Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Ketua DPRD Minta Penyelesaian Konflik Lahan di Provinsi Jambi Harus Jadi Prioritas Utama

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi, Edi Purwanto.

Jambipos, Jambi-
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi, Edi Purwanto, menekankan bahwa penyelesaian konflik lahan yang sedang terjadi di Provinsi Jambi harus menjadi prioritas utama. Edi Purwanto secara tegas meminta agar persoalan-persoalan terkait konflik lahan segera diatasi.

Edi Purwanto menggarisbawahi bahwa jika penyelesaian konflik lahan diabaikan atau terlambat, akan muncul konflik-konflik baru yang bisa merugikan pihak-pihak yang terlibat, terutama aparat yang harus berhadapan langsung dengan masyarakat.

“Jangan sampai pemerintah agak lambat menyelesaikan ini yang jadi korban itu aparat yang akan berhadapan dengan masyarakat sehingga akan muncul konflik baru, ini yang kita tidak inginkan,” ujarnya dengan tegas pada Selasa, (8/8/2023).

Edi Purwanto menyatakan bahwa DPRD Provinsi Jambi telah berusaha menangani persoalan ini dengan serius melalui pembentukan Pansus Konflik Lahan. Hasil dari upaya tersebut adalah bahwa sebanyak 107 laporan konflik lahan masuk, dan dari jumlah tersebut, 21 konflik lahan berhasil diverifikasi.

“Kita DPRD tidak main-main soal konflik lahan ini, karena mohon maaf ini kepentingan rakyat kita untuk hidup tenang di bumi pertiwinya sendiri, banyak konflik yang ada selama ini berurusannya sama masyarakat, yang dirugikan itu masyarakat, ini yang harus segera di selesaikan,” jelasnya.

Edi Purwanto mempertegas bahwa persoalan konflik lahan yang berlarut-larut selama puluhan tahun telah menimbulkan penderitaan bagi masyarakat. Oleh karena itu, ia berkomitmen untuk menyelesaikan satu per satu konflik lahan tersebut.

“DPRD ini sudah puluhan kali di demo soal konflik lahan, kita kasihan karena ini konflik bukan konflik baru, tapi konflik yang sudah puluhan tahun. Maka komitmen saya bagaimana satu persatu konflik lahan ini bisa terselesaikan,” kata Edi Purwanto.

Ketua DPRD Jambi ini juga menegaskan bahwa negara harus hadir dalam penyelesaian konflik lahan, sehingga masyarakat tidak lagi harus khawatir tentang nasib lahan mereka. Edi Purwanto berharap pemerintah pusat dan daerah, termasuk Kepolisian Daerah (Polda), dapat bersama-sama menangani masalah ini dengan segera.

“Harapan saya pak kanwil, selesaikan persoalan ini, kami pemerintah, pak kapolda semuanya mendukung terhadap langkah-langkah penyelesaian, tapi memang yang menjadi leadernya ada di pak Kanwil. Saya berharap pak kawil betul-betul dedikasinya yang cepat. Saya yakin percaya kita punya semangat yang sama untuk penyelesaian konflik lahan ini,” pungkasnya. (JP/*) 

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar