Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Pelantikan Kepala Daerah Terpilih Berlangsung Juni

Soemarsono
Jambipos Online, Jakarta-Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan pelantikan pasangan calon (paslon) kepala daerah hasil pilkada serentak 9 Desember lalu akan berlangsung pada Juni 2016. Ukuran serentak pemilihan tersebut bukan pada pemungutan suara, namun pelantikannya.

Direktur Jendral Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Soemarsono mengatakan, sesuai jadwal penetapan paslon terpilih yang diatur Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2015, jika tidak ada permohonan perselisihan hasil pemilihan (PHP)  pada 21– 23 Desember.

“Namun pelantikannya nanti bisa Juni 2016,” kata Soemarsono usai Pengarahan Mendagri pada Penyerahan Dipa TA 2016 Lingkup Kemendagri dan BNPP‎, Senin (14/12).

Jika ada sengketa PHP, maka penetapan paslon bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota terpilih dilaksanakan pascaputusan Mahkamah Konstitusi (MK), yakni 12 Februari – 14 Maret. Hanya saja, ia menargetkan, sebelum 21 Desember harus selesai semua.

Jadi sambung dia, pihaknya memperkirakan pelantikan kepala daerah terpilih digelar pada akhir Juni 2016 mendatang. "Walaupun ada sengketa atau tidak ada sengketa. Kami perkirakan pelantikan kada terpilih pada Juni 2016. Terakhir ‎itu di Sulteng," Penjabat Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) itu.

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar