tepatnya di dekat gapura perbatasan Kota Jambi dengan Kabupaten Muaro Jambi, Jum’at (1/4/2016) siang.

Zumi Zola menyatakan bahwa kendala pekerjaan pelebaran jalan di lokasi tersebut adalah masalah ganti rugi lahan. Dan, Zola menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi siap melakukan ganti rugi lahan, asal sesuai dengan ketentuan aturan hukum yang berlaku.

“Kita sudah bangun jembatan. Permasalahannya adalah pembebasan lahan. Kepada masyarakat yang memiliki lahan, sudah kami lakukan pendekatan terus, karena saya menerima sangat banyak sekali keluhan dari masyarakat, di sini macet sekali,” ungakap Zola.

“Bukan kami tidak siap dananya. Kami siap dananya, dari balai pun sudah ada. Untuk pembebasam lahannya, untuk membangun fisiknya juga sudah ada semua. Tinggal lagi adalah keikhlasan dan bantuan dari masyarakat yang memiliki lahan. Ini bukan gratis, kita ada dananya, akan kita berikan, tetapi sesuai dengan ketentuan dari pemerintah. Kami masih berkeinginan untuk dapat menghimbau masyarakat pemilik lahan, tolong bantu dan dukung kami, untuk masyarakat yang lebih luas lagi manfaatnya,” tegas Zola.

“Kita lihat setiap hari macet di sini, dan padat sekali. Kemarin saya juga sudah sampaikan ke Pak Bupatinya, Pak Burhanuddin Mahir agar membantu (pekerjaan ini), agar sama-sama dan supaya pembangunannya bisa cepat dilaksanakan, kalau tidak sayang uangnya, dananya sudah ada, tidak bisa terlaksana, balik lagi dananya, tidak bisa maksimal,” tutur Zola.

Zola berharap, jika pembangunan pelebaran jalannya sudah terealisasi, lajur kendaraannya bisa banyak. “Kalau sekarang cuma satu (lajur). Mobil lewat sini, kendaraan berat lewat sini, sepeda motor lewat sini, kan kasihan macet terus,” ujar Zola.

“Kami sudah jelaskan bahwa danya ada dan dananya memang tidak bisa kami besarkan dan tidak mungkin juga kami kecilkan. Itulah dananya, dan kami siap untuk membangun jalan ini,” tegas Zola.

Terkait kemungkinan gapura batas Kota Jambi–Kabupaten Muaro Jambi dilebarkan atau digeser untuk keperluan pelebaran jalan, Zola mengemukakan,”Mau tidak mau ini akan berimbas kepada gapura. Nanti kita akan koordinasikan dengan Pak Walikota (Jambi) dan Pak Bupati agar pembangunan pelebaran jalan bisa maksimal. Jangan sampai nanti kita sudah bangun banyak, kita investasikan banyak, tetapi tidak bisa maksimal. Nanti kita akan carikan solusikan, apakah dilebarin atau digeser,” pungkas Zola.

Sementara Ir PB Panjaitan MM menambahkan, pihak terus berupaya untuk mendekati warga dan musyawarah terkait dengan ganti rugi lahan yang kena pelabaran jalan-jembatan itu. Pihaknya juga sudah menyiapkan dana untuk gantirugi sesuai dengan harga NJOP yang ditetapkan pemerintah setempat. (Lee)


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos