Home » , » TPID Kota Jambi Bergerak Cepat Mengantisipasi Kenaikan Harga Pangan

TPID Kota Jambi Bergerak Cepat Mengantisipasi Kenaikan Harga Pangan

Written By jambipos-online on Saturday, March 19, 2016 | 6:15 AM

Anggota PKK mengikuti sosialisasi budidaya cabe merah dan bawang merah.IST

Deputi Kepala Perwakilan BI Prov. Jambi, Meily Ika Permata dan Ketua TP PKK Kota Jambi, Yuliana Fasha.

Ketua TPID Kota Jambi menyaksikan penyerahan PSBI tanaman cabe merah dalam polybag kepada TP PKK Kota Jambi.

Jambipos Online, Jambi-Bank Indonesia (BI) bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terus berupaya untuk mengendalikan inflasi, khususnya yang disebabkan oleh jenis tanaman pangan penyumbang inflasi seperti cabai merah dan bawang merah. 

Rapat koordinasi High Level Meeting TPID Kota Jambi pada tanggal 10 Februari 2016 lalu telah menyepakati bahwa salah satu Program Kerja TPID Kota Jambi yang akan dilaksanakan pada tahun 2016 ini adalah “Melaksanakan program penanaman cabai dalam polybag bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Jambi untuk mengantisipasi kenaikan permintaan cabai di bulan puasa (Juni 2016)”.

Menindaklanjuti program kerja TPID Kota tersebut, pada hari Selasa (16/3) bertempat di Ruang Pola Kantor Walikota Jambi, dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Budidaya Tanaman Cabai Merah dan Bawang Merah kepada ibu-ibu Penggerak PKK Kota Jambi sekaligus Serah Terima Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada TP PKK Kota Jambi. 

Dalam kegiatan ini hadir Ketua TPID Kota Jambi Daru Pratomo (Sekda Kota Jambi), Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Meily Ika Permata, Ketua TP PKK Kota Jambi Yuliana Fasha, Narasumber dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jambi beserta ibu-ibu penggerak PKK di seluruh kecamatan dan kelurahan di Kota Jambi.

“Untuk mendukung program kerja TPID Kota dalam mengendalikan inflasi di Kota Jambi serta mengantisipasi kenaikan permintaan cabai merah dan bawang merah di bulan Puasa pada bulan Juni 2016, Bank Indonesia memfasilitasi pemberian tanaman cabai merah sebanyak 1.620 polybag dan tanaman bawang merah sebanyak 1.620 polybag kepada TP PKK Kota Jambi” jelas Meily Ika Permata, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi dalam sambutannya. 

Harapannya dengan pemberian tanaman ini bisa dipanen menjelang dan pada saat bulan puasa dan Idul Fitri untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan mendukung pengendalian harga.

Ketua TPID Kota Jambi Daru Pratomo dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar para ibu-ibu di Kota Jambi dapat membiasakan menanam cabai merah dan bawang merah di pekarangan masing-masing. Keterbatasan lahan di perkotaan dapat diatasi dengan penanaman menggunakan polybag.

Ketua TP PKK Kota Jambi Yuliana Fasha mengucapkan terimakasih atas dukungan BI dan berharap pemberian tanaman cabe merah dan bawang merah ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh anggota PKK. 

Bukan hanya memanennya saja, namun terus dilanjutkan penanamannya dan dibudidayakan di setiap pekarangan rumah. Bukan hanya itu, kebiasaan baik ini juga diharapkan dapat ditularkan ke lingkungan terdekat. Dengan demikian, rumah tangga dapat memenuhi kebutuhan konsumsi keluarga secara mandiri dan pada akhirnya mempunyai dampak positif yaitu terkendalinya harga cabai merah dan bawang merah. (Rel/Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos