Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Catatan Pinggir, Jangan Pilih Caleg DPD RI Bermodalkan Baliho


Oleh: Asenk Lee Saragih 

Hj Elviana Masih yang Terbaik Caleg DPD RI Pemilu 14 Februari 2024

Jambipos Online-"Daripado nonton film boboho,Lebih baik main layang-layang. Daripado milih yang hanya masang baliho, Lebih baik nyoblos yang datang".

Kalimat itu dituliskan Dra Hj Elviana MSi di laman akun media sosial (facebook) miliknya baru-baru ini. Suatu kalimat sindiran yang sangat menohok kepada caleg-caleg DPD RI Dapil Provinsi Jambi yang hanya bermodalkan baliho di pinggir jalan tanpa melakukan sosialisasi turun ke masyarakat. 

Melihat laman media sosial Hj Elviana, serasa tak ada habisnya foto-foto saat dirinya blusukan mengunjungi masyarakat di Provinsi Jambi, dari Ujung Jabung hingga ujung desa di Kabupaten Kerinci. Bahkan hingga berakhirnya masa kampanye 10 Februari 2024, Hj Elviana saat ini masih mengunjungi masyarakat tanpa rasa lelah. 

Meski rutin blusukan dengan membawa sejumlah program pusat ke daerah, toh cibiran masih saja ada dialamatkan kepada Hj Elviana. Krtikan lewat media diterima dengan lapang dada dengan mengedepankan data dan fakta, bukan bualan semata. 

Beasiswa PIP

Berkat kepiawaian  Elviana, meski bukan pada bidangnya selalaku Ketua Komite IV DPD RI, dirinya mampu membawa Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) ke Provinsi Jambi. Puluhan ribu pelajar, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA sederajat di Provinsi Jambi telah menerima Beasiswa PIP yang diperjuangkan Elviana di Pusat.  

Meski demikian, Elviana juga masih mendapat tudingan kalau pembagian Beasiswa PIP itu kampanye terselubung. Bahkan ada media yang memberitakan kalau Kadis Pendidikan Kota Jambi terlibat politik praktis saat Elviana membagikan Beasiswa PIP tersebut. 

Elviana mengklarifikasi tudingan sebuah media siber itu yang tidak paham dengan prosedur penyaluran Beasiswa PIP dan minimnya informasi yang dimiliki wartawan yang menulis berita itu.

Menurut Elviana, Kadis Kota Jambi sudah melaksanakan hal sesuai prosedur. Beasiswa itu aspirasi Elviana sebagai Anggota DPDRI Dapil Provinsi Jambi. Total 8.898 siswa SD SMP di Kota Jambi Tahun 2023. 

Sebelumnya 20 Juli 2023 Elviana mendatangkan pejabat Kemendikbud RI yang megang program PIP dan memberikan arahan ke Kepsek SD SMP se Kota Jambi tentang bagaimana cara mengisi yang benar usulan PIP.

Kemudian Kepsek mengusulkan nama-nama siswa ke Elviana. Oleh Kemendikbud RI usulan pemangku jabatan SK PIPnya tidak dikirim ke aplikasi sipintar milik sekolah, juga tidak ke aplikasi Dinas Pendidikan Kota Jambi. Tapi SK PIP yang diurus Elviana dikirim KEMENDIKBUD RI ke Email Elviana.

Selanjutnya Elviana mengirimkan surat ke Kemendikbud mau serahkan SK tersebut ke Kepsek dan mau serahkan Piagam PIP langsung ke ortu siswa karena di piagam itu Elviana cantumkan nomor rekening siswa yang dapat PIP.

Elviana juga bersurat ke Bawaslu Provinsi Jambi tentang rencana kunjungan ke sekolah-sekolah tersebut. Bawaslu mengirimkan team di setiap sekolah yang Elviana kunjungi. Bahkan kegiatan penyerahan Beasiswa PIP itu diliput oleh TVRI dan media lainnya dan dipublukasikan.

Periode ke 1 dan ke 3 Elviana di Senayan, dirinya ada bantu anak Jambi dapat beasiswa PIP juga langsung Elviana antar ke sekolah dan ke ortu siswa. "Salahnya pak Kadis Pendidikan Kota Jambi dimana? Wartawannya tidak cerdas. Tidak faham beasiswa PIP langsung aja tulis-tulis berita," ujar Elviana.

Juga seperti baru-baru ini, Elviana dikritik di Kabupaten Kerinci oleh seorang aktivis setempat yang minim informasi tentang kinerja Elviana selama menjabat Senator Jambi di Senayan. 

Elviana telah berulangkali memaparkan program apa saja yang sudah diusungnya ke Provinsi Jambi selama Dia di Senayan. Misalnya Program Beasiswa PIP untuk siswa-siswi di Jambi ketika Elviana duduk sebagai Anggota Komisi X DRR RI, Program Bantuan Beasiswa Bidikmisi, LPDP dari Kementerian Keuangan untuk Mahasiswa Jambi.

Saat duduk sebagai Anggota Komisi XI DPR RI, Elviana juga mengusung Program Bantuan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Program PSBI. 

Selanjutnya Program Bantuan Alsintan Pertanian dan Modal Usaha Kelompok, Bantuan Benih Pertanian, Progran Mekar UMI Program Bantuan untuk masyarakat atau ibu-ibu rumah tangga tanpa agunan dengan syarat KTP dan KK saja dari Kementerian Keuangan kini sudah mencapai 10.000 nasabah di Provinsi Jambi.

Elviana juga mengusung Dana DAK aspirasi sebag Anggota Badan Anggaran DPR untuk Kota Jambi Rp 100 M, untuk Kabupaten Merangin Rp 56 M dan terbaru untuk Rumah Sakit Pemkab Bungo Rp 43 M. 

Bahkan penambahan runway Bandara Muarabungo dari 1500 meter menjadi 1800 meter sehingga bisa didarati oleh pesawat Boeing juga atas upaya Hj Elviana sewaktu rapat di Banggar DPR dengan Menteri Perhubungan Ignatius Jonan.

Elviana juga mendorong pembangunan kantor layanan perbankan di ibu kota kecamatan di Provinsi Jambi seperti di SP3 Limbur Lubuk Mengkuang dan di Kecamatan Masurai Kabupaten Merangin.

Hal itu sebagian kecil program yang telah diperjuangkan Elviana untuk Provinsi Jambi. Dirinya ingin terus membantu masyarakat Provinsi Jambi, agar ekonomi dan penghasilan masyarakat bisa meningkat, bantuan yang langsung bersentuhan dengan masyrakat kecil.

Munculnya program UMI yang digagas Elviana bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani ini guna mengatasi kesulitan pengusaha UKM dalam memperoleh pinjaman dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang mewajibkan nasabah menyerahkan bukti jaminan. Sedangkan Program UMI tidak ada agunan.

Misalnya di Kabupaten Merangin sendiri sudah tercatat 5000 ibu-ibu yang sudah menikmati dana Program UMI sejak pertengahan tahun 2018 lalu dengan usaha yang berkembang pesat. Bahkan untuk di Kabupaten Merangin tidak ada tunggakan dari penerima bantuan modal ini.

Peluang 18 Caleg DPD RI

Pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang, 18 caleg DPD RI akan merebut 4 kursi DPD RI Dapil Provinsi Jambi pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang. 18 Caleg DPD RI akan merebut suara DPT Pemilu 2024 di Provinsi Jambi sebanyak 204.807.222 pemilih. 

Namun bagi 14 Caleg DPD RI sulit rasanya mengalahkan 4 caleg DPD RI patahana dapil Provinsi Jambi yakni Hj Elviana, Ria Mayang Sari, H M Syukur dan M Sum Indra. Meski patahana ada yang bisa dikalahkan, mungkin atas nama Ria Mayang Sari. Pasalnya, H Fachrori Umar, ayah dari Ria Mayang Sari tak lagi menjabat Gubernur Jambi dan ibundanya Hj Rahima tak lagi anggota DPRD Provinsi Jambi.

Saat Pemilu 2019 lalu, perolehan suara Ria Mayang Sari terdongkrak karena ada efek dari kedua orang tuanya yang saat itu sedang berkuasa. Namun kini H Fachrori Umar sudah tak lagi menjabat dan ibundanya kini jadi terdakwa kasus korupsi suap APBD Provinsi jambi Tahun 2017.

Sementara pada Pemilu 2019 lalu, hasil Pleno KPU RI, empat Anggota DPD RI Dapil Provinsi Jambi Periode 2019-2024 yakni  Ria Mayang Sari dengan 239.422 suara, H. M Syukur 233.086 suara, Hj. Elviana  198.989 suara dan M. Sum Indra 156.731 suara.

Dari empat nama diatas, hanya satu patahana yang lolos saat Pileg 2019 lalu yakni yakni M Syukur. Sedangkan tiga diantaranya merupakan wajah baru Periode 2019-2024. Kecuali Hj Elviana yang sudah pernah duduk sebagai Anggota DPD RI sebelum menjabat Anggota DPR RI Periode 2014-2019 dari PPP. Bahkan Elviana pecahkan rekor 20 tahun mengabdi di Senayan sebagai Anggota DPR dan DPD RI. 

Daftar 18 Nama Calon DPD RI Dapil Provinsi Jambi Pemilu 14 Februari 2024

1.H Abu Bakar Jamalia
2.Darmawan SE
3.Edi Endra SP
4.Dra Hj Elviana MSi (Patahana)
5.H Erwan SE MSi
6.Hamid S Sos
7.Heri Kusnadi M Kom
8.Ivanda Awalina Firdausi Sukandar
9.H Lukman SPd MPd
10.M Sum Indra SE MMSi (Patahana)
11.H M Syukur SH MH (Patahana)
12.H Muhammad Nuh SAg
13.Musmulyadi SHi
14.Petrus Hilman Dapot Tuah Purba
15.Ria Mayang Sari SH MH (Patahanan)
16.Rudi Ardiansyah SH
17.Sabat Nase Indallah Jais 
18. Walini S.I Kom

Tahapan Pemilu 2024, masa kampanye hingga 10 Februari 2024. Pencoblosan 14 Februari 2024. Daripado nonton film boboho,Lebih baik main layang-layang. Daripado milih yang hanya masang baliho, Lebih baik nyoblos yang datang, yakni Dra Hj Elviana MSi Nomor Urut 4.(JP-Penulis Adalah Redpel Jambipos Online)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar